Ketua DPN Gerbang Tani: SE Gubernur Telah Mencederai Kearifan Lokal


Kamis,09 Maret 2017 - 13:24:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ketua DPN Gerbang Tani: SE Gubernur Telah Mencederai Kearifan Lokal Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Gerbang Tani, Indra SG Lubis tak habis pikir dengan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang merevisi surat edaran yang ditandatanganinya sendiri tentang upaya khusus swasembada pangan di Ranah Minang.

 

“Kenapa tidak dipikirkan dan dipersiapkan satu surat edaran yang clear dan mudah dipahami,” tegas Indra SG Lubis dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (9/3).  

 

Menurut Indra yang juga pengurus Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Pemprov Sumbar seharusnya memikirkan bagaimana memberikan kebijakan yang meningkatkan kesejahteraan petani sebagai bagian masyarakat nagari. Tidak tepat jika peningkatan kesejahteraan itu diterjemahkan dengan melakukan percepatan waktu tanam. Terlalu sederhana.

 

“Saya mendorong setiap nagari untuk membangun atau memperkuat lumbung-lumbung pangan nagari dengan menggunakan Dana Desa (Dana Nagari-red), sebagai upaya menjamin ketetsediaan pangan nagari sekaligus memperkuat kebudayaan yang sudah ada di setiap nagari,” tegas Indra yang juga Ketua Umum SMPT Unand periode 1996-1997 itu.

 

Lahirnya dua SE terkait upaya khusus (Upsus) swasembada pangan berkelanjutan ini, di mata Indra Lubis, gubernur dapat dikatakan tidak memahami bahwa pertanian itu adalah bagian dari kerja budaya masyarakat nagari di Minangkabau.

 

Selain itu, yang perlu jadi perhatian soal pertanian di Ranah Minang ini adalah tidak hanya urusan produksi, tetapi siapa yang memproduksi dan bagaimana diproduksinya.

 

“Pemerintah sudah terlalu sering melupakan jaminan harga pascapanen yang selama ini sering tidak menguntungkan petani,” tegasnya.

 

“Hal ini dapat kita lihat dari Nilai Tukar Petani (NTP) yang mengalami tren penurunan beberapa tahun terakhir. Artinya, harga produk pertanian petani tidak mampu mengimbangi kenaikan harga barang-barang yang dibutuhkan petani,” tambah Indra Lubis yang putra daerah Rao, Pasaman itu.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,03 Agustus 2017 - 01:33:35 WIB

    Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Berpulang

    PARIAMAN, HALUAN - Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Jhon Edwar, meninggal dunia pada Selasa sekitar pukul15.30 WIB di Rumah Sakit Siti Rahmah Kota Padang..
  • Selasa,04 Juli 2017 - 17:36:02 WIB

    Ketua DPD RI Bakal Berkunjung ke Padang, Beri Kuliah Umum di UNP

    Ketua DPD RI Bakal Berkunjung ke Padang, Beri Kuliah Umum di UNP JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang baru, DR. Oesman Sapta, bakal berkunjung ke Ranah Minang pada Jumat dan Sabtu (7-8/Juli). .
  • Selasa,09 Mei 2017 - 22:26:40 WIB

    Muhammadiyah Sumbar Tetapkan Puasa 27 Mei, Ketua: Semoga Tidak Ada Perbedaan

    Muhammadiyah Sumbar Tetapkan Puasa 27 Mei, Ketua: Semoga Tidak Ada Perbedaan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Organisasi terbesar agama Islam, Muhammadiyah telah memutuskan puasa atau 1 Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada hari Sabtu (27/5). Hal tersebut berdasarkan hasil hisap hakiki wujudul hilal..
  • Selasa,02 Mei 2017 - 10:04:10 WIB

    Ibu Ketua DPRD Sumbar Berpulang

    Ibu Ketua DPRD Sumbar Berpulang PADANG, HALUAN- Ibu Ketua DPRD Sumbar, H Hendra Irwan Rahim berpulang kerahmatullah, Minggu (30/4), sekitar pukul 23.06 WIB. Almarhumah, Rosna Osman sebelum berpulang, sempat menjalani perawatan intensif selama enam hari di .
  • Selasa,14 Februari 2017 - 10:17:24 WIB

    Indra Dt Rajo Lelo Jadi Ketua BK DPRD Sumbar

    PADANG, HALUAN - DPRD Sumbar tetapkan susunan Badan Kehormatan (BK) masa tahun 2017-2019. Penetapan susunan BK DPRD Sumbar ini dilakukan melalui rapat paripurna yang berlangsung Senin (13/2). .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM