Waw…..156 Unit Sepeda Motor Dicuri Sepanjang Januari 2017


Sabtu,11 Maret 2017 - 04:03:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Waw…..156 Unit Sepeda Motor Dicuri Sepanjang Januari 2017

PADANG, HALUAN- Sebanyak 156 kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) terjadi diwilayah hukum Polresta Padang selama bulan Januari 2017. Berdasarkan data yang didapat Haluan dari KBO Satuan Reserse Kriminal Polresta Padang, angka curanmor tersebut masih terbilang tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Kepolisian Polresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz, Kamis (9/3) mengatakan, kebanyakan laporan polisi yang masuk, masyarakat banyak kehilangan motornya di rumah sakit, perguruan tinggi dan instansi-instansi yang setiap hari ramai oleh masyarakat.

"Tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya curanmor yaitu, di rumah sakit dan perguruan tinggi serta tempat-tempat usaha yang banyak mengumpulkan masa," ujarnya.

Selain itu tempat parkiran, baik parkir resmi maupun bukan parkir resmi juga menjadi titik rawan kasus curanmor. Jadi, untuk bisa mengantisipasi terjadinya kasus curanmor tersebut, pihaknya sudah turun ke lokasi-lokasi yang dianggap rawan, untuk melakukan razia dan pengamanan.

Kemudian pihaknya juga memberikan pembinaan  kepada masyarakat, agar berhati-hati memarkir kendaraannya. Ketika memarkir kendaraan masyarakat diharapkan menggunakan kunci ganda untuk menjaga keamanan motor tersebut.

"Harusnya masyarakat menggunakan kuci ganda, agar pelaku pencurian tidak mudah untuk melakukan aksi buruknya itu," tambah Chairul.

Lanjutnya, pihaknya mengharapkan di bagian instansi-instansi pengusaha yang banyak mengumpulkan masa, supaya memasangkan CCTV di tempat parkirannya. Hal ini dapat memudahkan petugas untuk memantau pelaku pencurian kendaraan bermotor.

"Dengan adanya CCTV pelaku akan terpantau, karena pihak kemanan dapat memonitor apa yang terjadi di lokasi parkiran,  dan hal ini juga mampu meminimalisir terjadinya curanmor," ungkapnya

Setidaknya, petugas keamanan di tempat parkiran harus benar-benar menjaga motor di lokasi itu. Selain menurunkan personil ke tempat-tempat yang rawan, petugas kepolisian juga meningkatkan kegiatan patroli setiap malamnya.

"Dalam  sehari ada tiga sampai empat kali dilakukan razia. Ketika dilakukan razia rutin di malam hari curanmor sangat berkurang, bahkan tidak didengar lagi masyarakat yang menjerit karena kehilangan motor," pungkasnya.

Baginya, untuk meminimalisir terjadinya kasus curanmor ini, harus ada tindakan dari instansi-instasi Pemko Padang seperti Dishubkominfo Kota Padang, untuk memberlakukan jaminan kendaraan yang hilang di tempat-tempat parkiran resmi adalah tanggung jawab dari petugas keamanan. 

Selama ini, masyarakat yang kehilangan kendaraan di tempat parkiran tidak menjadi tanggung jawab dari petugas keamanan parkir, padahal seharusnya itu sudah jadi tanggung jawab petugas. Bagaimanapun petugas kemanan sudah dipercayakan untuk menjaga kendaraan bermotor yang parkir di tempat parkiran itu.

"Kita akan coba usulkan terlebih dahulu kepada instansi Pemko Padang, apabila nanti banyak yang menyetujui, perencanaan itu akan segera di berlakukan," terangnya. (h/mg-ina)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM