PLTU Berbahan Dasar Sekam Diminati Jepang


Kamis,23 Februari 2017 - 10:19:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PLTU Berbahan Dasar Sekam Diminati Jepang ilustrasi

PAINAN, HALUAN – Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mulai dilirik invostor asing. Ini dibuktikan dengan kedatangan warga Jepang ke kabupaten ini, Selasa (21/2) saat akan meninjau lokasi investasi di daerah tersebut.

Hal ini diungkapkan Bupati Hendrajoni, saat melaksanakan kunjungan ke Kecamatan Lunang dan Lengayang. Sesuai rencana sebelumnya, di lokasi ini rencananya akan didirikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan dasar sekam.

"Setelah kunjungan ini, mereka akan kembali lagi ke Pessel untuk kunjungan berikutnya, dalam pelaksanaan loka karya dengan pemilik penggilingan padi," jelas bupati.

Lebih lanjut dikatakan Hendrajoni, dipilihnya Pesisir Selatan sebagai tempat berinvestasi merupakan sebuah keuntungan besar bagi masyarakat setempat. Menurutnya, dari awal perencanaan, ada 52 negara yang menjadi pilihan negara Jepang tersebut. Namun, karena berbagai pertimbangan akhirnya hanya dipilih dua negara saja, termasuk Indonesia. Seterusnya dilakukan penyeleksian dan akhirnya dipilih dua kecamatan yang ada di Pesisir Selatan.

"Jepang begitu serius dalam berinvestasi. Hal tersebut terlihat ketika saya dan tim berkunjung ke negara tersebut. Disana semua biaya mereka tanggung tanpa terkecuali," ungkap Hendrajoni saat itu.

Ia mewakili pemerintah daerah berharap, agar investasi tersebut lancar tanpa ada kendala sedikitpun, dan masyarakat harus memberikan dukungan secara langsung terutama menyangkut pembebasan lahan nantinya.

"Hal ini merupakan kesempatan bagi kita semua. Kita sangat berharap kepada masyarakat jangan dipersulit nantinya, berikan solusi terbaik demi kelancaran pembangunan nantinya," harapnya.

Sementara itu, seorang tokoh masyarakat Lengayang, Ali Umar (58), menyambut baik rencana Jepang untuk berinvestasi di Pessel, terutama dibidang tenaga listrik tersebut.

"Kalau memang ada rencana pemerintah seperti itu, kita tentu sangat mendukung. Tujuannya untuk kepentingan bersama juga. Kita berharap semoga rencana tersebut benar-benar terwujud, jangan ada permainan dibalik itu," tutupnya. (h/mg-kis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM