Senin Ini, Tanah Makam Tan Malaka Disambut Meriah


Senin,27 Februari 2017 - 09:36:59 WIB

LIMAPULUH KOTA—Penghormatan dan menyambut tim delegasi pemulangan jasad pahlawan revolusi asal Limapuluh Kota, Ibrahim Datuk Tan Malaka, akan berlangsung hari ini, Senin (26/2) di batas Kabupaten Limapuluh Kota – Lintau. Rombongan tersebut akan disambut di Alang Laweh, Kecamatan Lareh Sago Halaban, sekaligus prosesi untuk menuju ke Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh.

Rencananya, akan dilakukan iring-iringan kendaraan rombongan menuju Koto Tinggi. “Artinya kita melakukan pawai partisipatif dari batas Limapuluh Kota, diantar ke Pandam Gadang, tanah kelahirannya dan makam terakhir Tan Malaka, Senin (27/2) dari Alang Laweh,” ujar Pimpinan rombongan Wabup Ferizal Ridwan, melalui pesan singkat, Minggu sore.

Dikatakannya, di Alang Laweh bakal diatur iring iringan rombongan dalam menuju Pandam Gadang. Rencananya, rombongan yang berjumlah sekitar 150 orang itu akan berhenti sejenak, untuk menyusun barisan pawai antisipatif. “Dari Alang Laweh pawai akan diberangkatkan langsung ke Pandam Gadang,” sebut Ferizal Ridwan.

Seperti diketahui, tim delegasi penjemput jasad Tan Malaka dipimpin langsung Wakil Bupati Ferizal Ridwan, yang berangkat dari Tanjung Pati, Kamis (23/2) sekitar pukul 10.00 WIB. Tim yang terdiri dari para tokoh Sumatera Barat dan masyarakat Limapuluh Kota berangkat menggunakan 8 unit kendaraan, yang terdiri dari 3 unit bus dan 5 mobil pribadi. Armada rombongan dibubuhi stiker dan spanduk.

Tim delegasi penjemputan Jasad Tan Malaka resmi menempuh jalur darat dan menyinggahi beberapa daerah di Pulau Sumatera dan Jawa. Mereka yang ikut dalam rombongan itu terdiri dari para tokoh ulama, tokoh adat, tokoh sejarah, unsur pemuda, LSM hingga wartawan. Sebagian bahkan terdiri dari ibu-ibu berusia di atas 50 tahun. Tak ketinggalan sejumlah pejabat di kementrian serta beberapa Anggota DPR RI, di antaranya Khatibul Umam Wiranu (politisi Demokrat-Direktur Eksekutif TMI Pusat), Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI. 

Rombongan yang menempuh jalur darat menuju Kediri, sampai di Lampung disambut meriah. Prosesi penyambutan tim delegasi berlangsung sakral dalam balutan seremoni adat. Penyambutan juga diikuti kerapatan Raja-Raja Lampung serta  Gusti Pangeran Raja Adipati (KGPRA) Arya Djipang II Barik Barlian, atau Raja Djipang II dari Cepu, Kabupaten Blora. Sejumlah pemangku adat Kelarasan Bungo Satangkai, yang ikut dalam rombongan bersama para bundo kanduang, memakai pakaian adat Minangkabau. Disamping pemberian ucapan doa bagi keselamatan dan pembekalan bagi rombongan tim delegasi, pemerintah kabupaten Lampung Tengah juga sempat menganugerahi gelar adat, kepada Wabup Ferizal Ridwan dan sejumlah penghulu.

Gelar kerabat kerajaan dari para Raja Lampung itu bernama Sutan Purnama Agung. Pemberian gelar ditandai penyematan lencana kerajaan oleh Bupati Lampung Tengah, Ir Mustafa. Adapun sebagai balasan, pemangku adat Kelarasan Bungo Satangkai juga menganugerahi gelar Sutan Rajo Mudo kepada Bupati Ir Mustafa, sebagai bentuk jalinan kekerabatan adat antara Lampung Tengah dan Limapuluh Kota. "Alhamdulillah, banyak berkah di sepanjang perjalanan kami," tutur salah seorang anggota rombongan, Mai Nanda.

Pada bagian lain dikatakannya, berdasarkan hasil penelitian para ahli sejarah, diantaranya sejarawan asal Belanda, Harry Poeze, makam Tan Malaka berada di Desa Selopanggung, Kabupaten Kediri. Sehingga, karena keraguan, pada 2007 pihak keluarga dan kaum berkeinginan melakukan tes DNA atas jasad di makam dimaksud, guna memastikan kebenaran atas jasad sang datuk. "Tidak hanya dari hasil tes DNA, yang mana dari 14 item bagian jasad yang diuji, 9 item dipastikan positif Tan Malaka. Uji lainnya juga sudah dilakukan secara metafisika dan menyatakan jika makam di lereng Gunung Wilis itu benar Tan Malaka. Jadi, tidak ada keraguan lagi, bagi pihak keluarga serta ahli waris,” ulas Ferizal Ridwan. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM