Sulam Emas Kota Pariaman Rambah Pasar Internasional


Senin,13 Maret 2017 - 09:51:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PARIAMAN, HALUAN - Hasil kerajinan busana sulaman dan baju benang emas Kota Pariaman sudah merambah pasar internasional seperti Malaysia dan Brunai Darussalam.

"Kita tinggal pengembangan dan terus mendorong pengrajin busana untuk terus berinovasi berkarya sesuai selera pasar dari motif sulaman yang tidak mengurangi ciri khas daerah,” kata Kepala Dinas Koperindag dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit menjawab Haluan, Minggu (12/3).

Jumlah produksi busana hasil kerajinan yang dikirim ke luar negeri, berdasarkan permintaan pasar tidak banyak. Tapi jumlahnya lumayan tiap pengiriman yang dilakukan.

Pemerintah, kata Gusniyeti Zaunit, terus memberikan dukungan ke pengrajin di kota ini agar terus meraih pasar yang makin baik.Dalam peningkatan mutu pengrajin diikutkan pelatihan pengembangan desain, selain itu mengadakan lomba merancang busana.

“Mudah-mudahan akan banyak lagi negara yang disasar oleh kerajinan sulam emas ini,” pungkasnya. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,28 Februari 2017 - 11:00:02 WIB

    Sulaman Benang Emas Aia Bangih Jadi Icon Pasbar

    Sulaman Benang Emas Aia Bangih Jadi Icon Pasbar PASBAR, HALUAN--Sulaman benang emas Nagari Aia Bangih memang indah dan memiliki nilai yang tinggi. Karena itu pulalah, sulaman benang emas yang menjadi icon Kabupaten Pasaman Barat itu cukup mahal. .
  • Rabu,17 Februari 2016 - 03:12:23 WIB

    60 Peserta Ikuti Pelatihan Sulam Suji Cair

    PARIAMAN, HALUAN — Di­nas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Pariaman mengikut sertakan 60 orang muda sebagai pemula menyu­lam suji cair ke Balai Diklat Industri Padang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM