Di Padang, Harga Cabai Merah Berangsur Turun


Senin,13 Maret 2017 - 08:59:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Padang, Harga Cabai Merah Berangsur Turun Pedagang menimbang cabai merah di Pasar Raya Padang, Minggu (12/3). Harga cabai merah di Padang saat ini Rp36.000 per kg. WINDA

PADANG, HALUAN—Harga cabai merah kotak di Padang saat ini sekitar Rp36.000 per kg. Namun, harga tersebut sudah mulai turun dari minggu ke minggu.

Pantauan Haluan di Pasar Raya Padang, Minggu (12/3), harga cabai merah asal Jawa sekitar Rp36.000 per kg, turun dari harga satu pekan yang lalu yang sebesar Rp40.000 per kg.

Pedagang sembako di Pasar Raya Padang, Edy, mengatakan, harga cabai merah turun sedikit demi sedikit sejak minggu ke minggu. Namun, harga saat ini terbilang belum normal.

“Jika dibandingkan dengan harga sebelumnya, memang saat ini sudah mulai turun. Namun, masih terbilang tinggi dan belum normal. Kita berharap akan terus beransur turun supaya masyarakat tidak terus menjerit dan daya jual mulai stabil,” ujar Edy.

Ia menyebutkan, harga cabai hijau mulai normal pada Rp20.000 per kg. Sementara itu, harga bawang merah kampung Rp20.000 per kg hingga Rp28.000 per kg tergantung ukuran dan kualitas. Untuk bawang bombai, harganya Rp15.000 per kg, sedangkan harga kentang saat ini sekitar Rp10.000 per kg.

“Harga normal untuk cabai merah sekitar kisaran Rp20.000 per kg. Itu baru normal. Jika memang naik atau turun grafiknya tidak terlalu tinggi atau rendah,” ucapnya.

Untuk pasokan cabai merah, kata Edy, pasokannya aman dan stoknya cukup. Untuk mengantisipasi stok, ia juga mengambil cabai merah asal Sumbar dengan harga yang sedikit mahal daripada harga cabai kotak dan kurang diminati masyarakat Padang.

“Cabai kita sini agak pedas dan kurang diminati. Masyarakat sudah terbiasa dengan cabai Jawa yang tidak pedas. Namun, untuk stok, kita tetap sediakan,” kata Edy.

Pembeli, Rahmi (35), mengaku mulai lega dengan harga cabai merah yang beransur turun karena ia harus mengurangi konsumsi cabai jika harga mulai naik.

“Kalau harga cabai sudah di atas Rp40.000 per kg, itu sudah mengerikan. Saya terpaksa mengurangi pembelian dan pemakaian. Kami berharap harga kebutuhan pokok ini bisa kembali stabil,” harapnya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,18 Agustus 2017 - 17:51:36 WIB

    Ada Kampung Kuliner di Kota Pariaman

    PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman meresmikan Kampung Kuliner yang berlokasi di Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Jumat (18/8)..
  • Jumat,11 Agustus 2017 - 13:48:17 WIB

    Pabrik Es Balok di Pariama Sumbang PAD Rp60 Juta

    Pabrik Es Balok di Pariama Sumbang PAD Rp60 Juta PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menerima Rp60 juta per tahun dari nilai kontrak pengelolaan pabrik es balok Karan Aur. Dengan demikian, pabrik es itu menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) da.
  • Kamis,10 Agustus 2017 - 08:44:42 WIB

    Ribuan Petani Agam dan Pasaman Menjerit, Harga Sawit Sumbar Dimainkan?

    Ribuan Petani Agam dan Pasaman Menjerit, Harga Sawit Sumbar Dimainkan? PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ombudsman Sumatera Barat (Sumbar) akan memanggil dan memeriksa Kepala Dinas (Kadis) Tanaman dan Holtikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra, sehubungan dengan belum ditetapkannya harga Tandan Buah Se.
  • Rabu,09 Agustus 2017 - 20:23:18 WIB

    Uber Kini Hadir di Padang

    Uber Kini Hadir di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Masyarakat Kota Padang kembali dimanjakan dengan munculnya layanan transportasi modern. Setelah Go-Jek melebarkan sayapnya di Kota Bengkuang, kini Uber dengan aplikasinya menjanjikan kendaraan yang .
  • Senin,31 Juli 2017 - 19:19:33 WIB

    Bogasari Kuasai 90 Persen Pangsa Pasar Terigu di Sumbar

    Bogasari Kuasai 90 Persen Pangsa Pasar Terigu di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Asisten Manajer Pemasaran Bogasari Wilayah Sumbar, Aldin Nirwansyah, mengatakan, divisi perusahaan PT Indofood itu menguasai 90 persen pangsa pasar terigu di provinsi ini. Dalam sebulan, 4.500 ton t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM