Pemprov Sumbar Ajukan Tiga Ranperda


Jumat,10 Maret 2017 - 08:58:21 WIB

PADANG, HALUAN--Pemerintah Provinsi Sumbar menyampaikan Nota Penjelasan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) melalui rapat paripurna DPRD Sumbar.

Tiga Ranperda ini merupakan bagian dari 19 Ranperda yang masuk dalam Program Pembentukan Perda (Propem Perda) Provinsi Sumbar tahun 2017.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano mengatakan, dengan disampaikan nota penjelasan tiga Ranperda, diharapkan anggota DPRD dan pemerintah provinsi bisa bekerja maksimal  membahas setiap Ranperda yang telah diagendakan. Sehingga target Propem Perda tahun 2017 bisa tercapai.

Disebut Arkadius, ketiga Ranperda itu adalah bagian dari 19 Ranperda yang sudah masuk dalam Propem Perda tahun 2017. "Kita semua berharap target yang telah diagendakan sesuai Propem Perda tersebut dapat tercapai,"ujar Arkadius.

Terkait ini, nota penjelasan tiga Ranperda sendiri disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit .  Ketiga Ranperda itu adalah, Ranperda tentang Perubahan Perda nomor 2 tahun 2013 tentang Ketenagalistrikan, Ranperda tentang Penyusunan Program Pembentukan Perda, serta Ranperda Retribusi Jasa Usaha.

Dipaparkan Arkadius, ketiga Ranperda sangat penting untuk dibahas. Hal itu karena, ketiganya bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, Ranperda Ketenagalistrikan. Arkadius berharap, Ranperda ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan ketersediaan tenaga listrik dalam jumlah yang cukup dan memadai, harga yang wajar dan ikut mendorong tumbuhnya investasi.

Demikian juga dengan Ranperda Retribusi Jasa Usaha yang diharapkan mampu mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui penggalian potensi sumber-sumber retribusi untuk kepentingan pembangunan daerah.
"Pembahasan seluruh Ranperda hendaknya dapat berjalan maksimal dan penyempurnaan-penyempurnaan juga dapat dilakukan," katanya.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dalam kesempatan yang sama mengatakan, Ranperda yang ada diharapkan memang mendapat penyempurnaan-penyempurnaan saat pembahasan antara DPRD dan Pemprov. Sehingga, ketika ditetapkan menjadi Perda, aturan yang ada bisa menjawab kebutuhan masyarakat dan kepentingan pembangunan daerah. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM