Di Pariaman, Ada 23 Koperasi yang Terancam Bubar


Jumat,10 Maret 2017 - 08:08:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Pariaman, Ada 23 Koperasi yang Terancam Bubar

PARIAMAN, HALUAN - Sebanyak 23 Koperasi di Kota Pariaman  terancam bubar, karena kepengurusan yang tak aktif sampai kepada tidak melakukan RAT.

"Kita sudah panggil koperasi yang demikian itu, tetapi tidak semua yang datang padahal rapat dilakukan untuk pemecahan masalah dan pembinaan," jelas

Kepala Dinas Koperasi Industri Perdagangan (Koperindag) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan, koperasi bermasalah yang diundang untuk rapat pemecahan masalah 24, yang datang cuma 15 pada hari Senin tanggal 6 Maret 2017. Namun dari koperasi bermasalah, ada 4 koperasi yang lanjut untuk aktif kembali dengan pembenahan kepengurusanya.

"Ada kerugian besar bila sebuah koperasi kalau bubar atau dibubarkan, sebab tujuan koperasi jelas mensejahterakan anggotanya,  kalau bubar jelas merugi,"kata Kepala Dinas Koperindag Gusniyeti Zaunit.

Koperasi bisa maju, bila pengurus dan anggotanya sama-sama menyadari hak dan kewajibanya. Namun bila pembentukan koperasi tidak dari bawah atau kehendak dadakan biasanya tidak bertahan lama, habis Pemerintah terhadap koperasi hanya sebagai pembina, tindak lanjut kehidupan koperasi berada sepenuhnya ditangan anggota dan pengurusnya.

Menurut Kadis Koperidag, bila sebuah koperasi terpaksa bubar atau di bubarkan, terkait dengan fasilitas pemerintah yang diterima, harus dipertanggung jawabkan dan itu sampai ke Kementerian Koperasi. Jumlah Koperasi di Kota Pariaman sampai saat ini ada 82 koperasi umumnya bergerak di simpan pinjam.(h/tri).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,27 Juli 2017 - 13:43:39 WIB

    Rawan Lakalantas dan Kejahatan, Pemkab Pasaman Pasang CCTV di Jalan Protokol

    Rawan Lakalantas dan Kejahatan, Pemkab Pasaman Pasang CCTV di Jalan Protokol PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Alasan keamanan dan pencegahan aksi kejahatan dan kriminal, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pasaman, berencana memasang kamera pengawas alias CCTV disejumlah titik disepanja.
  • Kamis,27 Juli 2017 - 13:39:05 WIB

    Satu-satunya di Indonesia, Lubang Tambang Batubara Sawahlunto Jadi Museum Pendidikan

    Satu-satunya di Indonesia, Lubang Tambang Batubara Sawahlunto Jadi Museum Pendidikan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Lubang tambang batubara milik PT BA UPO yang berlokasi di Sawahluwung, Desa Rantih, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto disulap menjadi museum pendidikan. Peresmiannya ditandai dengan penggunting.
  • Kamis,27 Juli 2017 - 13:32:02 WIB

    SK CPNS Pasaman Diserahkan, Bidan Diminta untuk Terampil

    SK CPNS Pasaman Diserahkan, Bidan Diminta untuk Terampil PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dihari ulang tahun ke-66 Ikatan Bidan Indonesia (IBI), bupati Pasaman, Yusuf Lubis sampaikan sejumlah harapan. Salah satunya, para bidan bisa terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mengaw.
  • Kamis,27 Juli 2017 - 13:28:11 WIB

    14 Desa di Kota Pariaman Kategori Kumuh

    14 Desa di Kota Pariaman Kategori Kumuh PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 14 desa di Kota Pariaman sampai kini masih berada dalam kawasan kumuh. Desa-desa tersebut tetap menjadi prioritas oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk pengembangan dalam 2017 bersama Bus.
  • Rabu,26 Juli 2017 - 11:36:43 WIB

    Warga Dilarang Mendirikan Bangunan di Zona Merah

    Warga Dilarang Mendirikan Bangunan di Zona Merah PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), memasang plang larangan untuk membangun di sekitar area bibir pantai yang terdapat jejak penimbunan akibat pengerjaan jalan nasional, Selasa (25.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM