Banyak Koperasi “Sakit” di Limapuluh Kota


Kamis,02 Maret 2017 - 09:02:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SARILAMAK, HALUAN – Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Limapuluh Kota akhirnya turun gunung mengurus koperasi-koperasi yang sakit agar sehat atau aktif lagi. Dari 201 koperasi di kabupaten itu, hanya 137 unit yang aktif.

“Koperasi yang aktif hanya 137 unit, selebihnya tidak aktif. Pada awal tahun ini kami giatkan seluruh SDM agar yang sakit dan bubar ini kembali beroperasi,” ujar Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Limapuluh Kota, Elfi Rahmi di kantornya, Selasa (28/2).

Koperasi sakit itu, kata Elfi, tidak akan langsung ditutup, tetapi diupayakan untuk dibangkitkan kembali dengan beberapa program, mulai pembinaan manajerial hingga pendampingan, sampai koperasi itu benar-benar sehat dan mandiri.

“Mayoritas sejumlah koperasi yang sakit tersebut karena koperasi bersangkutan ‘nakal’. Mereka hanya ingin mendapatkan kucuran modal, baik dari pemerintah maupun pemilik modal, tetapi tidak memenuhi syarat berdirinya sebuah koperasi termasuk juga keanggotaan,” tuturnya.

Selain sakit, kata Elfi, koperasi di kabupaten itu ada yang bubar karena pengurus dan anggotanya tidak menetap di daerah itu sehingga menjadi kendala mengoperasikan koperasi.

“Untuk yang sudah bubar, akan kami aktifkan dengan mencari kader baru untuk mengisi struktur koperasi yang bisa bertanggung jawab mengelola keuangan, usaha, dan lainnya,” ucapnya.

Di antara koperasi yang tidak aktif dan bubar itu, kata Elfi, banyak juga koperasi di Limapuluh Kota yang masih bertahan dan mandiri, bahkan berkembang dengan bagus.

Elfi menyebutkan, saat ini sebagian besar koperasi di kabupaten tersebut bergerak pada sektor simpan pinjam, warung serba ada, pupuk, serta menjual bahan-bahan pertanian.

"Selain memberikan modal, koperasi juga menyediakan kebutuhan harian serta kebutuhan petani, seperti pupuk subsidi dan racun-racun," ujarnya. (h/ang)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,12 September 2017 - 01:45:54 WIB
    HASIL KUNJUNGAN KE SEKOLAH

    BNN Temukan Banyak Siswa Ngelem

    BNN Temukan Banyak Siswa Ngelem SAWAHLUNTO, HALUAN - Maraknya penyalahgunaan lem di kalangan remaja di Sawahlunto menjadi salah satu perhatian khusus dari Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto..
  • Rabu,16 Agustus 2017 - 11:55:48 WIB

    Pemkab Mentawai Mengeluh Karena Banyak PNS Minta Pindah

    Pemkab Mentawai Mengeluh Karena Banyak PNS Minta Pindah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar I Hermanto mengakhiri rangkaian kunjungan kerja masa reses dapil di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Di daerah ini, bersama Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake, .
  • Minggu,02 Juli 2017 - 10:06:28 WIB

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah

    Sebanyak 36 Tim Berpacu Biduk Berebut Hadiah Jutaan Rupiah DHARMASRAYA, HALUAN – Dharmasraya,khususnya Jorong Sungai Kilangan Nagari Sungai Mandeh, Kecamatan Pulau Punjung punya alek tradisional menyambut Idul Fitri kali ini. Anak nagari setempat, menggelar lomba pacu biduak (sampa.
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:54:31 WIB

    Sekolah Banyak Titik Rawan Pungli

    PAYAKUMBUH, HALUAN- Pemberantasan pungutan liar semakin gencar dilaksanakan pasca dilantiknya tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Januari silam oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Salah satu upaya dari Tim Saber Pu.
  • Kamis,23 Februari 2017 - 09:53:43 WIB

    Banyak Perusahaan di Pasbar Belum Salurkan Dana CSR

    PASBAR, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menilai perusahaan perkebunan di daerah masih banyak yang belum maksimal menyalurkan dana pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Sosial Responsibility/CSR).

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM