Masih Ada 3 Harimau Berkeliaran di Palembayan


Sabtu,25 Februari 2017 - 03:03:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Masih  Ada 3 Harimau  Berkeliaran  di Palembayan ilustrasi

AGAM, HALUAN -- Masyarakat kecamatan Palembayan menduga masih ada sekitar tiga ekor harimau sumatra yang berkeliaran di hutan daerah mereka, kadang harimau tersebut memasuki perkampungan mencari mangsa ternak piaraan masyarakat.

Dugaan itu berdasarkan suara, jejak dan seringnya ternak warga diganggu harimau, terutama pada perkampungan sekitar hutan lebat di hiliran Batang Sianok, seperti kampung Koto Tinggi, Duku, Paraman dan Marambuang.

Menurut wali nagari Ampek Koto Palembayan,Naswendi, beberapa waktu lalu kambing dan ayam warga di jorong Koto Tinggi ditangkap harimau, dan hingga kini suara harimau sesekali masih terdengar dari hutan sekitar.

Sementara itu Wali nagari Baringin Y Dt Nan Kodoh mengatakan, Rabu(22/2) tiga ekor kerbau milik warga Marambuang nagari Baringin Yeli Gusniar dan Petriana diterkam harimau, dua mati satu masih hidup, pada lokasi kejadian ditemukan jejak "nyiak balang", begitupun cakaran pada tubuh kerbau memang seperti cakaran harimau.

Pada hari bersamaan, seorang warga asal jorong Tantaman nagari III Koto Silungkang bernama Nando dicakar "baribeh" pada bagian kakinya juga di Marambuang, baribeh itu masuk kampung diduga karena ketakutan dengan harimau.

Harimau yang mengganas itu berdasarkan jejaknya berasal dari rimba Saribulan perbatasan dengan Cubadak Lilin Matur dan kejadiannya telah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam. "Kepada masyarakat juga kita ingatkan agar berhati-hati dan tidak membiarkan hewan ternaknya berkeliaran, terutama di malam hari, cuma disayangkan kerbau masyarakat saat ini banyak yang tidak punya kandang"kata wali nagari(h/ks)

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,03 Mei 2017 - 11:40:38 WIB

    DPRD Sumbar Sayangkan Lamanya Penetapan, Direktur RSAM Bukittinggi Masih PLH

    DPRD Sumbar Sayangkan Lamanya Penetapan, Direktur RSAM Bukittinggi Masih PLH PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar asal Dapil Agam Bukitiinggi, Nofrizon menyayangkan terlalu lamanya penetapan direktur defenitif untuk Rumah Sakit Ahmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi oleh gubernur Sumbar, Irwan Pray.
  • Kamis,02 Maret 2017 - 08:41:40 WIB

    Hanyut di Batang Suliti, Bapak Tiga Anak ini Masih Dicari tim SAR

    Hanyut di Batang Suliti, Bapak Tiga Anak ini Masih Dicari tim SAR SOLOK SELATAN,HALUAN-- Intensitas yang cukup tinggi membuat debit air Sungai Suliti sedikit meningkat. Pada Rabu (1/3) sore seorang pria hanyut dibawa arus Batang Suliti dan hingga Kamis (2/3) pagi pencarian oleh masyarakat d.
  • Kamis,23 Februari 2017 - 10:28:39 WIB

    Posisi Ketua DPRD Sijunjung Masih Kosong

    Posisi Ketua DPRD Sijunjung Masih Kosong SIJUNJUNG, HALUAN — Pasca pemecatan Mukhlis R sebagai Ketua DPRD Sijunjung, hingga kini posisi penggantinya masih dalam status kosong dan belum ada kejelasannya. Pasalnya, Partai Golkar belum mengusulkan nama yang akan mene.
  • Minggu,12 Februari 2017 - 16:11:21 WIB

    Diduga Masih Ada WNA Ilegal, Bupati Pasbar Perintahkan Razia Perusahaan Sawit

    Diduga Masih Ada WNA Ilegal, Bupati Pasbar Perintahkan Razia Perusahaan Sawit PASBAR,HALUAN-- Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Syahiran menginstruksikan jajaran Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) untuk melakukan razia menertibkan pekerja asing Ilegal yang ada di semua perusahaan kelapa .
  • Rabu,25 Januari 2017 - 10:33:33 WIB

    Korban Perahu Terbalik Masih Misteri

    Korban Perahu Terbalik Masih Misteri PASAMAN, HALUAN – BPBD Kabupaten Pasaman dibantu BPBD Agam dan Pasaman Barat masih menyisiri sungai Batang Masang di Nagari Binjai, Kecamatan Tigonagari, untuk mencari keberadaan dua korban perahu tenggelam, Senin (23/1) pa.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM