Nagari Situmbuak Danai Siswa untuk 'Barandai'


Selasa,14 Maret 2017 - 08:25:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
TANAH DATAR, HALUAN - Sanggar Satumpuak Ampek Jurai melatih 30 orang siswa untuk main randai. Di antara siswa yang terdiri dari tingkat pendidikan SLTP dan SMA tersebut berasal satu nagari yaitu dari Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung.
 
Dalam pelaksanaan pembinaan tersebut, awalnya didanai oleh Walinagari Situmbuak sebesar Rp.10 juta, itu berlangsung pada Juli 2016 lalu, dengan harapan nagari dapat melakukan pembinaan kepada generasi mudanya.
 
"Agar pembinaan terhadap anak anak tidak putus di tengah jalan, akhirnya keberlangsungan operasional Sanggar Satampuak Ampek Jurai ini disokong pendanaannya oleh perantau asal Nagari Situmbuak yang tergabung dalam IKPS Jakarta di bawah pengurus Muyendri, Helmi Chaniago, Nofriadi, Astri Yeni, Imral dan Afrius Indra," ungkap Ketua Sanggar Oktavianto kepada Haluan, Senin (13/3) di Salimpauang.
 
Dikatakan, keberadaan sanggar yang membina generasi muda tersebut juga dipantau langsung oleh tim dari Kominfo Tanah Datar sebagai kelompok informasi masyarakat di KAN Nagari Situmbuak pada hari Sabtu lalu.
 
Dukungan untuk eksistensi sanggar tersebut juga mendapat dukungan dari Ketua KAN dan BPRN serta pemuda Nagari Situmbuak. Hal itu terlihat dalam setiap latihan yang lakukan di gor bulutangkis Situmbuak setiap sabtu malam selalu ramai disaksikan oleh masyarakat.
 
Pengurus juga mulai mendatangkan tim dari kabupaten untuk melakukan pembinaan kepada sanggar itu, sebelumnya juga telah dilakukan pembinaan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Abrar.
 
Sementara, tim dari Dinas Kominfo  Tanah Datar dibawah pimpinan Erizal Ramli beserta anggota Mustafa Akmal dan Dwita Norfalinda menyampaikan rasa gembiranya melihat semangat anak nagari ikut latihan randai tersebut.
 
"Kegiatan ini sangat positif untuk mencegah anak nagari dari berbagai penyakit masyarakat, terkait dengan kegiatan pembinaan yang dilakukan Kominfo, dalam waktu dekat ini kita akan lakukan kegiatan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat), tentu media tradisional ini dapat diman­faat­kan dengan optimal untuk me­nyampaikan pesan dan kesan pada publik," sebut Erizal. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,21 Juli 2017 - 13:42:18 WIB

    Nagari Lima Kaum, Resmi Menjadi Kampung Religi

    Nagari Lima Kaum, Resmi Menjadi Kampung Religi TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Pertama kalinya di Kabupaten Tanah Datar, Kampung religi di Nagari Lima Kaum, resmi didirakan Kamis, (20/7) di Masjid Laskar Koto Gadih Kecamatan Lima Kaum. Peresmian berdiri kampung tersebut di.
  • Kamis,13 Juli 2017 - 11:04:17 WIB

    Dana Desa di Solsel, Tuntas Ditransfer ke Semua Nagari

    Dana Desa di Solsel, Tuntas Ditransfer ke Semua  Nagari SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Semua nagari di Solok Selatan (Solsel) telah menerima transfer Dana Desa (DD) tahap pertama 2017 sebesar 60 persen dengan nilai Rp 21,25 miliar dari 39 nagari yang ada di wilayah itu sejak 31 .
  • Selasa,13 Juni 2017 - 19:40:37 WIB

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi bidik pontensi wisata alam di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Selasa, (13/6). Hal demikian bermula saat bupati menyambangi Naga.
  • Rabu,07 Juni 2017 - 12:09:27 WIB

    54 Nagari se-Tanah Datar Bakal Pilwana Serentak

    54 Nagari se-Tanah Datar Bakal  Pilwana Serentak TANAHDATAR, HALUAN -- Pembukaan sosialisasi peraturan daerah Nomor 1 Tahun 2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Wali Nagari yang terkait dengan tindak lanjut amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang d.
  • Selasa,30 Mei 2017 - 11:11:34 WIB

    Di Limapuluh Kota, Sudah 20 Nagari Miliki BUMNag

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Target Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendirikan BUMNag disetiap nagari di tahun 2017 sebagai penunjang perekonomian masyarakat masih jauh dari harapan. Dari 79 nagari yang akan didirikan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM