PLN Perbaiki Jaringan Listri di Daerah Bencana Banjir


Senin,06 Maret 2017 - 10:28:01 WIB
PLN Perbaiki Jaringan Listri di Daerah Bencana Banjir

LIMAPULUH KOTA - Tiga hari pasca banjir yang melanda Pangkalan, Lima Puluh Kota, PLN Wilayah  terus berupaya memperbaiki jaringan listrik yang rusak. Kemarin, PLN telah berhasil mendirikan dan memperbaiki 30 tiang serta melakukan pengecekan saluran listrik langsung ke rumah-rumah pelanggan. 

 
Tantangan utama PLN saat ini yaitu perbaikan infrastruktur kelistrikan, yakni  putusnya jalur komunikasi di sejumlah lokasi bencana serta akses jalan yang lumpuh (terisolasi) akibat tanah longsor.
 
Hari ketiga ini difokuskan untuk pengiriman genset di obyek vital di daerah-daerah yang masih bisa diakses. Genset-genset ini dikumpulkan dari seluruh area di Wilayah Sumatera Barat.
 
Untuk membantu penyalaan listrik di beberapa fasilitas umum, PLN area mengirimkan beberapa unit genset, mobil crane beserta tenaga-tenaga teknis termasuk tenaga bantuan dari PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR).
 
"Petugas kami sudah siap dan kami sudah mendapat bantuan dari Riau, tetapi karena akses jalan belum dibuka, kami belum bisa menjangkau beberapa titik yang lumpuh. Namun kami tetap melakukan persiapan dan mengatur strategi kerja agar begitu banjir surut kami bisa langsung melakukan eksekusi," ujar General Manager PLN Wilayah Sumbar Bambang Yusuf di sela-sela meninjau sekaligus menyerahkan bantuan di lokasi bencana banjir, kemarin.
 
Dari hasil inventarisir tercatat 166 gardu listrik dan 16.674 pelanggan yang mengalami padam. Ada lima penyulang listrik yang terganggu dengan lokasi meliputi Kelok 17, Pangkalan, Bukit Kincuang, Mahat dan Air Putih, di mana gangguan disebabkan oleh banjir dan tanah longsor.
 
Menurut Bambang, fokus utama PLN, Minggu (5/3), adalah mengutamakan suplai tegangan dari Gardu Induk (GI) Koto Panjang ke GI Pangkalan dengan melakukan perbaikan dan pendirian konstruksi tiang di Sibunbun. Selanjutnya mengamankan kondisi gardu distribusi di Manggiliang yang merupakan obyek vital agar aman pada saat di beri tegangan. Di Manggiliang juga dialokasikan genset bantuan. Dan fokus lainnya adalah mengusahakan Muara Paiti terlistriki kembali.
 
Tidak kurang dari 200 tiang listrik akan didirikan kembali setelah sebelumnya roboh oleh banjir dan longsor. (h/rel)
 

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM