DPMTSP Sijunjung Terapkan Sistem Online


Senin,27 Februari 2017 - 09:27:41 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN - Guna meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan ke masyarakat, Pemkab Sijunjung melalui Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) akan menerapkan sistem aplikasi online yang rencananya akan di launching awal bulan Maret 2017.

Aplikasi yang memuat sejumlah fitur yang memberikan akses kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Sijunjung dalam mengajukan berbagai perijinan ini direncanakan pada tahun 2017 ini bisa digunakan hingga ditingkat kecamatan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu, Benny Dwifa menanggapai banyaknya keluhan masyarakat terkait kepengurusan izin.

“Masyarakat cukup menggunakan aplikasi online tersebut atau mendatangi warung internet mauun di smartphone untuk mengurus penerbitan izin,” terang Benny kepada wartawan, Minggu (26/2).

Menurutnya, melalui pelayanan kepengurusan perizinan dengan sistem online tersebut bisa memberikan pelayanan perijinan dan non perijinan yang lebih mudah kepada masyarakat, sehingga tidak harus menempuh jarak dan waktu ke ibukota Kabupaten untuk mengurusnya. “ Dengan sistem online ini, kita berharap masyarakat dapat mengurus perijinan usahanya di kecamatan sesuai dengan domisili pemohon dan masyarakat dapat terlayani kebutuhan perijinan dan non perizinannya secara efektif dan efisien,” jelasnya.

Melalui pelayanan dengan berbasis online ini, masyarakat diberikan pelayanan yang lebih simpel dan cepat dengan sistem pelayanan terpadu satu pintu secara online, dimana proses pengurusan izin akan lebih cepat. Pengurusan izin yang seharusnya selesai satu hari, dapat diselesaikan tidak sampai satu hari.

"Semua tergantung jenis izinnya. Ada pengurusan izin yang bisa selesai satu hari dan tidak. Dengan sistem ini, misalnya pengurusan izin yang biasanya selesai satu minggu bisa dipercepat menjadi satu hari selesai," kata kepala dinas yang baru dua bulan dilantik sebagai Kepala Dinas PMTSP Sijunjung tersebut.

Selain menerapkan perizinan online, DPMTSP juga akan melakukan pengendalian, pegawasan, pemantauan dan bimbingan/pembinaan secara kontiniu dalam rangka meningkatkan iklim investasi yang kondusif, mempersiapkan Rencana Umum Penanaman Modal Jangka Panjang, adanya jaminan bebas pungli, melakukan promosi dan kerjasama dengan pemerintah pusat, provinsi dan dunia usaha secara tepat, efektif dan berkesinambungan. Selain itu juga untuk membuat peta dan potensi investasi secara komperhensif  sebagai arahan bagi investor untuk menanamankan modalnya di Kabupaten Sijunjung, serta menyusun rencana pemberian insentif bagi investor.

 

“Jika ada oknum petugas yang melakukan pungli mengenai perizinan, silahkan laporkan langsung ke tim cyber pungli, juga bagi pelaku usaha termasuk masyarakat yang merasa dirugikan dalam kepengurusan izin. Sekarang tidak ada main-main lagi dan fokus dalam pelayanan terhadap masyarakat,” tegas Benny. (h/ogi)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM