Waspada! Sungai-Sungai di Sumbar Tercemar E-Coli Kategori Berat


Kamis,09 Maret 2017 - 11:59:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Waspada! Sungai-Sungai di Sumbar Tercemar E-Coli Kategori Berat Salah satu sungai di Kabupaten Dharmasraya.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V mengklaim beberapa sungai besar di Sumbar telah tercemar bakteri Escherichia Coli (E-Coli). Cemarannya tidak main-main, sudah pada ambang cemaran berat.

 

Kepala BWS Sumatera V, Filiansyah, melalui Kasi Operasional, BWS Wilayah V, Vidi Bawana, saat ditemui Harianhaluan.com di ruang kerjanya mengatakan, dari hasil uji baku mutu air pada beberapa sungai besar di Sumbar seperti, Batang Arau, Batang Pariaman, Batang Tapakis, Batang Anai, Batang Mangor, Batang Agam, dan Batang Antokan, itu cemaran e-coli sudah dalam kategori berat. Sehingga air tersebut sangat tidak baik untuk dikonsumsi.


 

“Kalau sudah seperti ini sudah tidak bagus lagi untuk digunakan sebagai keperluan sehari-hari. Karena kalau masih dipergunakan akan berdampak. Bagusnya hanya untuk irigasi,” kata Vidi didampingi Staf Bidang Hidrologi, Novri.

 

Dijelaskan Vidi, kondisi ini disebabkan karena perilaku masyarakat yang masih saha gemar membuang hajat ke sungai. Akibatnya cemaran sungai oleh bakteri E-Coli sangat tinggi.

 

“Memang sangat sulit juga untuk menghentikan kebiasaan serupa ini. Tapi bagaiamana pun ini tentu sangat berdampak kepada kualitas air sungai yang banyak dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya.

 

Temuan yang sama juga didapati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar. Dari 80 sungai lintas kabupaten/kota dan 27 sungai lintas provinsi yang menjadi wilayah kerjanya, umumnya mengalami cemaran bakteri E-Coli dengan tingkat sedang hingga berat.

 

“Dari uji baku mutu air yang kita lakukan sebenarnya kualitas airnya masih bagus, namun itu kalau E-Coli tidak kita masukkan. Tapi kalau E-Coli sudah kita masukkan itu langsung turun kualitasnya,” ujar Kepala DLH Sumbar, Asrizal Asnan, didampingi  Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan dan Penataan Hukum Lingkungan, Siti Aisyah.

 

Ditambahkan Siti Aisyah, untuk E-Coli tidak hanya berasal dari kotoran manusia semata, namun juga dari kotoran hewan dan sampah yang berada di sekitar aliran sungai.

 

“Kalau lokasinya sudah berada di dekat pemukiman itu biasanya cemarannya juga tinggi. Tapi kalau lebih ke hulu itu sudah berkurang,” paparnya.

 

Saat ini DLH juga tengah gencar mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah, membuang hajat, dan kotoran hewan ke sungai. Hal ini untuk menyelamatkan sungai di Sumbar.

 

“Kemarin kita lakukan di sekitar Batang Agam. Masyarakat di sana pun menyambut baik cara ini. Bahkan mereka menerapkan sanksi sosial kalau ada masyarakat yang masih membuang sampah dan kotoran ke sungai,” jelas Siti Aisyah.

 

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferymulyani, kepada Haluan mengatakan, kalau air sudah tercemar dengan bakteri E-Coli dampaknya akan menimbulkan diare bagi yang masih menggunakan air tersebut. Misalnya untuk mencuci peralatan dapur, sayur, atau barang konsumsi lainnya.

 

“Jadi, jangan sekali-kali mencuci sayur atau bahkan sampai mengkonsumsi air tersebut. karena dampaknya akan berbahaya,” paparnya.

 

Diketahui bakteri E-Coli tidak hanya menyebabkan diare tetapi bisa lebih berbahaya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal ditemukan orang yang mengonsumsi air yang tercemar E.coli memiliki peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi, masalah ginjal dan juga penyakit jantung di kemudian hari. (h/isr)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,14 Oktober 2016 - 01:26:51 WIB

    Waspada!..410 Kasus DBD Terdeteksi di Agam

    Waspada!..410 Kasus DBD Terdeteksi di Agam AGAM, HALUAN — Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Agam men­cemaskan. Dari catatan Puskesmas yang ada di daerah itu kasus DBD tahun 2015 lalu hanya 289, sementara dari Januari sampai September 2016 telah mencapa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM