Ini Dia Foto Detik-detik Pria Terseret Banjir di Sijunjung


Sabtu,04 Maret 2017 - 10:30:38 WIB
Ini Dia Foto Detik-detik Pria Terseret Banjir di Sijunjung Warga yang hampir hanyut dan bertahan di salah satu pohon saat terjadi banjir di Kenagarian Kamang Kecamatan kamang Baru, Kabupaten Sijunjung Jumat (3/3).OGY

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-- Banjir menggenangi ratusan rumah yang tersebar di delapan jorong yang ada di Kenagarian Kamang Kecamatan kamang Baru, Jumat (3/3).

 

Selain menggenangi pemukiman warga, bencana tersebut juga merendam seratusan hektar lahan pertanian, termasuk kebun sawit milik warga setempat serta membuat arus lalu lintas Sumbar-Pekanbaru macet. Curah hujan yang tinggi dan meluapnya tiga Sungai yang melintasi Kenagarian Kamang menjadi penyebab terjadinya banjir.

 

Tak hanya itu, banjir hampir saja memakan korban, yakni seorang warga yang terseret oleh derasnya air. Beruntung, nyawa pria yang beberapa menit bertahan di salah satu pohon untuk berpegangan itu dapat tertolong setelah seorang warga lainnya.

 

Kejadian menegangkan lainnya yakni, salah seorang warga berusaha melewati jalan yang dilintasi oleh derasnya arus banjir. Namun, sampai di tengah arus, motor yang ia bawa terseret beberapa meter. Lagi-lagi warga sigap membantu pengendara itu.

 

 

Seperti tidak ingin kejadian tersebut terulang kembali, warga sepekat mengangkat motor yang ingin melintasi banjir. Terlihat, motor yang diangkat oleh empat orang dengan menggunakan dua potongan kayu.

 

 

Banjir di kawasan tersebut mulai terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, luapan tiga sungai yang mengalir melalui kenagarian Kamang Kecamatan Kamang Baru, yaitu Sungai Batang Kering, Sungai Batang Lalo dan Sungai batang Moran yang melintasi desa tersebut.

 

Dari data sementara yang diperoleh pihak BPBD Sijunjung sekitar 468 rumah warga sempat terendam banjir dengan ketinggian air hingga 40 dan 60 sentimeter, namun ada juga yang terendam banjir dengan ketinggian air hingga mencapai satu meter lebih di Jorong Simpang Kamang dan Jorong Kamang. Tidak ada korban jiwa dalam bencana yang sebagian wilayahnya kini mulai surut tersebut.

 

"Kondisi air saat ini sudah mulai surut dibeberapa lokasi banjir di Kenagarian Kamang Kecamatan Kamang Baru, bahkan beberapa warga mulai membersihkan rumahnya dari sisa banjir," ujar Kepala BPBD Sijunjung Hardiwan SP saat berada dilokasi bencana.

 

Selain rumah, puluhan hektar lahan pertanian dan perkebunan milik warga yang rata-rata ditanami sawit dan padi ikut terendam.

 

Sementara itu personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sijunjung beserta Dinas Sosial dibantu Tagana, Polri dan TNI serta Pemuda Pancasila saat ini masih terus melakukan pemantauan lokasi dan mendirikan dapur umum.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM