Tujuh Kelurahan jadi Sasaran Pengembangan Kampung KB di Padang Panjang


Sabtu,25 Februari 2017 - 11:31:58 WIB
Tujuh Kelurahan jadi Sasaran Pengembangan Kampung KB di Padang Panjang Peserta Diklat Pengelola Kampung KB se-Sumbar melakukan orientasi lapangan ke kampung KB Kubu Gadang. Di kampung ini, mereka mengumpulkan informasi bagaimana merintis dan mengelola kampung KB untuk mereka terapkan di daerah masing-masing.IST

PADANGPANJANG, HA­LUAN – Setelah sukses dengan capaian di Kampung KB di Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Pa­dang Panjang, Pemerintah Kota Padang Panjang berencana mengembangkan program serupa di tujuh kelurahan lain di Padang Panjang.

Menurut Koor­dinator PKB/PLKB Padang Panjang Timur yang juga sekretaris Kampung KB Kubu Gadang, Maryulis Max, hal ini dilakukan agar keberhasilan di Kubu Gadang yang mampu men­sinergikan potensi so­sial budaya masyarakat dengan prog­ram-program pe­me­rin­tah bisa terlaksana juga di tujuh kelurahan lainnya yang jadi target pengembangan.

“Khusus Pa­dang Panjang Ti­mur, kam­­pung KB akan dibentuk lagi di Kelurahan Guguk Malintang, Koto Pan­jang dan Koto Katik tahun ini juga. Kita ingin “me­nular­kan” kesuksesan Kubu Ga­dang ke daerah lain. Sehing­ga program KKBPK (Kepen­dudukan, Keluarga Beren­cana dan Pembangunan Ke­lu­arga-red) melalui kam­pung KB bisa mencapai target,” ucapnya.

Sebelumnya, capaian di kam­pung KB di Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Pa­dang Panjang mendapat a­cung­an jempol dari rom­bo­ngan Perwakilan BKKBN Sum­bar. Belum genap seta­hun sejak dicanangkan oleh Walikota Hendri Arnis, Kubu Gadang sudah melejit pesat sebagai kampung KB yang dipatut dicontoh di tingkat Sumbar.

“Dicanangkan pada Mei 2016 lalu menjadi kampung KB pertama di Padang Pan­jang, Kubu Gadang ternyata bisa dengan baik mengelola po­tensi dan sumberdaya yang ada di daerah ini. Ma­kanya, pada hari ini kami mem­bawa 29 peserta Diklat Pe­ngelola Kampung KB se-Sumbar untuk belajar dan mencontoh bagaimana pe­ne­rapan dan menjalankan kampung KB di daerahnya masing-masing nantinya,” kata Kabid Latbang BKKBN Sumbar, Gusrizal (Kamis, 23/2) di acara orientasi lapangan yang turut dihadiri Camat Padang Panjang Ti­mur Sarbaini, Kabid PPKB Padang Panjang Erma Sur­yani dan jajaran, lurah dan LPM Ekor Lubuk beserta tokoh masyarakat setempat.

Pujian Gusrizal itu, ter­bukti dari ekspos yang di­sam­paikan Noviendry, man­tan ketua LPM Ekor Lubuk yang dulu turut merintis berdirinya kampung KB di Kubu Gadang. Diungkapkan Noviendry, sejak ditetapkan sebagai Kampung KB, Kubu Gadang semakin berkem­bang pesat dan dikenal tidak hanya di tingkat lokal, tapi hingga ke mancanegara.

“Itu terjadi karena kami mensinergikan program Kam­­pung KB dan Kampung Wisata di Kubu Gadang ini. Seluruh masyarakat dili­bat­kan di setiap iven yang dila­ku­kan, tidak me­lulu hanya fo­kus kepada sosi­alisasi KB, tapi ba­gai­mana kesejahteraan ma­sya­rakat Kubu Gadang tu­rut terangkat dengan adanya iven-iven yang berkaitan de­ngan kam­pung KB dan kam­pung wi­sata,” ung­kap­nya.

Disebutkan Novi, begitu dia biasa dipanggil, Kubu Gadang sudah berkali-kali dikunjungi turis domestik dan mancanegara untuk me­li­hat keunikan wisata dan kearifan lokal masyarakat.  “Bahkan beberapa minggu lalu, kami sempat dikun­jungi Gubernur Sum­bar Ir­wan Prayitno yang bersepeda motor bersama rombongan Trabas untuk menyerahkan bantuan ke warga,” sebutnya. (h/rel)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM