Di Padang, Harga Cabai Merah Berangsur Turun


Senin,13 Maret 2017 - 08:59:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Padang, Harga Cabai Merah Berangsur Turun Pedagang menimbang cabai merah di Pasar Raya Padang, Minggu (12/3). Harga cabai merah di Padang saat ini Rp36.000 per kg. WINDA

PADANG, HALUAN—Harga cabai merah kotak di Padang saat ini sekitar Rp36.000 per kg. Namun, harga tersebut sudah mulai turun dari minggu ke minggu.

Pantauan Haluan di Pasar Raya Padang, Minggu (12/3), harga cabai merah asal Jawa sekitar Rp36.000 per kg, turun dari harga satu pekan yang lalu yang sebesar Rp40.000 per kg.

Pedagang sembako di Pasar Raya Padang, Edy, mengatakan, harga cabai merah turun sedikit demi sedikit sejak minggu ke minggu. Namun, harga saat ini terbilang belum normal.

“Jika dibandingkan dengan harga sebelumnya, memang saat ini sudah mulai turun. Namun, masih terbilang tinggi dan belum normal. Kita berharap akan terus beransur turun supaya masyarakat tidak terus menjerit dan daya jual mulai stabil,” ujar Edy.

Ia menyebutkan, harga cabai hijau mulai normal pada Rp20.000 per kg. Sementara itu, harga bawang merah kampung Rp20.000 per kg hingga Rp28.000 per kg tergantung ukuran dan kualitas. Untuk bawang bombai, harganya Rp15.000 per kg, sedangkan harga kentang saat ini sekitar Rp10.000 per kg.

“Harga normal untuk cabai merah sekitar kisaran Rp20.000 per kg. Itu baru normal. Jika memang naik atau turun grafiknya tidak terlalu tinggi atau rendah,” ucapnya.

Untuk pasokan cabai merah, kata Edy, pasokannya aman dan stoknya cukup. Untuk mengantisipasi stok, ia juga mengambil cabai merah asal Sumbar dengan harga yang sedikit mahal daripada harga cabai kotak dan kurang diminati masyarakat Padang.

“Cabai kita sini agak pedas dan kurang diminati. Masyarakat sudah terbiasa dengan cabai Jawa yang tidak pedas. Namun, untuk stok, kita tetap sediakan,” kata Edy.

Pembeli, Rahmi (35), mengaku mulai lega dengan harga cabai merah yang beransur turun karena ia harus mengurangi konsumsi cabai jika harga mulai naik.

“Kalau harga cabai sudah di atas Rp40.000 per kg, itu sudah mengerikan. Saya terpaksa mengurangi pembelian dan pemakaian. Kami berharap harga kebutuhan pokok ini bisa kembali stabil,” harapnya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,18 Oktober 2017 - 12:24:21 WIB

    Tingkatkan Soliditas dan Solidaritas, Sekar Telkom Gelar Rakernas

    Tingkatkan Soliditas dan Solidaritas, Sekar Telkom Gelar Rakernas PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meningkatkan soliditas dan solidaritas, Serikat Karyawan PT. Telkom Indonesia gelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke VI serikat karyawan telkom, Rabu (18/10) di Hotel Mercure Padang. Dalam rakern.
  • Senin,16 Oktober 2017 - 16:40:10 WIB

    44 Keltan Dapat Penyuluhan dan Monitoring dari Dinas Pertanian Solsel

    44 Keltan Dapat Penyuluhan dan Monitoring dari Dinas Pertanian Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Solok Selatan (Solsel) lakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap 44 kelompok tani (keltan) penerima bantuan pengembangan kawasan tanaman cabe dan bawang merah yang ter.
  • Jumat,13 Oktober 2017 - 11:54:26 WIB

    Kidz Station Diskon hingga 70 Persen

    Kidz Station Diskon hingga 70 Persen PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kidz Station di Basko Mall memberikan diskon hingga 70 persen kepada pengunjung. Supervisor Kidz Station Padang, Titin, mengatakan, diskon itu berlangsung hingga minggu ini..
  • Jumat,06 Oktober 2017 - 09:58:51 WIB

    Brian Lanjutkan Pendidikan ke Amerika, Zaynul Didapuk Jadi GM Basko Hotel

    Brian Lanjutkan Pendidikan ke Amerika, Zaynul Didapuk Jadi GM Basko Hotel PADANG, HARIANHALUAN.COM – Manajemen Primer Basko Hotel melakukan pergantian General Manager (GM), Kamis (5/10). Bertempat di lantai enam Basko Hotel, Zaynul Arifin didapuk menggantikan Brian Putra Bastara. Brian diberi ama.
  • Rabu,04 Oktober 2017 - 13:22:08 WIB

    Memenuhi Keinginan Warga, Minang Mart Hadir di Payakumbuh

    Memenuhi Keinginan Warga, Minang Mart Hadir di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Warga Kota Payakumbuh menyambut baik hadirnya retail waralaba yang dicetuskan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, yaitu Minang Mart. Bahkan, warga Payakumbuh sudah jauh-jauh hari menginginkan adanya.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM