Pembangunan Rumah Gadang Tigo Pucuak Terbengkalai


Kamis,23 Februari 2017 - 10:32:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASAMAN, HALUAN - Rumah Gadang Aua Tigo Pucuak, di Padang Sukaduduak, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, masih terbengkalai sejak setahun silam. 

Bangunan baru sebatas pondasi dan tiang-tiang penyangga. Ketidaktersediaan anggaran menyebabkan pembangunan rumah gadang itu terhenti p‎asca dilarangnya pemerintah daerah mengalokasikan dana bansos dan hibah oleh pusat.  

Padahal, sebelum aturan itu diterbitkan, pemerintah daerah setempat sudah menggelontorkan dana sebesar Rp30 juta untuk pembangunan tahap awal.

Ninik Mamak setempat pun mendesak agar pemerintah daerah melanjutkan kembali pembangunan rumah gadang Aua Tigo Pucuak‎ di Padang Sukadudak, di kanagarian setempat.

Sebelum itu, ‎pemerintah setempat menggelontorkan dana sebesar Rp30 juta dari APBD untuk pembangunan pondasi awal rumah gadang tersebut.

Tokoh masyarakat setempat, Iwan Sarinan mengatakan, bahwa ‎masyarakat setempat berharap pembangunan rumah gadang Aua Tigo Pucuak itu dilanjutkan kembali. 

Berbagai upaya, kata dia, sudah dilakukan termasuk meminta pihak nagari mengalokasikan sejumlah anggaran untuk kelanjutan pembangunan rumah gadang itu.

"Sudah diusulkan, semoga dapat direalisasikan. Rumah gadang ini akan jadi kebanggaan bagi masyarakat disini (Padanggelugur)," ujarnya.

‎Dikatakan, keberadaan rumah gadang akan menjadi simbol bagi masyarakat setempat sebagai wadah pelestarian adat istiadat dan budaya setempat. Selain itu, kata dia, rumah gadang tempat para cucu kemenakan dibimbing.

"Jadi, kita sangat berharap rumah gadang ini dibangun kembali. Tadi, dalam musrembang sudah diusulkan, semoga diakomodir dan dilanjutkan kembali," katanya. 

‎Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Padanggelugur, Abdul Sani mengatakan, pada dasarnya, rumah gadang didirikan untuk menampung kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. 

"Selain karena hal itu, pembangunan rumah gadang juga di pengaruhi oleh adat kebiasaan masyarakat. Jadi, semua itu berhubungan dengan ajaran adat, hukum dan falsafah minangkabau," ujarnya.

Rumah gadang, kata dia, secara umum di gunakan sebagai tempat melakukan kegiatan dan sebagai tempat pertemuan keluarga. Keberadaan rumah gadang tersebut menggambarkan kebersamaan dalam keluarga. 

"Kegiatan yang biasa dilakukan di rumah gadang tersebut seperti musyawarah, rembug keluarga serta pelaksanaan kegiatan adat istiadat lainnya yang menjadi kearifan lokal masyarakat setempat," ujarnya. ‎(h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,17 Juni 2017 - 00:49:02 WIB

    Sinkron Antar Instansi Kurang, Pembangunan Tidak Terarah

    Sinkron Antar Instansi Kurang, Pembangunan Tidak Terarah LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Pembangunan dan penataan ruang di Limapuluh Kota disebut Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan cenderung tidak berkesinambungan, dan tidak terarah. Kondisi itu diakibatkan tidak adanya sinkron.
  • Selasa,02 Mei 2017 - 02:47:11 WIB

    Menpan RB Asman Abnur Letakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Lubuak Tano

    Menpan RB Asman Abnur Letakan Batu Pertama  Pembangunan Jembatan Lubuak Tano PADANG PARIAMAN, HALUAN- Masyarakat Tungka Kampuang Panyalai, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, tumpah ruah menyaksikan secara langsung peletakan batu pertama Jembatan Lubuak Tano, Jum'at (28/4), oleh Menteri Penday.
  • Sabtu,29 April 2017 - 02:21:40 WIB

    Pembangunan RTH Dharmasraya Dimulai

    Pembangunan RTH Dharmasraya Dimulai DHARMASRAYA, HALUAN – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Sektaris Daerah Leli arni, Asisten III Martoni, Asisten I Irsyad, Kepala PU, Junaidi Yunus dan Kepala OPD serta Walinagari Sungai Kambut Asria.
  • Kamis,27 April 2017 - 11:33:07 WIB

    Pembangunan SUTET Dihadang Warga dengan Alat Berat

    Pembangunan SUTET Dihadang Warga dengan Alat Berat LIMAPULUH KOTA, HALUAN – Puluhan masyarakat di Jorong Subarang Parik, nagari Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota terlibat adu mulut dengan pihak PLN Unit Induk II Jaringan Sumatera 3 Bukittinggi AD saa.
  • Jumat,21 April 2017 - 01:27:38 WIB
    SMAN 2 Sungai Limau

    Pembangunan Pustaka Permanen Bakal Terwujud

    PADANG PARIAMAN, HALUAN -- SMAN 2 Sungai Limau di Sungai Sirah, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, berharap pembangunan ruang pustaka baru dapat terwujud. Pasalnya, MoU antara sekolah dengan Dirjen Pembinaan S.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM