Masalah Selera, Konsumsi Ikan Masyarakat Sawahlunto Rendah


Kamis,09 Maret 2017 - 17:56:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Masalah Selera, Konsumsi Ikan Masyarakat Sawahlunto Rendah Ketua Forikan Sawahlunto menekan MoU dengan Srake Holder, dalam upaya peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO,  HARIANHALUAN.COM—Tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kota Sawahlunto masih sangat rendah dibandingkan tingkat konsumsi ikan di tingkat nasional. Bahkan konsumsi ikan masyarakat "Kota Arang" tidak sampai separuhnya.

 

"Konsumsi ikan di Kota Sawahlunto masih 18 kg per kapita per tahun, sedangkan konsumsi ikan nasional sudah mencapai 40 kg, sementara tingkat konsumsi ikan di Sumatra Barat 36 kg," kata Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan)  Sawahlunto,  Yenni Halil saat peringatan hari makan ikan tingkat Kota Sawahlunto,  Kamis (9/3).

 

Terkait masih rendahnya komsumsi ikan masyarakat Sawahlunto itu,  pihaknya menilai bukan masalah ketidakmampuan masyarakat dalam membeli ikan, akan tetapi lebih kepada masalah selera.

 

Terlebih di Sawahlunto sendiri lanjutnya,  jauh dari lokasi laut dan juga sedikitnya lokasi perairan untuk budi daya ikan. Akan tetapi sebutnya, berupaya melakukan berbagai upaya salah satunya dengan menggiatkan masyarakat mengkonsumsi ikan dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

 

Dengan Gemarikan lanjutnya, pihaknya merasa optimis kampanye ini bisa membantu mengurangi ketergantungan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap daging sapi yang saat ini harganya tinggi.

 

Hal itu, karena ikan mengandung gizi yang sangat baik tapi harganya lebih terjangkau.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,17 April 2017 - 10:57:48 WIB

    Dinas ESDM: Secara Teknis Tambang Tak Ada Masalah

    Dinas ESDM: Secara Teknis Tambang Tak Ada Masalah PADANG, HALUAN – LSM Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumbar kembali mempersoalkan pemberian izin operasional kepada enam perusahaan tambang di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota. Bahkan Walhi berencana .
  • Kamis,23 Maret 2017 - 11:08:18 WIB

    Permasalahan Tanah By Pass Temui Titik Terang

    Permasalahan Tanah By Pass Temui Titik Terang BUKITTINGGI, HALUAN—Permasalahan tanah di kawasan By Pass Kelurahan Pulai Anak Air, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), antara Pemko Bukittinggi dan pemilik tanah, yang sudah puluhan tahun tidak berkeruncingan, kini mu.
  • Jumat,10 Maret 2017 - 20:06:19 WIB

    Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan

    Ada Musri di Sawahlunto, Kapolda: Tidak Semua Masalah Diselesaikan di Pengadilan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM—Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Barat, Brigjen. Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum mengapresiasi langkah Kapolres Sawahlunto, AKBP Riyadi Nugroho dalam membentuk Musyawarah Nagari (Musri)..
  • Selasa,04 Oktober 2016 - 11:24:55 WIB

    STIPER Sijunjung Bermasalah, Mahasiswa dan Dosen Unjuk Rasa

    STIPER Sijunjung Bermasalah, Mahasiswa dan Dosen Unjuk Rasa SIJUNJUNG, HALUAN-Puluhan mahasiswa beserta dosen Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Yayasan Pendidikan Sawahlunto Sijunjung mendatangi kantor bupati Sijunjung, Selasa (4/10)..
  • Rabu,23 Desember 2015 - 02:26:55 WIB

    Polres Libatkan LKAAM Atasi Masalah di Nagari

    Agam, Haluan — Ka­polres Agam, AKBP Eko Budhi Purwono menga­ta­kan, pihak kepolisian akan menjalin kerjasama dengan Lem­baga Kerapatan Adat Alam Minang­kabau (LKAAM) Agam dalam me­­na­ngani masalah ke­ama­nan dan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM