APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan


Rabu,22 Februari 2017 - 16:48:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
APBD Solsel Belum Kunjung Disahkan

SOLOK SELATAN, HALUAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) akan melakukan sidang pengesahan paripurna APBD 2017. Sidang paripurna ini akan dilaksanakan setelah DPRD menerima buku Rancangan APBD yang akan disahkan dari Bupati Pemkab Solok Selatan. Hal ini disebutkan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Solsel, Mardiana kepada Haluan, Selasa (21/2).

Menurutnya, buku RAPBD masih menggunakan yang lama atau belum dilakukan perubahan sehingga tidak bisa digunakan. "Dalam buku itu tertuang angka-angka tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Misalnya, Dinas Pertanian berapa, Dinas PU berapa dan ada uraiannya tertuang," jelasnya.

Agar tidak terjadi keraguan, lanjutnya, pihak legislatif (DPRD, red) akan mendatangi dan menyampaikan surat resmi dari Ketua DPRD pada Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan agar jelas. “Kita lihat, apakah buku RAPBD itu masih yang lama atau sudah ada perubahannya,” ungkapnya lagi.

Ia menerangkan, sesuai keputusan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solsel pada Jumat,(17/2) malam, pihaknya belum bisa membuatkan pandangan umum fraksi. "Bagaimana saya membuatkan laporan Banggar di Paripurna nanti. Untuk itu kita sampaikan surat resmi agar tidak saling menyalahkan," tandasnya.

Menanggapi hal ini, Sekdakab Solsel, Yulian Efi mengaku kalau pihaknya sudah memberikan buku RAPBD ke legislatif.

“Yang kita bahas RAPBD, jadi buku yang mana lagi yang dimaksud. Dalam pembahasan tentu ada yang salah sehingga perlu di Paripurnakan terlebih dahulu. Paripurna merupakan kesepakatan DPRD," terangnya.

Ia mengungkapkan, buku RAPBD kita serahkan ke DPRD dan untuk dibahas bersama-sama sehingga apabila telah final pembahasan itu baru diselesaikan." Jika memang ada ragu bisa dikonsultasikan. Tapi, jika sekedar usulan kita terima tapi yang memutuskan di Paripurna nantinya," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, dari 19 kabupaten dan ko­ta di Sumbar, hanya APBD 2017 Solok Selatan yang belum ditetapkan. Sebelumnya, Komisi Pembe­ran­­tasan Korupsi (KPK) juga menyatakan siap mendampingi Pemerintah Kabu­paten Solok Selatan dalam penyususan APBD 2017 yang belum juga disahkan hingga saat ini, jika disurati secara resmi. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,17 April 2017 - 09:51:53 WIB

    Serapan APBD Kota Solok Tahun 2016 Tergolong Rendah

    SOLOK, HALUAN - Kinerja Satauan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Solok tahun anggaran 2016 terkesan belum maksimal. Ini dibuktikan dengan masih rendahnya serapan anggaran untuk program rutin yang tidak rumit dan .
  • Selasa,28 Februari 2017 - 10:56:13 WIB

    APBDes Batang Kabuang Rp1,8 Miliar

    PARIAMAN, HALUAN - RAPB-Des Batang Kabuang, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, sedang tahab koreksi akhir, diperkirakan dalam tiga hari ke depan kelar dan bisa menjadi APB Des. .
  • Kamis,23 Februari 2017 - 11:18:35 WIB

    Bupati Minta Percepat Pembahasan APBD 2017

    Bupati Minta Percepat Pembahasan APBD 2017 SOLOK SELATAN,HALUAN -- Bupati Solok Selatan (Solsel) H.Muzni Zakaria meminta DPRD Solsel mempercepat persetujuan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2017. Hal ini disampaikan Plt.Kabag Humas Pemkab Solsel, F.
  • Kamis,09 Februari 2017 - 11:59:29 WIB

    Polemik APBD Solsel, Gubernur Jangan Lepas Tangan

    Polemik APBD Solsel, Gubernur Jangan Lepas Tangan PADANG, HALUAN - Belum ketuk palunya APBD Solsel tahun anggaran 2017, berakibat fatal terhadap pembangunan daerah. Sebab itu, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Reydonnyzar Moenek meminta Gubernur Sumbar Irwan.
  • Rabu,21 Desember 2016 - 00:12:28 WIB

    Serapan APBD untuk Pembangunan Sudah 80 Persen

    PARIAMAN, HALUAN - Serapan APBD Kota Pariaman untuk ke­pentingan pembangunan kota sam­pai akhir November tahun 2016 mendekati 80% atau lebih kurang 79%. Namun untuk serapan dana fisik sudah 80% lebih..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM