Yudas-Kortanius Unggul di Mentawai


Selasa,28 Februari 2017 - 10:54:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Yudas-Kortanius Unggul di Mentawai Yudas saat berinteraksi dengan masyarakat

Mentawai, Haluan–Usai sudah  pesta demokrasi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Mentawai Tahun 2017. Kendati  ada lima laporan yang diterima pihak Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten, namun setelah dilakukan klarifikasi, laporan  itu  bukanlah pelanggaran.

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslih Kabupaten Mentawai Lazuardi kepada wartawan baru-baru ini. Ia mengatakan pihaknya melakukan klarifikasi bersama dengan Tim Sentra Gakkumdu.

Berdasarkan pers rilis Panwaslih, terkait lima laporan tersebut diantaranya yang pertama dengan Nomor laporan 02/LP/PILBUP/II/2017 adanya dugaan pelanggaran pidana pemilihan dengan sengaja menghilangkan hak pilih orang lain yang dilakukan oleh Ketua KPPS TPS 2 Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan dengan langgaran pasal 178 Nomor 1 Tahun 2015.

Berdasarkan hasil klarifikasi tidak ditemukan adanya unsur kesengajaan yang dilakukan pihak terlapor Metri Syaifumi Warman.

Ia menyimpulkan bahwa dari DPT sebanyak 586 orang, 387 lembar formulir C6-KWK telah dibagikan, sedangkan 199 lembar lagi tidak dibagikan dengan alasan penerima C6-KWK telah meninggal dunia 6 orang, pindah alamat 26 orang dan tidak ditemukan waktu pendistribusian formulir C6-KWK 167 lembar.

Laporan kedua dengan Nomor 03/LP/PILBUP/II/2017 yang dilaporkan Paber Sapatadekat kepada Panwaslih Kabupaten Mentawai dengan laporan adanya dugaan tindak pidana pemilihan yang dilakukan pihak terlapor Sarman P Simanungkalik di Dusun Bukkumonga, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, tentang dugaan praktik money politik.

Berdasarkan Klarifikasi pihak pelapor, saksi dan terlapor tidak ditemukan adanya unsur kesengajaan tindak pidana pemilihan terhadap laporan yang dimaksud, sehingga hal tersebut dinyatakan bukanlah sebuah pelanggaran.

Laporan ketiga dengan Nomor 04/LP/PILBUP/II /2017 yang dilaporkan Simon Pei Pei Sapojai ke pihak Panwaslih secara lisan terkait dugaan pelanggaran adanya pemilih dibawa umur, namun ketika diklarifisi pihak pelapor tidak bisa memberikan bukti konkret, hanya menyampaikan secara lisan dugaan adanya pemilih yang menggunakan C6 orang lain, sehingga laporan tersebut tidak bisa dilanjutkan.

Laporan keempat dengan Nomor laporan 05/LP /PILBUP /II /2017, masih yang dilaporkan Simon Pei Pei Sapojai ke pihak Panwaslih terkait adanya dugaan pelanggaran pidana pemilihan, dimana ia melaporkan adanya pemilih yang melakukan pemilihan lebih dari satu kali atau pemilihan berulang, di TPS 1 Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, namun setelah dilakukan klarifikasi dan dimintai pelapor untuk memberikan bukti dalam bentuk Video Rekaman (Visual) pelapor tidak bisa memberikan bukti konkret tersebut, sehingga laporan tersebut tidak bisa dilanjutkan.

Lazuardi mengatakan dari beberapa laporan yang diterima pihak Panwaslih tidak ada satupun laporan yang bisa ditindaklanjuti, karena setelah diklarifikasi ternyata laporan tersebut bukanlah merupakan sebuah pelanggaran.

Untuk diketahui pada Pilkada Mentawai Tahun 2017 ada dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mentawai yakni Nomor urut 1 Yudas Sabaggalet-Kortanius Sabeleake dan paslon nomor 2 Rijel Samaloisa-Binsar Saleleubaja. Berdasarkan rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat Kabupaten, pasangan  No urut  1  unggul dengan perolehan suara 22.805, sedangkan pasangan No 2 suara 18.782. (h/mg-red/dn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,16 Februari 2017 - 08:57:27 WIB
    Pilkada Mentawai

    Yudas-Kortanius Unggul Sementara

    Yudas-Kortanius Unggul Sementara PADANG, HALUAN – Pemungutan suara pilkada Mentawai, Rabu (15/2), berlangusng aman dan lancar. Hasil sementara, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleake unggul sementara. Dari suara ya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM