250 Personil Polresta Jalani Tes Urin


Selasa,07 Maret 2017 - 09:26:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN-  Sebelum bertindak untuk memberantas penyalahgunaan narkoba dilingkungan masyarakat, polisi Resort Kota Padang yang merupakan instansi penegak hukum  terlebih dahulu melakukan pembersihan di tubuh internal jajarannya terhadap barang haram tersebut.

Upaya pembersihan ini dibuktikan dengan kegiatan tes urine yang dilakukan oleh seluruh personil jajaran Polresta, termasuk Kapolresta Kombes Pol Chairul Aziz sendiri.

Tes urine yang dilakukan secara mendadak, Senin (6/3) tersebut, juga melibatkan pegawai Negeri Sipil (PNS) Polresta Padang dan jajaran Polsekta di wilayah hukum kota  Padang. Kurang lebih 250 personil dan PNS menjalani tes urine di Rupatama Tuah Sakato, Polresta Padang.

"Saat ini baru 250 personil yang sudah menjalani tes urine, dan nantinya akan terus bertambah karena total personil di wilayah Polresta Padang ada sekitar 500 personil," ujar Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz.

Lanjutnya, tes urine yang dilakukan itu bertujuan untuk mengecek kembali anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba ini.

Ditambahkan Chairul Aziz, pengecakan dan pemeriksaan urine tersebut sebagai bentuk evaluasi bagi personel Polresta Padang, karena beberapa tahun belakangan pihaknya telah melakukan penindakan sebagai bentuk upaya seluruh anggota tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Selama ini kita terus melakukan penangkapan terhadap para pelaku narkoba, namun di sisi lain tentu dari pihak kita sendiri harus bersih terlebih dahulu dari penyalahgunaan narkoba itu. Jika tidak bersih dari kita sendiri, tentu upaya pemberantasan dilingkungan masyarakat tidak akan berhasil,” ulasnya.

Dalam pengecekan dan pemeriksaan tes urine di seluruh jajaran Polresta Padang tersebut tidak ada yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba (negatif). Meski demikian, Polresta Padang terus melakukan upaya pencegahan terhadap seluruh personel agar tidak terlibat dalam barang haram tersebut.

“Semua telah diperiksa, termasuk saya sebagai Kapolresta juga di tes urin begitupun pejabat utama lainnya dan alhamdulillah dinyatakan negatif. Jika terbukti ada yang terlibat dalam tes urine itu kita akan proses secara disiplin,” tegas Chairul Aziz.

Dijelaskan Chairul Aziz, contoh disiplin yang dialami bagi personel terlibat dan terbukti dalam penyalahgunaan narkoba tersebut seperti ditahan, penurunan pangkat, serta mutasi.

"Kalau hanya dinyatakan positif dan tidak ditemukan barang bukti tidak dipecat hanya mendapatkan hukuman disiplin. Tapi kalau terbukti ada barang bukti  baru dilakukan pemecatan" pungkas Chairul Aziz. 

Lebih lanjut disebutkan, peredaran narkoba di wilayah kota padang saat ini sangat mengkhawatirkan. Bukan hanya orang dewasa saja yang terlibat, para pelajarpun sudah berani mengedar dan menggunakan barang haram itu.

Karena narkoba saat ini memang sangat mudah untuk didapatkan, disetiap lingkungan baik itu pemukiman sekalipun sudah ada bandar narkoba.

"Bagian pemukiman merupakan titik rawan masyarakat yang menggunakan narkoba, dan lokasi hiburan juga digunakan untuk melakukan transaksi narkoba," ungkapnya. (h/mg-ina)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM