300 Persil Sertifikat Tanah Gratis Untuk UKM Solok Selatan


Kamis,02 Maret 2017 - 11:15:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLOK SELATAN, HALUAN-- Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Solok Selatan (Solsel) dibantu 300 persil sertifikat tanah gratis. Secara bertahap alokasi diberikan mulai 2017 sampai 2019 dimana tiap tahun berjumlah 100 sertifikat tanah. Bantuan sertifikat tanah bagi pelaku UKM tersebut merupakan usulan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Solsel kepada Pemprov Sumatra Barat (Sumbar) yang bekerjasama dengan Badang Pertanahan Negara (BPN).


Di Solsel, pada 2010,2014, 2016 pelaku UKM mendapatkan masing-masing 100 persil sertifikat tanah pada tahun ini. "Kita patut bersyukur karena tidak semua  kabupaten/kota mendapatkan alokasi ini. Bahkan, mulai 2017 hingga 2019 pelaku UKM di Solsel tiap tahun akan mendapatkan kouta 100 persil,"kata Kasi Pemberdayaan UKM Solsel, Tri Susanti pada Haluan, Kamis (23/2).


Menurut Tri, di Solsel ada sekitar 3.300 UKM yang terdiri dari usaha kerajinan dan kuliner."Langkah ini sebagai salah satu upaya permodalan dan memudahkan pelaku usaha dalam mengembangkan usaha mereka,"lanjutnya.


Apabila pelaku usaha yang berkeinginan membuatkan sertifikat itu katanya, pihaknya bekerjasama dengan pihak nagari untuk mendata disamping dengan melaporkan ke Diskoperindag Solsel."Kami minta nagari mengusulkan nantinya, untuk syaratnya sama dengan pengurusan sertifikat prona dan betul-betul memiliki usaha. Secara bertahap kita usulkan,"tandasnya.


Selain itu, upaya mengembangkan pelaku UKM dalam promosi produk, pihaknya juga senantiasa mengikuti pameran ditingkat Kecamatan hingga nasional. Untuk sektor makanan (kuliner) juga diberikan bantuan berupa label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan bekerjasama dengan mitra (grosir)."Sekitar dua puluh UKM sektor kuliner telah memiliki label halal. Seperti, usaha kerupuk kulit, kopi dan makanan ringan lainnya yang khas Solsel,"ungkapnya.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,20 Desember 2016 - 00:03:15 WIB

    300 Ribu Ekor Ikan Ditebar di Empat Kecamatan

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 300 ribu ekor bibit ikan kembali dilepas di kawasan perairan umum yang ada di empat kecamatan di Kota Sawahlunto melalui program restocking..
  • Jumat,16 September 2016 - 02:40:47 WIB

    300 Hektare Sawah Tadah Hujan Terancam Kekeringan

    300 Hektare Sawah Tadah Hujan Terancam Kekeringan SOLOK, HALUAN — Petani yang memiliki lahan sawah tadah hujan di Kota Solok terpaksa gigit jari lantaran sampai bulan September ini, hujan belum juga bisa turun ke sawah mereka. Dalam satu minggu, Kota Solok hanya dicurahi h.
  • Selasa,05 Januari 2016 - 03:16:48 WIB

    300 Ribu Bibit Ikan Gratis Disebar ke Masyarakat

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 300 ribu benih ikan, ditargetkan akan ditebar secara gratis kepada masyarakat Sawahlunto, termasuk beberapa kawasan perairan umum yang ada di seluruh kecamatan..
  • Senin,28 Desember 2015 - 02:48:46 WIB
    Tingkatkan Kebersihan

    Tong Sampah Disebar di 300 Titik

    PADANG PANJANG, HALUAN — Masalah kebersihan lingkungan, sangat menjadi perhatian Walikota Padang Panjang H.Hendri Arnis, BSBA. Karena itu pula Hendri sering turun ke pasar dan lorong lorong pemu­kiman masyarakat melihat ke.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM