Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan


Jumat,10 Maret 2017 - 20:06:19 WIB
Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan Kapolda Sumbar, Brigjend Pol. Fakhrizal, saat melakukan kunjungan di Polres Sawahlunto, Jumat (10/3).(RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO,  HARIANHALUAN.COM—Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat,  Brigjen. Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum mengapresiasi langkah Kapolres Sawahlunto,  AKBP Riyadi Nugroho dalam membentuk Musyawarah Nagari (Musri).

 

Musri tersebut dibentuk untuk memdeteksi dan menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada nagari di Sawahlunto.

 

"Konsep Musri yang melibatkan empat pilar,  Babinsa,  Bhabinkantibmas,  kepala desa dan Ketapatan Adat Nagari (KAN) sebagai model pendeteksian dini penanganan konflik sosial di tengah masyarakat. Karena tidak semua permasalahan harus sampai ke tingkat pengadilan. Kalau bisa diselesaikan di tingkat bawah kenapa tidak, " kata Kapolda saat kunjungan kerja di Mapolres Sawahlunto,  Jumat (10/3).

 

Secara umum disebutnya, sutuasi kantibmas di Sumatra Barat cukup kondusif termasuk diwilayah hukum Polres Sawahlunto.  Tentu hal tersebut tidak terlepas dari kinerja seluruh pihak dalam hal ini Polri yang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

 

Dijelaskannya, jajaran Polres Sawahlunto telah memetakan sejumlah titik rawan konflik sosial di beberapa kawasan perbatasan wilayah antar daerah di kota itu. Dan mampu merangkul semua pihak yang ada, sehingga bisa mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas akibat perbedaan pendapat oleh beberapa kelompok masyarakat adat terkait batas ulayat dan permasalahan lainnya.

 

Kapolda urang awak ini menekankan kepada seluruh personil yang ada agar terus meningkatkan soliditas, profesionalisme personil, fungsi pengawasan dan kinerja. Selain itu anggota polri harus mampu berkoordinasi dengan baik dan juga mampu melahirkan ide ide kreatif dalam pelaksanaan tugas,  melindungi dan mengayomi masyarakat.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM