Jembatan Gantung di Tapus Utara Dinilai Rawan


Jumat,24 Februari 2017 - 09:57:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jembatan Gantung di Tapus Utara Dinilai Rawan Kondisi jembatan gantung Tapus Utara ketika dilintasi Bupati Pasaman Yusuf Lubis beserta rombongan

PASAMAN, HALUAN--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta jembatan gantung penghubung di Tapus Utara, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, segera diperbaiki sebelum menimbulkan korban jiwa. 

Pantauan Haluan, kondisi jembatan itu memang memprihatinkan. Lantai jembatan yang masih terbuat dari kayu, sudah lapuk dan patah sehingga rawan untuk dilalui apalagi dalam jumlah yang banyak. 

"Tolong ini pak Kadis PU, segera diperbaiki. Minimal lantainya diganti jadi yang baru. Jangan seperti ini, rawan," kata Bupati di hadapan warga setempat. 

Dikatakan, jembatan itu dibangun pada era pemerintahannya dulu, tahun 2005. Hingga kini, belum pernah dilakukan perbaikan sama sekali.  "Jembatan ini harus segera diperbaiki. Periode lalu jembatan ini tidak jadi diperbaiki. Begitu kata warga disini," ujarnya. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pasaman, Yasri Uripsyah mengatakan, pihaknya akan segera menerjunkan petugas untuk menghitung besaran dana perbaikan jembatan itu. 

"Sesuai instruksi pak Bupati, jembatan ini segera kita perbaiki. Nanti kita hitung dulu berapa biaya perbaikannya," katanya. 

Sementara tokoh masyarakat setempat, Arfan mengatakan, jembatan itu sengaja tidak diperbaiki, agar orang nomor satu di daerah itu, ketika melintasinya dapat melihat kondisi infrastruktur di kampung itu secara langsung. 

"‎Mohon maaf, jembatan itu sengaja tidak kami perbaiki, meski disini ada acara turnamen olahraga, itu, agar pak Bupati bisa lihat," imbuhnya. 

Sebelumnya, kata Arfan, masyarakat setempat ‎sudah berulang kali mengajukan permohonan ke kabupaten, agar jembatan tersebut segera diperbaiki. Namun, usulan itu, kata dia, tidak pernah digubris. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,02 Mei 2017 - 02:47:11 WIB

    Menpan RB Asman Abnur Letakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Lubuak Tano

    Menpan RB Asman Abnur Letakan Batu Pertama  Pembangunan Jembatan Lubuak Tano PADANG PARIAMAN, HALUAN- Masyarakat Tungka Kampuang Panyalai, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, tumpah ruah menyaksikan secara langsung peletakan batu pertama Jembatan Lubuak Tano, Jum'at (28/4), oleh Menteri Penday.
  • Senin,23 Januari 2017 - 11:11:55 WIB

    Jeritan Warga yang Meniti Jembatan Lapuk di Kecamatan Sutera

    Jeritan Warga yang Meniti Jembatan Lapuk di Kecamatan Sutera PAINAN, HALUAN - Lagi-lagi persoalan jembatan rusak, yang saat ini menjadi masalah serius oleh masyarakat. Keberadaan suatu jembatan sebagai akses penghubung antar daerah, tentu sangat diperlukan oleh masyarakat ketika mengan.
  • Selasa,08 November 2016 - 23:47:53 WIB

    Pembangunan Jembatan Muaro Batang Piaman Dikebut

    Pembangunan Jembatan Muaro Batang Piaman Dikebut PARIAMAN, HALUAN — Pekerjaan pembangunan jem­batan Muaro Batang Piaman terus dikebut, untuk mencapai target penyelesaian pada ming­gu pertama Desember 2016..
  • Selasa,11 Oktober 2016 - 18:50:06 WIB

    Sejak 2007 Warga Linggo Saribaganti Ini Melewati Jembatan Darurat

    Sejak 2007 Warga Linggo Saribaganti Ini Melewati Jembatan Darurat PAINAN, HALUAN - Kondisi jembatan kelompok II B, yang menghubungkan Kampung Muaro Gadang Barat dengan Kampung Muaro Gadang Timur, di Kecamatan Linggo Saribaganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) memprihatinkan. .
  • Sabtu,27 Agustus 2016 - 13:23:53 WIB

    Batu Kalang Bangun Dua Jembatan dan Jalan

    Batu Kalang Bangun Dua Jembatan dan Jalan PARIAMAN, HALUAN-Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Padang Pariaman, Sumbar, termasuk nagari yang luluhlantak didera bencana gempa 2009. Namun semangat gotong royong dan bantuan Dana Desa, membuat nagari ini bangkit..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM