Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan


Jumat,10 Maret 2017 - 20:06:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan Kapolda Sumbar, Brigjend Pol. Fakhrizal, saat melakukan kunjungan di Polres Sawahlunto, Jumat (10/3).(RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO,  HARIANHALUAN.COM—Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat,  Brigjen. Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum mengapresiasi langkah Kapolres Sawahlunto,  AKBP Riyadi Nugroho dalam membentuk Musyawarah Nagari (Musri).

 

Musri tersebut dibentuk untuk memdeteksi dan menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada nagari di Sawahlunto.

 

"Konsep Musri yang melibatkan empat pilar,  Babinsa,  Bhabinkantibmas,  kepala desa dan Ketapatan Adat Nagari (KAN) sebagai model pendeteksian dini penanganan konflik sosial di tengah masyarakat. Karena tidak semua permasalahan harus sampai ke tingkat pengadilan. Kalau bisa diselesaikan di tingkat bawah kenapa tidak, " kata Kapolda saat kunjungan kerja di Mapolres Sawahlunto,  Jumat (10/3).

 

Secara umum disebutnya, sutuasi kantibmas di Sumatra Barat cukup kondusif termasuk diwilayah hukum Polres Sawahlunto.  Tentu hal tersebut tidak terlepas dari kinerja seluruh pihak dalam hal ini Polri yang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

 

Dijelaskannya, jajaran Polres Sawahlunto telah memetakan sejumlah titik rawan konflik sosial di beberapa kawasan perbatasan wilayah antar daerah di kota itu. Dan mampu merangkul semua pihak yang ada, sehingga bisa mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas akibat perbedaan pendapat oleh beberapa kelompok masyarakat adat terkait batas ulayat dan permasalahan lainnya.

 

Kapolda urang awak ini menekankan kepada seluruh personil yang ada agar terus meningkatkan soliditas, profesionalisme personil, fungsi pengawasan dan kinerja. Selain itu anggota polri harus mampu berkoordinasi dengan baik dan juga mampu melahirkan ide ide kreatif dalam pelaksanaan tugas,  melindungi dan mengayomi masyarakat.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,14 September 2017 - 02:24:02 WIB
    KETUA ORGANDA BUKITTINGGI

    Tak Semua Daerah Terima Keberadaan Gojek

    Tak Semua Daerah Terima Keberadaan Gojek BUKITTINGGI, HALUAN -- Menyikapi aksi demo yang dilakukan oleh pengemudi angkutan umum di Kota Bukittinggi yang menolak keberadaan tranportasi ojek online (Gojek), Ketua Organda Bukittinggi Syafrizal menilai, bahwa tidak semu.
  • Jumat,08 September 2017 - 01:02:08 WIB

    Utusan Enam Negara Kunjungi Kampung Adat

    Utusan Enam Negara Kunjungi Kampung Adat SIJUNJUNG, HALUAN -- Sebanyak 23 orang utusan dari enam negara melakukan kunjungan ke perkampungan adat nagari Sijunjuang, setelah melakukan studi komparatif parade lansia di tiga posyandu lansia, serta melakukan diskusi di r.
  • Senin,04 September 2017 - 21:41:59 WIB

    Duet Edwin-Mawardi Samah Digadang-gadang, Kemilau "EMAS" Mulai Curi Perhatian

    Duet Edwin-Mawardi Samah Digadang-gadang, Kemilau PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM--Munculnya rumor yang menyanding dan menggadang-gadangkan duet Edwin- Mawardi Samah (EMAS) sebagai satu paket pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang periode 2018-2023,.
  • Rabu,23 Agustus 2017 - 16:29:39 WIB

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119 PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kesehatan Padang Pariaman luncurkan program "Papa Tangkas Gada 119". Program ini bertujuan untuk mengurangi  peristiwa kematian dalam kasus gawat-darurat disebabkan oleh keterlambatan.
  • Selasa,22 Agustus 2017 - 16:44:34 WIB

    Batu Mirip Kelamin Pria Ada Hubungan Dengan Batu Batikam? Ini Penjelasan BPCB Sumbar

    Batu Mirip Kelamin Pria Ada Hubungan Dengan Batu Batikam? Ini Penjelasan BPCB Sumbar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-- Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat sebut temuan batu tegak berbentuk jenis kelamin laki-laki di Jorong Balai Tabuah, Nagari Tanjung Sungayang, Kecamatan Sungayang, Kabupaten T.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM