BKSDA : Jangan Usik Habitat Harimau


Senin,06 Maret 2017 - 09:19:42 WIB
BKSDA : Jangan Usik Habitat Harimau Petugas dari BPPLHK Wilayah Sumatera memperlihatkan barang bukti kulit harimau yang diamankan dari lima tersangka perdagangan harimau. Pelaku ditangkap di Kabupaten Solok. HUDA PUTRA

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Agam, mengingatkan warga agar tidak mengembalakan ternaknya di kawasan Hutan Cagar alam, hal tersebut untuk mengindari ternak mereka dari serangan binatang buas.
 

Kepala BKSDA Resor Agam, Syahrial Tanjung Minggu, (5/3) mengatakan, diharapkan masyarakat agar tidak mengganggu habitat binatang buas, seperti merusak hutan, berburu, maupun mengembalakan hewan ternaknya di hutan, sebab akan sangat berbahaya.
 

Dikatakan Syahrial, pihaknya sudah menyampaikan langsung himbauan ini kepada masyarakat maupun  pemilik ternak pada sejumlah wilayah yang dinilai rentan, semoga hal ini bisa dipahami dengan baik. Beberapa waktu terakhir sudah 4 ekor ternak kerbau yang mati diduga akibat dimangsa harimau sumatera.
 

"Himbauan ini sangat penting untuk diperhatikan agar binatang buas tidak terusik habitatnya. " Kawasan cagar alam itu merupakan habitat Harimau Sumatera, akan lebih baik lagi jika ternaknya diikat disekitar rumah, sehingga lebih aman," katanya.
 

Kejadian pertama, terjadi di Cubadak Lilin, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan pada Rabu (22/2), yang mana pada saat itu, tiga ekor kerbau warga mati diduga akibat dimangsa harimau. Sementara kejadian kedua di Sungai Buluh, Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur pada Rabu (1/3), satu ekor kerbau warga juga ditemukan mati terkoyak.
 

Menurutnya, dari hasil survei yang dilakukan tim BKSDA dilapangan, selain binatang buas, pada kawasan cagar alam terdapat banyak hewan yang berbahaya, dan dilingungi seperti, tenggiling, burung enggang, burung kuau, elang, kucing emas, kucing hutan, siamang,
harimau dahan, landak, rusa, kijang dan kancil. (h/yat).

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM