SE Percepatan Tanaman Padi Bisa Picu Bentrok


Selasa,14 Maret 2017 - 07:55:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
SE Percepatan Tanaman Padi Bisa Picu Bentrok ilustrasi

PADANG, HALUAN-Anggota DPRD Sumbar, Armiati meminta Surat Edaran (SE) gubernur tentang percepatan tanaman padi dicabut kembali oleh pemerintah daerah.

Jika tak dicabut dikuatirkan ini bisa menimbulkan konflik dan memicu keresahan di tengah masyarakat. "Meskipun surat edaran telah direvisi, isinya kan tidak jauh beda dengan surat pertama. Intinya surat edaran pertama tidak ada dicabut. Itu akan membuat ketidaknyaman untuk petani dalam beraktivitas" kata Armiati pada Haluan.

Disebut Armiati, SE gubernur Nomor 521.1/1984/Distanhorbun/2017 tentang Gerakan Percepatan Tanam Padi akan menimbulkan keresahan di masyarakat karena, dalam isi surat itu disebutkan guna mengejar target swasembada pangan, pemerintah provinsi melibatkan TNI AD atau Koramil.

Sementara tanah yang ada adalah tanah rakyat.  Ia menilai tak akan semudah itu pengelolaanya diambil alih oleh pemerintah. Apalagi ini dilakukan melalui bantuan aparat. Jika dijalankan juga, Armiati menyebut sama halnya ini dengan perampasan terhadap tanah masyarakat.

Armiati tak menampik dalam SE gubernur tersebut disampaikan akan ada sistem bagi hasil antara pengelola (pemerintah,red) dengan petani. Namun demikian, ia melihat jika sistem bagi hasil yang akan diterapkan benar 20 persen untuk petani, 80 persen untuk pengelola, tak ada keadilan yang akan didapatkan petani.
Sistem pengelolaan seperti ini dinilai  bisa memicu bentrok antara petani dan TNI sebagai pengelola.

Armiati menambahkan, sebagai anak petani ia merasa keberatan dan terluka dengan dengan kebijakan yang telah dikeluarkan gubernur Irwan Prayitno. Anggota DPRD Sumbar dari Dapil Agam-Bukittinggi itu menyebut, sebagai kepala daerah yang telah bergelar datuak, mestinya gubernur bisa paham dengan kondisi petani. Beberapa hal menyebabkan petani tak bisa langsung bercocok tanam usai masa panen.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,20 Oktober 2017 - 00:47:27 WIB

    Solsel Punya Satu Alat Deteksi Bencana

    Solsel Punya Satu Alat Deteksi Bencana SOLOK SELATAN, HALUAN - Ratusan masyarakat Jorong Liki Atas, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Sangir, "berhamburan" menyelamatkan diri setelah sirene dari alat sirene deteksi dini berbunyi dengan kerasnya. Hal ini terlihat saat s.
  • Jumat,20 Oktober 2017 - 00:38:53 WIB

    Ribuan Petani Semarakan Hari Pangan dengan Pawai Alegoris

    Ribuan Petani Semarakan Hari Pangan dengan Pawai Alegoris AGAM, HALUAN - Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia, ribuan petani yang terdiri dari beragam kelompok di Kecamatan Tanjung Raya, ikut serta dalam kegiatan pawai alegoris yang diselengarakan oleh pemerintah Kecamatan.
  • Jumat,20 Oktober 2017 - 00:36:08 WIB

    Drainase Buruk Penyebab Jalinsum Rusak

    Drainase Buruk Penyebab Jalinsum Rusak DHARMASRAYA, HALUAN - Rusaknya jalan lintas Sumatera (Jalinsum) bukan hanya karena mobil angkutan barang bertonase lebih saja. Hal itu diperparah drainase yang tidak baik atau tersumbat..
  • Jumat,20 Oktober 2017 - 00:33:13 WIB

    Sosialisasi Saber Pungli Diikuti 100 Peserta

    Sosialisasi Saber Pungli Diikuti 100 Peserta PARIAMAN, HALUAN - Aparatur pemerintah harus paham arti pungli dan aturan, sehingga dalam menjalankan aktivitas tugas tidak terjebak dan terkena saber pungli. Hal itu dingatkan Walikota Pariaman, Mulhlis Rahman pada pembukaa.
  • Kamis,19 Oktober 2017 - 14:24:18 WIB

    Cegah Konflik Berkepanjangan Tanah Pusako Tinggi Harusnya Bersertifikat

    Cegah Konflik Berkepanjangan  Tanah Pusako Tinggi Harusnya Bersertifikat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, M Nurnas meminta pemerintah daerah mengajak masyarakat memanfaatkan program Prona yang telah disediakan untuk menerbitkan sertifikat tanah secara gratis. Dengan demiki.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM