APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan


Rabu,22 Februari 2017 - 16:48:52 WIB
APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan

SOLOK SELATAN, HALUAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) akan melakukan sidang pengesahan paripurna APBD 2017. Sidang paripurna ini akan dilaksanakan setelah DPRD menerima buku Rancangan APBD yang akan disahkan dari Bupati Pemkab Solok Selatan. Hal ini disebutkan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Solsel, Mardiana kepada Haluan, Selasa (21/2).

Menurutnya, buku RAPBD masih menggunakan yang lama atau belum dilakukan perubahan sehingga tidak bisa digunakan. "Dalam buku itu tertuang angka-angka tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Misalnya, Dinas Pertanian berapa, Dinas PU berapa dan ada uraiannya tertuang," jelasnya.

Agar tidak terjadi keraguan, lanjutnya, pihak legislatif (DPRD, red) akan mendatangi dan menyampaikan surat resmi dari Ketua DPRD pada Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan agar jelas. “Kita lihat, apakah buku RAPBD itu masih yang lama atau sudah ada perubahannya,” ungkapnya lagi.

Ia menerangkan, sesuai keputusan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solsel pada Jumat,(17/2) malam, pihaknya belum bisa membuatkan pandangan umum fraksi. "Bagaimana saya membuatkan laporan Banggar di Paripurna nanti. Untuk itu kita sampaikan surat resmi agar tidak saling menyalahkan," tandasnya.

Menanggapi hal ini, Sekdakab Solsel, Yulian Efi mengaku kalau pihaknya sudah memberikan buku RAPBD ke legislatif.

“Yang kita bahas RAPBD, jadi buku yang mana lagi yang dimaksud. Dalam pembahasan tentu ada yang salah sehingga perlu di Paripurnakan terlebih dahulu. Paripurna merupakan kesepakatan DPRD," terangnya.

Ia mengungkapkan, buku RAPBD kita serahkan ke DPRD dan untuk dibahas bersama-sama sehingga apabila telah final pembahasan itu baru diselesaikan." Jika memang ada ragu bisa dikonsultasikan. Tapi, jika sekedar usulan kita terima tapi yang memutuskan di Paripurna nantinya," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, dari 19 kabupaten dan ko­ta di Sumbar, hanya APBD 2017 Solok Selatan yang belum ditetapkan. Sebelumnya, Komisi Pembe­ran­­tasan Korupsi (KPK) juga menyatakan siap mendampingi Pemerintah Kabu­paten Solok Selatan dalam penyususan APBD 2017 yang belum juga disahkan hingga saat ini, jika disurati secara resmi. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM