Kawasan Sekitar Pangkalan Harus Diaudit


Senin,13 Maret 2017 - 09:38:23 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kawasan Sekitar Pangkalan Harus Diaudit Kondisi jalan lintas Sumbar-Riau saat puncak bencana longsor dan banjir pekan lalu. IST/LRN

LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Isu kerusakan lingkungan yang jadi pemicu bencana longsor dan banjir di Limapuluh Kota, bukan sekadar isapan jempol semata. Kerusakan itu terpantau dari foto udara yang dilakukan sejumlah pihak. Hutan-hutan gundul, pembalakan liar dan penambangan, menambah parah kerusakan.

Sebab itu, sejumlah pihak mendesak agar audit lingkungan segera dilakukan di Pangkalan dan Kapur IX. Termasuk audit terhadap perusahaan tambang yang diduga beroperasi diluar aturan yang berlaku. Desakan juga dilontarkan mantan anggota DPR RI Taslim Chaniago. Taslim menilai, kerusakan lingkungan di Pangkalan sudah sangat parah.

“Kerusakan lingkungan yang terjadi di Kecamatan Pangkalan dan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota harus diaudit agar bencana banjir dan longsor yang seringkali terjadi di daerah dapat diminimalisir. Disamping curah hujan yang tinggi, ditenggarai bencana banjir dan longsor yang terjadi baru-baru ini akibat ulah banyaknya tambang dan perambahan hutan di sekitar kawasan,” terang Taslim Chaniago saat meninjau lokasi longsor sekaligus memberikan bantuan, Minggu (12/3).

Kemudian, lanjut Taslim, hadirnya PLTA Koto Panjang tentunya disamping berdampak positif, ada juga sisi lingkungan yang perlu diperhatikan. “Harus ada audit lingkungan yang menyeluruh di Pangkalan dan Kapur IX, sehingga kejadian tidak berulang dan masyarakat  tidak selalu menjadi korban,” ujar Sekretaris DPW PAN Sumbar itu.

Dijelaskan Taslim, audit lingkungan dilakukan untuk menjawab prasangka sejumlah kalangan terkait dugaan kerusakan lingkungan. “Lewat audit lingkungan, semua prasangka akan terjawab. Makanya, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup harus segera melakukannya,” ungkap Taslim.

Taslim berjanji, lewat jaringan politik yang dimilikinya, permasalahan ini akan dibawa ke pusat. “Saya akan membawa permasalahan ini ke pusat, dan bisa menjadi usulan dari DPW PAN Sumbar ke DPP, untuk kemudian dibicarakan di tingkat nasional, termasuk di DPR RI. Semua dilakukan agar bencana tidak berulang,” ujarnya.

Taslim datang ke Pangkalan bersama rombongan PAN Sumbar Peduli yang memberikan bantuan berupa  300 paket alat-alat tulis sekolah. Bersamaan dengan itu, 30 set Alquran dan 5 gulungan karpet untuk shalat dari DPD PAN Bukittinggi, dan 150 paket sembako dalam bentuk beras, ikan kaleng dan mie instan dari DPD PAN Limapuluh Kota. Bantuan disebar di Nagari Koto Alam, Manggilang dan di sekitar Pangkalan.

Bantuan yang didapatkan itu, ungkap Taslim, berasal dari kader yang peduli terhadap bencana di Pangkalan, termasuk dari Ketua Umum DPP Perempuan Amanat Nasional Evi Nasrullah, dan pengurus-pengurus daerah di Sumbar. “Kader PAN harus tegas berpihak pada masyarakat. Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan keikhlasan untuk membantu masyarakat yang sedang di rundung bencana,” kata mantan anggota DPR RI itu.

Kemudian, pemberian alat-alat tulis sekolah, disampaikan Taslim agar bencana banjir dan longsor yang melanda Pangkalan dan Kapur IX jangan sampai membuat proses belajar anak didik menjadi terlantar. Perlu kepedulian kita semua untuk membantu pengadaan sarana dan prasarana belajar mereka.

Persoalan infrastruktur biarlah pemerintah yang mengurus pemulihan secepatnya, kemudian permasalahan bahan makanan sudah banyak yang membantu, makanya PAN Sumbar lebih memprioritaskan bantuan dalam bentuk sarana belajar anak-anak didik berupa alat-alat tulis sekolah.

Ikut dalam rombongan pengurus DPW PAN Sumbar Nandin Dt. Rajo Nan Panjang, Isa Kurniawan, Feby Pratama Putra, Ketua DPD PAN Limapuluh Kota Faizal Datuak Songko Dirajo, Ketua DPD PAN Payakumbuh Gusti Putra, pengurus  DPD PAN Bukittinggi Rici Vidiono dan Andi Akbar, anggota Fraksi PAN DPRD Limapuluh Kota dan Payakumbuh, BM PAN Sumbar serta puluhan kader PAN lainnya. (h/mg-eby)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,09 Juni 2017 - 12:20:59 WIB

    Antisipasi Macet, Dishub Siapkan Kawasan Parkir Alternatif

    Antisipasi Macet, Dishub Siapkan Kawasan Parkir Alternatif SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Kendati Lebaran masih jauh, sekitar 16 hari lagi, namun Dinas Perhubungan Kota Solok sudah melakukan kajian analisis kemungkinan dilakukannya rekayasa kawasan parkir sebagai antisipasi jika terjadi.
  • Jumat,05 Mei 2017 - 10:02:44 WIB

    Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok Padang Pariaman, Ali Mukhni : Ini Bukan Mimpi Kosong

    Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok Padang Pariaman, Ali Mukhni : Ini Bukan Mimpi Kosong Karya besar lahir dari mimpi yang besar. Kita harus yakin, optimis, bekerja keras dan berusaha sungguh-sungguh untuk meraihnya. Insya Allah, ini bukan mimpi kosong… .
  • Jumat,21 April 2017 - 10:47:46 WIB

    Kawasan Mandeh Diblokir Sementara

    Kawasan Mandeh Diblokir Sementara PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni memasang plang pelarangan di Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Mandeh. Plang itu berupa imbauan yang melarang pembangunan di Mandeh, sampai terbitnya izin lingkungan. .
  • Rabu,05 April 2017 - 20:09:37 WIB

    Kawasan Mandeh, Bupati Pessel Instruksikan Pemberhentian Pembangunan

    Kawasan Mandeh, Bupati Pessel Instruksikan Pemberhentian Pembangunan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni, sangat menyesalkan sejumlah kawasan strategis di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan koto XI Tarusan, sudah dimiliki oleh sejumlah peja.
  • Minggu,29 Januari 2017 - 21:18:26 WIB

    Kawasan Ekowisata Penyu Amping Parak Pessel Diserbu Pengunjung

    Kawasan Ekowisata Penyu Amping Parak Pessel Diserbu Pengunjung PAINAN, HALUAN- Kawasan Ekowisata Penyu Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan diserbu pengunjung selama libur nasional Sabtu (28/1) hingga Minggu (29/1). Motivasi pengunjung datang ke kawasan itu umumnya ing.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM