Di Padang, Harga Cabai Merah Berangsur Turun


Senin,13 Maret 2017 - 08:59:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Padang, Harga Cabai Merah Berangsur Turun Pedagang menimbang cabai merah di Pasar Raya Padang, Minggu (12/3). Harga cabai merah di Padang saat ini Rp36.000 per kg. WINDA

PADANG, HALUAN—Harga cabai merah kotak di Padang saat ini sekitar Rp36.000 per kg. Namun, harga tersebut sudah mulai turun dari minggu ke minggu.

Pantauan Haluan di Pasar Raya Padang, Minggu (12/3), harga cabai merah asal Jawa sekitar Rp36.000 per kg, turun dari harga satu pekan yang lalu yang sebesar Rp40.000 per kg.

Pedagang sembako di Pasar Raya Padang, Edy, mengatakan, harga cabai merah turun sedikit demi sedikit sejak minggu ke minggu. Namun, harga saat ini terbilang belum normal.

“Jika dibandingkan dengan harga sebelumnya, memang saat ini sudah mulai turun. Namun, masih terbilang tinggi dan belum normal. Kita berharap akan terus beransur turun supaya masyarakat tidak terus menjerit dan daya jual mulai stabil,” ujar Edy.

Ia menyebutkan, harga cabai hijau mulai normal pada Rp20.000 per kg. Sementara itu, harga bawang merah kampung Rp20.000 per kg hingga Rp28.000 per kg tergantung ukuran dan kualitas. Untuk bawang bombai, harganya Rp15.000 per kg, sedangkan harga kentang saat ini sekitar Rp10.000 per kg.

“Harga normal untuk cabai merah sekitar kisaran Rp20.000 per kg. Itu baru normal. Jika memang naik atau turun grafiknya tidak terlalu tinggi atau rendah,” ucapnya.

Untuk pasokan cabai merah, kata Edy, pasokannya aman dan stoknya cukup. Untuk mengantisipasi stok, ia juga mengambil cabai merah asal Sumbar dengan harga yang sedikit mahal daripada harga cabai kotak dan kurang diminati masyarakat Padang.

“Cabai kita sini agak pedas dan kurang diminati. Masyarakat sudah terbiasa dengan cabai Jawa yang tidak pedas. Namun, untuk stok, kita tetap sediakan,” kata Edy.

Pembeli, Rahmi (35), mengaku mulai lega dengan harga cabai merah yang beransur turun karena ia harus mengurangi konsumsi cabai jika harga mulai naik.

“Kalau harga cabai sudah di atas Rp40.000 per kg, itu sudah mengerikan. Saya terpaksa mengurangi pembelian dan pemakaian. Kami berharap harga kebutuhan pokok ini bisa kembali stabil,” harapnya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,22 Juni 2017 - 01:47:24 WIB

    Matahari Department Store Basko Grand Mall Diserbu Pengunjung

    Matahari Department Store Basko Grand Mall Diserbu Pengunjung PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pengunjung di Matahari Department Store, Basko Grand Mall membludak. Mayoritas mereka datang berbelanja baju lebaran. .
  • Rabu,21 Juni 2017 - 11:51:03 WIB

    Selama Mudik Lebaran, Daihatsu Buka Bengkel Siaga

    Selama Mudik Lebaran, Daihatsu Buka Bengkel Siaga PADANG, HARIANHALUAN.COM – Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen selama Lebaran, Astra Daihatsu membuka bengkel siaga mulai 24-30 Juni 2017. Bengkel ini melayani semua perawatan dan service mobil. Astra Daihat.
  • Minggu,18 Juni 2017 - 23:17:10 WIB

    Triple Play IndiHome, Layanan Khusus Telkom di Ramadan 2017

    Triple Play IndiHome, Layanan Khusus Telkom di Ramadan 2017 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM— Layanan triple play IndiHome dari Telkom menikmati berkah selama bulan suci Ramadan 2017..
  • Sabtu,17 Juni 2017 - 00:45:37 WIB

    Harga Gambir di Limapuluh Kota Fluktuatif

    Harga Gambir di Limapuluh Kota Fluktuatif LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah petani gambir di Jorong Landai, Limapuluh Kota, terkendala karena tidak adanya kepastian harga gambir di pasaran. Ketika harga tinggi, warga Landai mengaku menangguk keuntungan be.
  • Kamis,15 Juni 2017 - 10:24:55 WIB

    Minang Mart Hadir di Pasbar

    Minang Mart Hadir di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Upaya untuk melakukan intervensi harga pasar dalam rangka antisipasi monopoli harga barang di pasar, terus dilakukan di Pasbar. Intervensi tersebut ditunjukkan dengan diresmikannya Minang Mart sebag.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM