Harimau Incar Ternak, Warga Siaga dengan Meriam Bambu


Kamis,09 Maret 2017 - 09:08:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Harimau Incar Ternak, Warga Siaga dengan Meriam Bambu ilustrasi

AGAM, HARIANHALUAN.COM --  Suasana di Nagari Sipinang, Kecamatan Palembayan masih mencekam, terutama pada malam hari karena harimau sumatra masih berkeliaran mencari mangsa ternak warga pada sekitar.


Seorang warga jorong Kampuang Tabu Sipinang bernama Khanza Adiska menulis kekhawatiranya di akun facebooknya kemarin," Gara2 harimau lah masuak ka kampuang jadi takuik pai kama2 Raso2 awak lo yang ka dimakan nyo".
 

Hal itu dibenarkan oleh wali nagari Sipinang Novelmi, katanya warga memang merasa ketakutan untuk bepergian terutama ke areal pertanian di pinggir hutan dan pada malam hari.
 

Oleh karena itu sejak beberapa hari lalu masyarakat juga melakukan ronda malam menggunakan "badia-badia batuang (meriam bambu).
 

Mengganasnya harimau sumatra berawal di jorong Marambuang nagari Baringin (tetangga nagari Sipinang) 21 Februari 2017 yang menerkam tiga ekor kerbau, kemudian mengganas lagi di Cubadak Lilin kecamatan Matur dan Jumat(3/3) dini hari harimau menerkam 3 ekor kerbau di Sipinang, satu ekor diantaranya luka parah sempat disembelih pemiliknya, yang 2 ekor lagi hanya kena gigitan dan masih hidup.
 

"Pada sekitar delapan bulan lalu harimau juga menerkam kerbau milik masyarakat jorong Paraman, memang harimau tersebut tidak pernah kelihatan, namun jejaknya sering ditemui"kata Novelmi kemarin.
 

Sebagai antisipasi terhadap ancaman "nyiak balang" wali nagari meminta warga menempatkan ternaknya pada lokasi yang aman pada malam hari.
 

Nagari Sipinang terdiri dari tiga jorong yakni, Paraman, Sipinang dan Kampuang Tabu. Ketiga jorong tersebut dikelilingi hutan lebat yang merupakan habitat hewan liar.Mayoritas warganya bermata pencarian bertani sawah, kebun, beternak dan masih banyak dalam kondisi kurang mampu. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,06 Maret 2017 - 09:19:42 WIB

    BKSDA : Jangan Usik Habitat Harimau

    BKSDA : Jangan Usik Habitat Harimau AGAM, HARIANHALUAN.COM- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Agam, mengingatkan warga agar tidak mengembalakan ternaknya di kawasan Hutan Cagar alam, hal tersebut untuk mengindari ternak mereka dari serangan bi.
  • Sabtu,25 Februari 2017 - 03:03:16 WIB

    Masih Ada 3 Harimau Berkeliaran di Palembayan

    Masih  Ada 3 Harimau  Berkeliaran  di Palembayan AGAM, HALUAN -- Masyarakat kecamatan Palembayan menduga masih ada sekitar tiga ekor harimau sumatra yang berkeliaran di hutan daerah mereka, kadang harimau tersebut memasuki perkampungan mencari mangsa ternak piaraan masyarak.
  • Sabtu,23 Juli 2016 - 21:38:26 WIB

    Harimau Kejar Warga Kambang Timur dan Terkam Hewan Peliharaan

    Harimau Kejar Warga Kambang Timur dan Terkam Hewan Peliharaan PESSEL, HALUAN—Warga Jorong Koto Pulai Kenagarian Kambang Timur, Kabupaten Pesisir Selatan cemas, setelah Harimau (Phantera tigris) mengejar warga yang sedang berladang dan memangsa hewan peliharaan..
  • Selasa,15 Desember 2015 - 02:48:47 WIB

    Taman Satwa Kandi Akan Kedatangan Harimau Sumatera

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Taman Satwa Kandi Sawahlunto kembali bakal kedatangan koleksi baru, yakni sepasang Harimau Sumatera, sebagai pengganti harimau yang terdahulu. Penambahan itu, direncanakan pada awal 2016 mendatang..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM