Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan


Jumat,10 Maret 2017 - 20:06:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan Kapolda Sumbar, Brigjend Pol. Fakhrizal, saat melakukan kunjungan di Polres Sawahlunto, Jumat (10/3).(RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO,  HARIANHALUAN.COM—Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat,  Brigjen. Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum mengapresiasi langkah Kapolres Sawahlunto,  AKBP Riyadi Nugroho dalam membentuk Musyawarah Nagari (Musri).

 

Musri tersebut dibentuk untuk memdeteksi dan menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada nagari di Sawahlunto.

 

"Konsep Musri yang melibatkan empat pilar,  Babinsa,  Bhabinkantibmas,  kepala desa dan Ketapatan Adat Nagari (KAN) sebagai model pendeteksian dini penanganan konflik sosial di tengah masyarakat. Karena tidak semua permasalahan harus sampai ke tingkat pengadilan. Kalau bisa diselesaikan di tingkat bawah kenapa tidak, " kata Kapolda saat kunjungan kerja di Mapolres Sawahlunto,  Jumat (10/3).

 

Secara umum disebutnya, sutuasi kantibmas di Sumatra Barat cukup kondusif termasuk diwilayah hukum Polres Sawahlunto.  Tentu hal tersebut tidak terlepas dari kinerja seluruh pihak dalam hal ini Polri yang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

 

Dijelaskannya, jajaran Polres Sawahlunto telah memetakan sejumlah titik rawan konflik sosial di beberapa kawasan perbatasan wilayah antar daerah di kota itu. Dan mampu merangkul semua pihak yang ada, sehingga bisa mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas akibat perbedaan pendapat oleh beberapa kelompok masyarakat adat terkait batas ulayat dan permasalahan lainnya.

 

Kapolda urang awak ini menekankan kepada seluruh personil yang ada agar terus meningkatkan soliditas, profesionalisme personil, fungsi pengawasan dan kinerja. Selain itu anggota polri harus mampu berkoordinasi dengan baik dan juga mampu melahirkan ide ide kreatif dalam pelaksanaan tugas,  melindungi dan mengayomi masyarakat.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,11 Juli 2017 - 20:19:35 WIB

    Ada Kampung KB di Jorong Terisolir Pasaman Barat

    Ada Kampung KB di Jorong Terisolir Pasaman Barat PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran, Selasa (11/7) yang diwakili oleh Sekkab Pasbar, H. Manus Handri kembali meresmikan kampung Keluarga Berencana (KB) di daerah terisolir Kabupaten Pasaman Barat (Pas.
  • Senin,03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN.
  • Minggu,02 Juli 2017 - 13:13:59 WIB

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya?

    Ada Tiga Museum Baru di Sawahlunto, Apa Saja Koleksinya? SAWAHLUNTO, HALUAN - Entah angin apa yang mendorong ketiga pecinta seni dan budaya Sumatera Barat ini, hingga begitu saja mau menempatkan ratusan koleksi seni yang mereka miliki di Kota Sawahlunto..
  • Rabu,14 Juni 2017 - 10:52:16 WIB

    Terkendala Lahan, Rehab Jalan Padang Aro Dialihkan

    Terkendala Lahan, Rehab Jalan Padang Aro Dialihkan SOLOK SELATAN, HALUAN – Proses pembebasan lahan untuk jalan Provinsi di Durian Tarung, Lubuk Gadang, Sangir Solok Selatan (Solsel) tak kunjung tuntas. Akibatnya, alokasi dana sebesar Rp6 miliar untuk tahun 2017 untuk kelanj.
  • Kamis,08 Juni 2017 - 17:33:50 WIB

    Padang Panjang Bakal Punya Wifi Gratis, Ini Dia Lokasinya

    Padang Panjang Bakal Punya Wifi Gratis, Ini Dia Lokasinya PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang, bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia, menyediakan Wifi gratis di 16 titik, terutama di pusat keramaian, masjid dan di sekolah-sekolah yang ada kota b.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM