Pasbar Kembali Gelar Car Free Day


Senin,20 Februari 2017 - 10:02:27 WIB

PASBAR, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) untuk kedua kali menggelar hari bebas kendaraan atau Car Free Day mulai dari Simpang Rumah Sakit Yarsi sampai jalan jalur 32 Pasaman Baru, Minggu (19/2).

Ribuan warga telihat ikut meramaikan hari Car Free Day tersebut. Selain itu juga terlihat jejeran pondok dan tenda ikut menggelar aneka makanan dan minuman.

"Benar, ini untuk yang pertama sekali dalam rangka memberikan keleluasaan dan pelayanan kepada masyarakat yang bebas dari kendaraan," tutur Bupati Pasaman Barat, Syahiran melalui Sekretaris Daerah, Manus Handri.

Dikatakan Manus, Car Free Day itu diisi dengan berbagai kegiatan seperti senam pagi, jalan sehat, bazar, pasar kuliner, kampanye anti narkoba, pertunjukan kesenian, olah raga serta pelayanan yang akan dilakukan oleh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

"Pelayanan kepada masyarakat dari SOPD seperti pelayanan pada Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan juga digelar dalam kegiatan Car Free Day tersebut," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat Pasaman Barat agar bisa memanfaatkan Car Free Day tersebut dengan baik.

Manfaatkan kegiatan yang diselenggarakan untuk berolahraga, melakukan refresing bersama keluarga diakhir pekan. Sehingga tiba masanya di awal pekan bekerja akan bersemangat kembali.

"Kegiatan Car Free Day ini sudah ada daerah lain. Banyak manfaat positif yang bisa kita ambil. Selain itu, kita bisa mensosialisasikan program pemerintah sekalian," katanya.

Manus Handri mengemukakan, manfaat Car Free Day ini juga bertujuan agar masyarakat memperoleh udara segar tanpa asap kendaraan atau bebas polusi udara, mengurangi emisi, menjaga lingkungan dalam aktifitas.

Dia menjelaskan hari bebas kendaraan bermotor itu sebenarnya sudah dimulai dengan penyelenggaraan senam pada setiap hari Minggu di halaman kantor Bupati Pasaman Barat.

Selain senam, ada juga pedagang makanan yang berjualan di sepanjang jalan.

"Makanya, kita rancang Car Free Day dengan konsep yang jelas dan menyatu dengan program-program yang ada di SOPD," kata dia.

Dia menambahkan selain itu Pemkab Pasbar juga menyediakan makanan gratis yang di sediakan oleh Dinas Pangan Kabupaten Pasbar dan ratusan hadiah undian dalam rangka memeriahkan Car Free Day kedua seperti sepeda, kipas angin, kompor gas, dan hadiah lainnya. (h/mg-idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM