Sulam Emas Kota Pariaman Rambah Pasar Internasional


Senin,13 Maret 2017 - 09:51:28 WIB

PARIAMAN, HALUAN - Hasil kerajinan busana sulaman dan baju benang emas Kota Pariaman sudah merambah pasar internasional seperti Malaysia dan Brunai Darussalam.

"Kita tinggal pengembangan dan terus mendorong pengrajin busana untuk terus berinovasi berkarya sesuai selera pasar dari motif sulaman yang tidak mengurangi ciri khas daerah,” kata Kepala Dinas Koperindag dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit menjawab Haluan, Minggu (12/3).

Jumlah produksi busana hasil kerajinan yang dikirim ke luar negeri, berdasarkan permintaan pasar tidak banyak. Tapi jumlahnya lumayan tiap pengiriman yang dilakukan.

Pemerintah, kata Gusniyeti Zaunit, terus memberikan dukungan ke pengrajin di kota ini agar terus meraih pasar yang makin baik.Dalam peningkatan mutu pengrajin diikutkan pelatihan pengembangan desain, selain itu mengadakan lomba merancang busana.

“Mudah-mudahan akan banyak lagi negara yang disasar oleh kerajinan sulam emas ini,” pungkasnya. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM