Dijadikan Pajangan, Mortir Aktif Ini Hebohkan Warga Payakumbuh


Senin,27 Februari 2017 - 08:42:39 WIB
Dijadikan Pajangan, Mortir Aktif Ini Hebohkan Warga Payakumbuh KAPOLSEK KOTA PAYAKUMBUH, KOMPOL RUSSIRWAN MEMPERLIHATKAN MORTIR YANG DIAMANKAN SALAH SATU RUMAH WARGA DI KELURAHAN TANJUNG PAUH, KECAMATAN PAYAKUMBUH BARAT.

PAYAKUMBUH, HALUAN – Masyarakat Kelurahan Tanjung Pauh, Kota Payakumbuh dihebohkan dengan perangai Syaiful Fajar (24), yang menyimpan mortir aktif di dalam rumah. Mortir peninggalan perang Kemerdekaan RI ini telah tiga tahun disimpan sebagai koleksi.

Keberadaan mortir di rumah Syaiful diketahui setelah temannya, Ns (25) berkunjung. Saat masuk ke dapur, Mortil itu tergeletak saja di dekat tumpukan kayu bakar. Ns yang awalnya tidak menyadari itu mortir, mendekat dan mengambil kayu. Sontak Syaiful langsung membentaknya dan menyuruh hati-hati dekat benda tersebut.

Sadar sedang berada di dekat benda berbahaya, Ns langsung beranjak dari dapur dan meminta Syaiful untuk memberitahu polisi. Ide tersebut ditolak Syaiful karena takut akan berurusan dengan pihak berwajib. Namun setelah diyakinkan Ns tidak ada pasal yang menjerat orang yang menemukan senjata masa perang, akhirnya Syaiful setuju.

Kapolsek Kota Payakumbuh, Kompol Russirwan mengatakan setelah mendapatkan informasi adanya warga yang menyimpan mortir, pihaknya langsung mengamankan mortir ini dan diserahkan ke Brimob Padang Panjang. “Mortir itu langsung kami amankan agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Soalnya, ukuran mortir ini cukup besar dan bisa membahayakan nyawa orang banyak,” kata Kapolsek Russirwan, Sabtu (25/2).

Dijelaskan Kapolsek, dari pengakuan Syaiful mortir ini didapatkannya tiga tahun silam saat memancing di Batang Agam. Karena ingin mengkoleksinya, penemuan mortir ini tidak dilaporkan ke pihak berwajib dan membawanya ke rumah. Selama tiga tahun itu juga, keluarganya telah berulang kali meminta agar mortir ini dilaporkan, namun karena takut berurusan dengan hukum, saran tersebut diabaikan oleh Syaiful.  “Mortir itu ditemukan di Batang Agam saat Syaiful sedang mencari batu, tiga tahun yang lalu,” kata Kapolsek.

Setelah Mortir ini diamankan, petugas Brimob Padang Panjang langsung menjemputnya, Sabtu Pagi (25/2). Sedangkan Syaiful diberi peringatan keras agar tidak mengulangi perbuatannya dikemudian hari. (h/ang)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM