Satgas Saber Pungli Gelar Rapat Kordinasi


Jumat,24 Februari 2017 - 09:33:54 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN - Setelah dilantik dan dikukuhkan pada tanggal 9 Februari lalu, tim Satuan tugas (Satgas) Sapu bersih Pungutan liar ( Saber Pungli) Kota Bukittinggi, mulai melaksanakan rapat kordinasi terkaid rencana program dan kegiatan di tahun 2017.

Rapat kordinasi yang berlangsung di ruangan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol),  dipimpin langsung oleh Ketua Satgas Saber Pungli Kota Bukittinggi yang juga selaku Waka Polres Bukittinggi, Yudhi Prasetyo Sucipto. Rapat dihadiri oleh pengurus inti dan Ketua Pokja.

“Rapat kordinasi perdana yang dilaksanakan ini dalam rangka konsolidasi internal dan menyatukan persepsi, sehubungan dengan telah dikukuhkannya tim Satgas Saber Pungli Kota Bukittinggi,” kata Sekretaris Satgas Saber Pungli Kota Bukittinggi, Joni Feri, Kamis (23/2) diruangannya.

Dikatakannya, adapun yang menjadi pembahasan dalam rapat kordinasi itu diantaranya membahas rencana program kegiatan yang dilaksanakan di tahun ini, membahas rencana pembentukan posko, call centre dan merumuskan referensi serta langkah langkah kerja tim saber pungli.

Begitu juga dengan kegiatan yang mendesak yang harus dilaksanakan seperti melakukan sosialisasi keberadaan, peran, dan fungsi Saber Pungli secara luas kepada masyarakat, serta sosialisasi visual melalui Baliho, spanduk, stiker dan mengumpulkan stakeholder terhadap pelayanan public. Selain itu Satgas Saber Pungli Bukittinggi juga akan menjalin kordinasi dengan media yang ada.

“Sebagai salah satu Satgas baru yang terdiri dari berbagai unsure, maka diperlukan kordinasi sesame tim  dalam rangka menyamakan pemahaman dan persepsi dalam menjalankan tupoksi. Sebab, tim Satgas Saber Pungli Bukittinggi berasal dari berbagai unsure seperti unsur pemerintahan, kepolisian, kejaksaan, dan TNI, yang dibagi kedalam kelompok kerja (pokja), yakni pokja intelijen, pencegahan, penindakan, yustisi, dan sekretariat,” ungkap Joni Feri.

Menurutnya, pembentukan dan pelantikan Satgas Saber Pungli Kota Bukittinggi ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Perpres tersebut ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Melalui Satgas Saber Pungli yang dibentuk ini, maka  Pemko Bukittinggi berkomitmen untuk melakukan pemberantasan praktek pungli dilingkungan pemerintah daerah, sehingga kasus pungli ini tidak menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat. Kita juga berharap tim Satgas Saber Pungli ini bisa mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih,” harapnya. (h/tot)

 

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM