Parah! Puluhan Warga Terkena Jarum Suntik di Pantai Tan Sridano Pessel


Selasa,07 Maret 2017 - 09:40:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Parah! Puluhan Warga Terkena Jarum Suntik di Pantai Tan Sridano Pessel Daftar nama-nama warga yang menjadi korban limbah rumah sakit di Pantai Tan Sridano, Kenagarian Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pessel. OKIS

PAINAN, HALUAN - Hingga saat ini, jumlah warga yang terkena dampak pencemaran limbah medis B3 yang diduga milik salah satu rumah sakit di Kota Padang, bertambah menjadi 60 orang. Senin (6/3).

 

Sebelumnya sebanyak 43 orang warga, yang terkena jarum suntik akibat pencemaran Pantai Tan Sridano, Kenagarian Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pessel sudah melaporkan persoalan tersebut ke kantor Wali Nagari setempat. Pada umumnya masyarakat yang terjangkit oleh limbah medis tersebut, adalah mereka yang berprofesi sebagai nelayan.

 

"Sampai saat ini, (Senin,6/3-red), laporan yang kami terima sudah sebanyak 60 orang warga terkena dampak limbah tersebut. Kami khawatir, kondisi ini akan terus bertambah, jika tidak ada penanganan yang serius dari pihak terkait. Sebab, sejumlah limbah medis yang ditemui, ada bekas pasien penderita HIV dan penyakit menular lainnya," kata Wali Nagari Taluak, Zainal kepada Harianhaluan.com diruangannya.

 

Terkait persoalan itu, ia meminta kepada rumah sakit tersebut, untuk bertanggung jawab penuh terhadap kondisi yang dialami masyarakat saat ini. Menurutnya, harus ada jaminan kesehatan yang ditanggung oleh pihak rumah sakit kepada masyarakat yang terkena dampak tersebut.

 

"Saya mewakili masyarakat, meminta sejumlah tuntunan yang harus dipenuhi oleh pihak rumah sakit, yakni mohon pembersihan Pantai Tan Sridano, yang terkena pencemaran limbah B3 Medis. Penyediaan tong sampah sebanyak 20 set di Pantai Tan Sridano. Penanaman pohon cemara sebanyak 1000 batang. Bagi masyarakat yang terkena jarum suntik mohon jaminan kesehatan selama 2 tahun," jelasnya saat itu. 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM