Pemprov Sumbar Ajukan Tiga Ranperda


Jumat,10 Maret 2017 - 08:58:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN--Pemerintah Provinsi Sumbar menyampaikan Nota Penjelasan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) melalui rapat paripurna DPRD Sumbar.

Tiga Ranperda ini merupakan bagian dari 19 Ranperda yang masuk dalam Program Pembentukan Perda (Propem Perda) Provinsi Sumbar tahun 2017.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano mengatakan, dengan disampaikan nota penjelasan tiga Ranperda, diharapkan anggota DPRD dan pemerintah provinsi bisa bekerja maksimal  membahas setiap Ranperda yang telah diagendakan. Sehingga target Propem Perda tahun 2017 bisa tercapai.

Disebut Arkadius, ketiga Ranperda itu adalah bagian dari 19 Ranperda yang sudah masuk dalam Propem Perda tahun 2017. "Kita semua berharap target yang telah diagendakan sesuai Propem Perda tersebut dapat tercapai,"ujar Arkadius.

Terkait ini, nota penjelasan tiga Ranperda sendiri disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit .  Ketiga Ranperda itu adalah, Ranperda tentang Perubahan Perda nomor 2 tahun 2013 tentang Ketenagalistrikan, Ranperda tentang Penyusunan Program Pembentukan Perda, serta Ranperda Retribusi Jasa Usaha.

Dipaparkan Arkadius, ketiga Ranperda sangat penting untuk dibahas. Hal itu karena, ketiganya bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat. Sebagai contoh, Ranperda Ketenagalistrikan. Arkadius berharap, Ranperda ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan ketersediaan tenaga listrik dalam jumlah yang cukup dan memadai, harga yang wajar dan ikut mendorong tumbuhnya investasi.

Demikian juga dengan Ranperda Retribusi Jasa Usaha yang diharapkan mampu mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui penggalian potensi sumber-sumber retribusi untuk kepentingan pembangunan daerah.
"Pembahasan seluruh Ranperda hendaknya dapat berjalan maksimal dan penyempurnaan-penyempurnaan juga dapat dilakukan," katanya.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dalam kesempatan yang sama mengatakan, Ranperda yang ada diharapkan memang mendapat penyempurnaan-penyempurnaan saat pembahasan antara DPRD dan Pemprov. Sehingga, ketika ditetapkan menjadi Perda, aturan yang ada bisa menjawab kebutuhan masyarakat dan kepentingan pembangunan daerah. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,01 Agustus 2017 - 01:35:37 WIB

    Surya Budhi, Mantan Kabiro Humas Pemprov Sumbar Meninggal Dunia

    Surya Budhi, Mantan Kabiro Humas Pemprov Sumbar Meninggal Dunia PADANG, HARIANHALUAN.COM—Surya Budi, mantan Kabiro Humas Setdaprov Sumatera Barat dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Santa Maria, Pekanbaru, Selasa (1/8) pukul 00.15 WIB..
  • Kamis,20 Juli 2017 - 13:04:13 WIB

    Pemprov Ingin PNS Sumbar Tidak Menyimpang

    Pemprov Ingin PNS Sumbar Tidak Menyimpang PADANG, HARIANHALUAN.COM — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, menyampaikan, pemerintah provinsi (pemprov) itu menginginkan PNS Sumbar loyal dan memenuhi kebutuhan di tempat kerja. Dengan standar itu, PNS akan.
  • Kamis,20 Juli 2017 - 12:38:38 WIB

    Tentang RDTR Mandeh, Pemprov Sumbar Lalai

    Tentang RDTR Mandeh, Pemprov Sumbar Lalai PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, M Nurnas menilai Pemrov Sumbar lalau dalam membuat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di APBD 2018. Padahal, sejak 2013 lalu,.
  • Jumat,07 Juli 2017 - 23:10:53 WIB

    Bangun Ekonomi dan Budaya, Gebu Minang Siap Bantu Pemprov

    Bangun Ekonomi dan Budaya, Gebu Minang Siap Bantu Pemprov PADANG, HARIANHALUAN.COM—Untuk pertama kalinya, kepengurusan Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang wilayah Sumatera Barat terbentuk. Jabatan Ketua DPW Gebu Minang Sumbar diamanahkan kepada H Boy Lestari Dt Palindih denga.
  • Selasa,13 Juni 2017 - 11:07:31 WIB

    dr Fiera Minta Tambah Cuti 3 Bulan, Pemprov: Tak Bisa Cuti Sesuka Hati

    dr Fiera Minta Tambah Cuti 3 Bulan, Pemprov: Tak Bisa Cuti Sesuka Hati SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Terhitung Senin (12/6), masa cuti dr Fiera Lovita berakhir. Dokter yang heboh terkait kasus persekusi ini, menjalani cuti sejak 28 Mei lalu. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM