Jembatan Gantung di Tapus Utara Dinilai Rawan


Jumat,24 Februari 2017 - 09:57:33 WIB
Jembatan Gantung di Tapus Utara Dinilai Rawan Kondisi jembatan gantung Tapus Utara ketika dilintasi Bupati Pasaman Yusuf Lubis beserta rombongan

PASAMAN, HALUAN--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta jembatan gantung penghubung di Tapus Utara, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, segera diperbaiki sebelum menimbulkan korban jiwa. 

Pantauan Haluan, kondisi jembatan itu memang memprihatinkan. Lantai jembatan yang masih terbuat dari kayu, sudah lapuk dan patah sehingga rawan untuk dilalui apalagi dalam jumlah yang banyak. 

"Tolong ini pak Kadis PU, segera diperbaiki. Minimal lantainya diganti jadi yang baru. Jangan seperti ini, rawan," kata Bupati di hadapan warga setempat. 

Dikatakan, jembatan itu dibangun pada era pemerintahannya dulu, tahun 2005. Hingga kini, belum pernah dilakukan perbaikan sama sekali.  "Jembatan ini harus segera diperbaiki. Periode lalu jembatan ini tidak jadi diperbaiki. Begitu kata warga disini," ujarnya. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pasaman, Yasri Uripsyah mengatakan, pihaknya akan segera menerjunkan petugas untuk menghitung besaran dana perbaikan jembatan itu. 

"Sesuai instruksi pak Bupati, jembatan ini segera kita perbaiki. Nanti kita hitung dulu berapa biaya perbaikannya," katanya. 

Sementara tokoh masyarakat setempat, Arfan mengatakan, jembatan itu sengaja tidak diperbaiki, agar orang nomor satu di daerah itu, ketika melintasinya dapat melihat kondisi infrastruktur di kampung itu secara langsung. 

"‎Mohon maaf, jembatan itu sengaja tidak kami perbaiki, meski disini ada acara turnamen olahraga, itu, agar pak Bupati bisa lihat," imbuhnya. 

Sebelumnya, kata Arfan, masyarakat setempat ‎sudah berulang kali mengajukan permohonan ke kabupaten, agar jembatan tersebut segera diperbaiki. Namun, usulan itu, kata dia, tidak pernah digubris. (h/yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM