Banyak Koperasi “Sakit” di Limapuluh Kota


Kamis,02 Maret 2017 - 09:02:06 WIB

SARILAMAK, HALUAN – Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Limapuluh Kota akhirnya turun gunung mengurus koperasi-koperasi yang sakit agar sehat atau aktif lagi. Dari 201 koperasi di kabupaten itu, hanya 137 unit yang aktif.

“Koperasi yang aktif hanya 137 unit, selebihnya tidak aktif. Pada awal tahun ini kami giatkan seluruh SDM agar yang sakit dan bubar ini kembali beroperasi,” ujar Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Limapuluh Kota, Elfi Rahmi di kantornya, Selasa (28/2).

Koperasi sakit itu, kata Elfi, tidak akan langsung ditutup, tetapi diupayakan untuk dibangkitkan kembali dengan beberapa program, mulai pembinaan manajerial hingga pendampingan, sampai koperasi itu benar-benar sehat dan mandiri.

“Mayoritas sejumlah koperasi yang sakit tersebut karena koperasi bersangkutan ‘nakal’. Mereka hanya ingin mendapatkan kucuran modal, baik dari pemerintah maupun pemilik modal, tetapi tidak memenuhi syarat berdirinya sebuah koperasi termasuk juga keanggotaan,” tuturnya.

Selain sakit, kata Elfi, koperasi di kabupaten itu ada yang bubar karena pengurus dan anggotanya tidak menetap di daerah itu sehingga menjadi kendala mengoperasikan koperasi.

“Untuk yang sudah bubar, akan kami aktifkan dengan mencari kader baru untuk mengisi struktur koperasi yang bisa bertanggung jawab mengelola keuangan, usaha, dan lainnya,” ucapnya.

Di antara koperasi yang tidak aktif dan bubar itu, kata Elfi, banyak juga koperasi di Limapuluh Kota yang masih bertahan dan mandiri, bahkan berkembang dengan bagus.

Elfi menyebutkan, saat ini sebagian besar koperasi di kabupaten tersebut bergerak pada sektor simpan pinjam, warung serba ada, pupuk, serta menjual bahan-bahan pertanian.

"Selain memberikan modal, koperasi juga menyediakan kebutuhan harian serta kebutuhan petani, seperti pupuk subsidi dan racun-racun," ujarnya. (h/ang)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM