Didugat, KPU Payakumbuh Tunggu Surat Resmi


Minggu,05 Maret 2017 - 11:59:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Didugat, KPU Payakumbuh Tunggu Surat Resmi

PAYAKUMBUH, HALUAN – Menanggapi permohonan gugatan pelaksanaan dan hasil rekapitulasi suara suara Pilkada Kota Payakumbuh yang diajukan oleh tim sukses Paslon no urut 3, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri (W-Fi) ke Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (28/2), KPU Kota Payakumbuh masih pasif dan menunggu surat resmi dari MK. Saat ini, KPU hanya mempersiapkan materi jika kinerja dan hasil rekapitulasi yang telah disyahkan, Jumat (23/2) akan disidangkan di MK. Namun untuk action-nya, KPU masih menunggu hasil verifikasi pemohon yang keluar tanggal 16 Maret 2017 mendatang.

Ketua KPU Kota Payakumbuh, M. Khadafi mengaku sampai saat ini pihaknya tahu adanya permohonan gugatan oleh timses W-Fi ke MK hanya dari media. Pemberitahuan melalui surat resmi belum ada dari MK.

“Belum ada masuk secara resmi. Suratnya datang setelah tanggal 16 Maret besok setelah MK selesai melakukan verifikasi permohonan dari gugatan. Sekarang kami hanya tau dari media saja bahwa ada gugatan dari kubu Paslon no 3,” kata M. Khadafi kepada Haluan, Sabtu (4/3).

Mengenai perkara gugatan adalah pelaksanaan dan hasil rekapitulasi yang telah ditetapkan oleh KPU kemarin, Khadafi menilai apa yang telah dilaksanakan oleh KPU telah sesuai dengan aturan dan Undang-Undang Konstitusi. Pengajuan gugatan ke MK oleh W-Fi dinilai sebuah kesadaran berdemokrasi dan hak paslon yang merasa ada yang salah dalam berpilkada.

“Pengajuan ke MK itu berarti demokrasi di Payakumbuh ini sangat bagus dan itu hak bagi paslon dalam Pilkada. Jika ada yang salah itu yang harus dikoreksi. Namun setau saya, KPU sudah berjalan sesuai dengan koridor Undang-Undang Konstitusi dan taat aturan,” kata Khadafi.

Saat ini, KPU hanya mempersiapkan materi sesuai yang diperkarakan oleh pihak W-Fi sebagai pemohon kepada MK. Sedangkan untuk memakai pengacara akan dilakukan jika dalam verifikasi MK, permohonan W-Fi dikabulkan untuk masuk ke persidangan.

“Saat ini kami hanya mempersiapkan bahan yang akan disidangkan nanti jika MK mengabulkan permohonan dari timses W-Fi. Namun, tetap menunggu hasil verifikasi dari MK. Nanti tanggal 13 Maret 2017, MK akan menyurati pemohon bagaimana hasilnya dan di tanggal 16 Maret 2017, MK akan mengeluarkan hasil resminya,” tutur Khadafi.

Ia juga mengatakan penetapan pemenang dalam pilkada Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh periode 2017-2022 akan ditetapkan antara tanggal 8-10 Maret 2017. Namun, karena adanya gugatan yang masuk ke MK, penetapan tersebut diundur KPU sampai ada keputusan resmi dari MK. (h/ang

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM