Di Daerah ini, Ada Koperasi yang Punya Aset Hingga Puluhan Miliar Rupiah


Kamis,23 Februari 2017 - 09:49:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Daerah ini, Ada Koperasi yang Punya Aset Hingga Puluhan Miliar Rupiah Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, memberikan piagam kepada petani berprestasi 2016 di KUD Lubuk Karya pada RAT 2016 di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Koto Besar, Rabu (22/2). KUD Lubuk Karya memiliki aset Rp35,254 miliar. IST

DHARMASRAYA, HALUAN—Ketua KUD Lubuk Karya, Jhon Nasri, menyebutkan, aset koperasi tersebut saat ini sebesar Rp35,254 miliar. Aset itu terus tumbuh dari tahun ke tahun.

"Insyaallah pada tahun ini kita juga akan menerima bantuan dari pemerintah pusat untuk program peremajaan kelapa sawit hingga mencapai Rp14 miliar," ujarnya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Lubuk Karya tutup buku tahun 2016 di Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Koto Besar, Rabu (22/2).

Selanjutnya, Jhon Nasri mengutarakan, KUD Lubuk Karya adalah koperasi yang aktif membayar pajak. Selama 2016 koperasi itu menyetorkan pajak PPN 10 persen dari hasil penjualan TBS ke negara sebesar Rp5,052 miliar.

KUD Lubuk Karya, kata Jhon Nasri, merupakan koperasi beprestasi pada tingkat kabupaten itu, provinsi, bahkan nasional. Koperasi tersebut menjadi koperasi terbaik se-Indonesia kategori produsen pada 2012.

"Pada tahun ini kita telah mengikuti iven penilaian tingkat nasional. Kita juga berharap akan kembali menjadi yang terbaik di tingkat nasional dan akan menerima penghargaan dari Presiden Jokowi di Makassar pada Juni nanti," tutur Jhon Nasri sambil menyebutkan bahwa KUD itu tak pernah terlambat melaksanakan RAT.

Ia menambahkan, laporan keuangan KUD Lubuk Karya  diaudit oleh badan audit setiap tahun.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengapresiasi KUD Lubuk Karya yang menjadi KUD terbaik. Menurutnya, prestasi-prestasi yang diraih KUD Lubuk karya ialah prestasi yang luar biasa.

“Kita berharap pada tahun ini KUD Lubuk Karya kembali menjadi yang terbaik se-Indonesia," ujar Sutan Riska saat memberikan kata sambutan pada RAT tersebut.

Ia bertekad menjadikan KUD Lubuk Karya sebagai koperasi percontohan di Dharmasraya. Ia berharap koperasi-koperasi di kabupaten itu belajar dan mencontoh KUD Lubuk Karya cara mengurus koperasi yang baik. (h/rel/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,18 Agustus 2017 - 17:51:36 WIB

    Ada Kampung Kuliner di Kota Pariaman

    PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman meresmikan Kampung Kuliner yang berlokasi di Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Jumat (18/8)..
  • Jumat,11 Agustus 2017 - 13:48:17 WIB

    Pabrik Es Balok di Pariama Sumbang PAD Rp60 Juta

    Pabrik Es Balok di Pariama Sumbang PAD Rp60 Juta PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menerima Rp60 juta per tahun dari nilai kontrak pengelolaan pabrik es balok Karan Aur. Dengan demikian, pabrik es itu menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) da.
  • Kamis,10 Agustus 2017 - 08:44:42 WIB

    Ribuan Petani Agam dan Pasaman Menjerit, Harga Sawit Sumbar Dimainkan?

    Ribuan Petani Agam dan Pasaman Menjerit, Harga Sawit Sumbar Dimainkan? PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ombudsman Sumatera Barat (Sumbar) akan memanggil dan memeriksa Kepala Dinas (Kadis) Tanaman dan Holtikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra, sehubungan dengan belum ditetapkannya harga Tandan Buah Se.
  • Rabu,09 Agustus 2017 - 20:23:18 WIB

    Uber Kini Hadir di Padang

    Uber Kini Hadir di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Masyarakat Kota Padang kembali dimanjakan dengan munculnya layanan transportasi modern. Setelah Go-Jek melebarkan sayapnya di Kota Bengkuang, kini Uber dengan aplikasinya menjanjikan kendaraan yang .
  • Senin,31 Juli 2017 - 19:19:33 WIB

    Bogasari Kuasai 90 Persen Pangsa Pasar Terigu di Sumbar

    Bogasari Kuasai 90 Persen Pangsa Pasar Terigu di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Asisten Manajer Pemasaran Bogasari Wilayah Sumbar, Aldin Nirwansyah, mengatakan, divisi perusahaan PT Indofood itu menguasai 90 persen pangsa pasar terigu di provinsi ini. Dalam sebulan, 4.500 ton t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM