Di Pariaman, Ada 23 Koperasi yang Terancam Bubar


Jumat,10 Maret 2017 - 08:08:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Pariaman, Ada 23 Koperasi yang Terancam Bubar

PARIAMAN, HALUAN - Sebanyak 23 Koperasi di Kota Pariaman  terancam bubar, karena kepengurusan yang tak aktif sampai kepada tidak melakukan RAT.

"Kita sudah panggil koperasi yang demikian itu, tetapi tidak semua yang datang padahal rapat dilakukan untuk pemecahan masalah dan pembinaan," jelas

Kepala Dinas Koperasi Industri Perdagangan (Koperindag) Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan, koperasi bermasalah yang diundang untuk rapat pemecahan masalah 24, yang datang cuma 15 pada hari Senin tanggal 6 Maret 2017. Namun dari koperasi bermasalah, ada 4 koperasi yang lanjut untuk aktif kembali dengan pembenahan kepengurusanya.

"Ada kerugian besar bila sebuah koperasi kalau bubar atau dibubarkan, sebab tujuan koperasi jelas mensejahterakan anggotanya,  kalau bubar jelas merugi,"kata Kepala Dinas Koperindag Gusniyeti Zaunit.

Koperasi bisa maju, bila pengurus dan anggotanya sama-sama menyadari hak dan kewajibanya. Namun bila pembentukan koperasi tidak dari bawah atau kehendak dadakan biasanya tidak bertahan lama, habis Pemerintah terhadap koperasi hanya sebagai pembina, tindak lanjut kehidupan koperasi berada sepenuhnya ditangan anggota dan pengurusnya.

Menurut Kadis Koperidag, bila sebuah koperasi terpaksa bubar atau di bubarkan, terkait dengan fasilitas pemerintah yang diterima, harus dipertanggung jawabkan dan itu sampai ke Kementerian Koperasi. Jumlah Koperasi di Kota Pariaman sampai saat ini ada 82 koperasi umumnya bergerak di simpan pinjam.(h/tri).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,20 September 2017 - 21:34:29 WIB

    Tingkatkan Pemberdayaan Petani, Pundi Sumatera Bangun Huler di Solsel

    Tingkatkan Pemberdayaan Petani, Pundi Sumatera Bangun Huler di Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Pundi Sumatera sejak 2012 telah mulai lakukan pemberdayaan terhadap petani di Jorong Simancuang dan Jorong Simancuang Karang Hitam, Alam Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel). Pemberdayaan ini ber.
  • Senin,18 September 2017 - 21:29:38 WIB

    Pelantikan Perangkat Nagari di Pasbar Mendapat Sorotan

    Pelantikan Perangkat Nagari di Pasbar Mendapat Sorotan PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Pelantikan Perangkat Nagari Persiapan Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Sasak mendapat sorotan..
  • Sabtu,09 September 2017 - 01:23:46 WIB
    DPRD Setujui APBD-P 2017

    Belanja Daerah Meningkat Jadi Rp710 Milliar

    Belanja Daerah Meningkat Jadi Rp710 Milliar BUKITTINGGI, HALUAN -- DPRD Kota Bukittinggi menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017 menjadi Peraturan Daerah (Perda). Persetujuan itu dilakukan dalam .
  • Jumat,08 September 2017 - 00:55:33 WIB

    Kasat Sabhara Polres Bukittinggi Diserahterimakan.

    Kasat Sabhara Polres Bukittinggi Diserahterimakan. BUKITTINGGI, HALUAN – Kasat Shabara Polres Bukittinggi diserahkan dari pejabat lama AKP Dwi Yulianto kepada pejabat baru AKP Jefri Afridan. Serah terima jabatan terebut dipimpin Kapolres Bukittinggi di Mapolres Bukittinggi,.
  • Kamis,07 September 2017 - 22:55:45 WIB

    Panen Raya di Solsel, Petani Terima 72 Alsintan

    Panen Raya di Solsel, Petani Terima 72 Alsintan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 72 unit dari enam item pada Pemkab Solok Selatan (Solsel) melalui Dinas Tanaman.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM