Warga Rutan Solsel Sibuk Beternak dan Bercocok Tanam


Kamis,09 Maret 2017 - 09:39:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Warga Rutan Solsel Sibuk Beternak dan Bercocok Tanam Kepala Cabang rumah tahanan Muara Labuh, Asep Junaedi menyaksikan warga binaan tengah bercocok tanam bawang di lingkungan cabang rutan Muara Labuh, Rabu (8/3). JEFLI

SOLOK SELATAN,HALUAN-- Sebanyak 49 orang warga binaan rumah tahanan Muara Labuh, Solok Selatan (Solsel) mulai bercocok tanam dan beternak ikan. Kegiatan ini mulai digiatkan semenjak awal Februari 2017 lalu dengan memanfaatkan lahan sempit di sekeliling rutan yang belum digarap.

"Awalnya, lahan sekitar lapas masih berupa lahan yang belum digarap namun sebulan belakangan kami diajak staff rutan untuk memanfaatkan lahan itu untuk bercocok tanam dan beternak ikan,"kata seorang warga binaan, Muklis (38) ketika ditemui Haluan Rabu, (8/3).

Dengan memanfaatkan lahan yang sedikit itu, imbuhnya warga binaan melakukan penanaman Cabe, Bawang dan Kangkung. Ia menambahkan, kegiatan bertani yang digalakkan Kacab rutan sangat berdampak positif sebab selain membuahkan hasil nantinya juga melatih keterampilan bertani."Secara rutin tiap pagi hingga siang kami (warga binaan) melakukan aktifitas bertani,"ulasnya.

Menurutnya, perubahan positif belakangan terjadi dikarenakan adanya pergantian Kepala Cabang. Dimana, saat ini rutan cabang Muara Labuh dipimpin Asep Junaedi yang sebelumnya bertugas di LP Cipinang. "Tak jarang, tiap malam kami bersama pak Asep bercengkrama didalam kamar bahkan hanya untuk sekedar bertanya makan kami,"ucap pria yang divonis tujuh tahun ini.

Sementara, Kacab rutan Muara Labuh, Asep Junaedi menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan terhadap warga binaan merupakan salah satu bentuk mewujudkan rasa kekeluargaan diantara pegawai dengan warga binaan."Sehingga terciptanya suasana yang kondusif dan harmonis di rutan,"katanya.

Pihaknya, tengah berupaya menciptakan suasana yang nyaman dan asri sehingga fokus terhadap pembenahan lingkungan. "Apabila suasan nyaman dengan sendirinya warga binaan betah berada di rutan,"tutuppnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,26 Juli 2017 - 11:36:43 WIB

    Warga Dilarang Mendirikan Bangunan di Zona Merah

    Warga Dilarang Mendirikan Bangunan di Zona Merah PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), memasang plang larangan untuk membangun di sekitar area bibir pantai yang terdapat jejak penimbunan akibat pengerjaan jalan nasional, Selasa (25.
  • Minggu,02 Juli 2017 - 10:28:42 WIB

    Bosan Dihadiahi Janji, Warga Palembayan Pasang Plang di Jalan

    Bosan Dihadiahi Janji, Warga Palembayan Pasang Plang di Jalan AGAM, HALUAN - Sebagai kritik terhadap lambanya perbaikan jalan Palembayan, masyarakat setempat memasang rambu dari kertas karton menjelang lebaran Idul Fitri lalu bertuliskan,"Maaf Jalan Kami Rusak"..
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 14:20:01 WIB

    Bupati Agam Minta Warga Suksekan Pilwana

    AGAM, HALUAN -- Bupati Agam, Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah meminta masyarakat di nagari untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kenyamanan di kampung, serta jangan ada fitnah dan saling menjelekan antar sesama, menjelang ma.
  • Selasa,30 Mei 2017 - 19:33:56 WIB

    Kabupaten Agam Bakal Sediakan Wifi Gratis untuk Warga

    Kabupaten Agam Bakal Sediakan Wifi Gratis untuk Warga AGAM, HARIANHALUAN.COM- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Agam melakukan inovasi dengan memfasilitasi tempat umum dengan Free Wifi atau internet gratis. Hal ini dilakukan untuk mempermudah warga mengakses i.
  • Senin,29 Mei 2017 - 19:11:29 WIB

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Penyakit demam berdarah (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aides aygepti, kini mewabah di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tepatnya di Kenagarian Punggasan Utara, Kecamatan Linggosaribaga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM