Banyak Perusahaan di Pasbar Belum Salurkan Dana CSR


Kamis,23 Februari 2017 - 09:53:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASBAR, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menilai perusahaan perkebunan di daerah masih banyak yang belum maksimal menyalurkan dana pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Sosial Responsibility/CSR).

"Kita sangat menyayangkan hingga saat ini banyak perusahaan belum maksimal mengeluarkan CSR. Persoalan CSR sudah jelas pada UU Nomor 23 Tahun 2003. Kita segera panggil perusahaan itu dalam waktu dekat," ujar Bupati Pasbar, Syahiran di kantornya, Rabu (22/2). Ia mengatakan, ada 15 perusahaan perkebunan di kabupaten itu, yang sebagian di atasnya adalah BUMN dan BUMD.

Syahiran mengutarakan, sesuai aturan, masyarakat berhak memperoleh dana CSR dalam bentuk apa pun. Sarana dan prasarana untuk menerima dana CSR juga sudah diatur, seperti bidang lingkungan hidup atau penghijauan, bidang pendidikan untuk membangun sekolah atau memberikan beasiswa kepada siswa kurang mampu.

"Dana CSR dari perusahaan ini sangat kita butuhkan untuk membangun WC yang representatif di puskesmas, bantuan bagi masyarakat yang terkena bencana, bantuan jamban untuk masyarakat miskin, gerbang batas kota, taman kota dan banyak yang lainnya," tuturnya

Selain itu, kata Syahiran, dana CSR juga bisa mendorong peningkatan dan pertumbuhan ekonomi di Pasbar, apalagi hingga saat ini kabupaten itu masih berstatus daerah tertinggal.

"Dana CSR atau dana bantuan sosial masyarakat dari perusahaan ini tentunya akan dapat memacu dan mendorong keterbatasan dana yang ada di APBD kita," ucapnya

Ia menyebutkan, CSR selain menganut prinsip tata kelola perusahaan yang bagus juga mengatur tanggung jawab sosial. Tanggung jawab lingkungan perusahaan bertujuan mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi perseroan itu, komunitas setempat, dan masyarakat umumnya.

"Hal ini untuk mendukung terjalinnya hubungan perseroan yang serasi, seimbang dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma dan budaya masyarakat," katanya.

Selain itu, kata Syahiran, kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan harus dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang dilaksanakan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

"Makanya ke depan kita akan terus perkuat dana CSR ini karena UU serta peraturan daerah sudah ada mengaturnya," ujarnya.

Sementara itu. BUMN dan BUMD sudah menyalurkan CSR dengan anggaran yang cukup maksimal. Namun, bagi Penanaman Modal Asing (PMA), Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) belum terkoneksi dengan maksimal.

"Untuk BUMN sudah cukup banyak yang menyalurkan CSR, seperti PLN, BRI, BUMD seperti Bank Nagari. Kita berharap ke depan bantuan CSR yang merupakan hak masyarakat seharusnya disalurkan oleh perusahaan-perusahaan," kata Syahiran. (h/idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:54:31 WIB

    Sekolah Banyak Titik Rawan Pungli

    PAYAKUMBUH, HALUAN- Pemberantasan pungutan liar semakin gencar dilaksanakan pasca dilantiknya tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Januari silam oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Salah satu upaya dari Tim Saber Pu.
  • Kamis,02 Maret 2017 - 09:02:06 WIB

    Banyak Koperasi “Sakit” di Limapuluh Kota

    SARILAMAK, HALUAN – Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Limapuluh Kota akhirnya turun gunung mengurus koperasi-koperasi yang sakit agar sehat atau aktif lagi. Dari 201 koperasi di kabupaten itu, hanya 137 unit yang aktif..
  • Selasa,31 Januari 2017 - 11:49:14 WIB

    Pauh Duo Miliki Penduduk Miskin Terbanyak

    Pauh Duo Miliki Penduduk Miskin Terbanyak SOLOK SELATAN, HALUAN — Berdasarkan hasil Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) tahun 2015 Badan Pusat Statistik (BPS) Solok Selatan (Solsel), agresi kemiskinan mikro jumlah Rumah Tangga (RT) dengan kondisi kesejahteraan 4.
  • Jumat,23 September 2016 - 02:29:07 WIB

    Lulusan Faperta UMMY Banyak Duduki Jabatan Penting

    Lulusan Faperta UMMY Banyak Duduki Jabatan Penting SOLOK, HALUAN — Lu­lusan Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Mu­hammad Yamin (Faperta UMMY) Solok sudah ba­nyak yang berhasil men­duduki jabatan penting, baik di pemerintahan maupun perusahaan swasta. Keber­hasila.
  • Rabu,06 Juli 2016 - 19:44:20 WIB

    Pemuda Bukit Bais dan Sungai Durian Kabupaten Solok Nyaris Cakak Banyak

    Pemuda Bukit Bais dan Sungai Durian Kabupaten Solok Nyaris Cakak Banyak SOLOK, HALUAN—Ditengarai karena masalah muda-mudi, dua pemuda dari dua nagari bertetangga di Kecamatan Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Sumbar, nyaris memancing ‘cakak banyak’, Selasa (5/7). Perselisihan yang merembet ke .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM