Harimau Incar Ternak, Warga Siaga dengan Meriam Bambu


Kamis,09 Maret 2017 - 09:08:50 WIB
Harimau Incar Ternak, Warga Siaga dengan Meriam Bambu ilustrasi

AGAM, HARIANHALUAN.COM --  Suasana di Nagari Sipinang, Kecamatan Palembayan masih mencekam, terutama pada malam hari karena harimau sumatra masih berkeliaran mencari mangsa ternak warga pada sekitar.


Seorang warga jorong Kampuang Tabu Sipinang bernama Khanza Adiska menulis kekhawatiranya di akun facebooknya kemarin," Gara2 harimau lah masuak ka kampuang jadi takuik pai kama2 Raso2 awak lo yang ka dimakan nyo".
 

Hal itu dibenarkan oleh wali nagari Sipinang Novelmi, katanya warga memang merasa ketakutan untuk bepergian terutama ke areal pertanian di pinggir hutan dan pada malam hari.
 

Oleh karena itu sejak beberapa hari lalu masyarakat juga melakukan ronda malam menggunakan "badia-badia batuang (meriam bambu).
 

Mengganasnya harimau sumatra berawal di jorong Marambuang nagari Baringin (tetangga nagari Sipinang) 21 Februari 2017 yang menerkam tiga ekor kerbau, kemudian mengganas lagi di Cubadak Lilin kecamatan Matur dan Jumat(3/3) dini hari harimau menerkam 3 ekor kerbau di Sipinang, satu ekor diantaranya luka parah sempat disembelih pemiliknya, yang 2 ekor lagi hanya kena gigitan dan masih hidup.
 

"Pada sekitar delapan bulan lalu harimau juga menerkam kerbau milik masyarakat jorong Paraman, memang harimau tersebut tidak pernah kelihatan, namun jejaknya sering ditemui"kata Novelmi kemarin.
 

Sebagai antisipasi terhadap ancaman "nyiak balang" wali nagari meminta warga menempatkan ternaknya pada lokasi yang aman pada malam hari.
 

Nagari Sipinang terdiri dari tiga jorong yakni, Paraman, Sipinang dan Kampuang Tabu. Ketiga jorong tersebut dikelilingi hutan lebat yang merupakan habitat hewan liar.Mayoritas warganya bermata pencarian bertani sawah, kebun, beternak dan masih banyak dalam kondisi kurang mampu. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM