Nofi Candra : Pilkada Momentum Membangun Daerah


Sabtu,18 Februari 2017 - 00:41:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Nofi Candra : Pilkada Momentum Membangun Daerah Pantau--Senator DPD RI Nofi Candra saat memantau pelaksanaan pilkada serentak di Kab. Kepulauan Mentawai bersama Wagub Sumbar Nasrul Abit, Rabu (15/2) kemaren. YUTIS WANDI
PADANG, HALUAN--Pilkada Serentak sejatinya merupakan bagian dari ikhtiar dalam membangun sistem demokrasi yang stabil dan matang. Atas pertimbangan tersebut, maka proses pemilihan Kepala Daerah merupakan momentum untuk membangun daerah melalui pemilihan Kepala Daerah yang berintegritas dan berkualitas. Hal ini diungkapkan Anggota DPD RI Nofi Candra selepas kunjungan kerjanya ke Sumbar dalam memantau pelaksanaan pilkada serentak di Kota Payakumbuh dan Kab. Kepulauan Mentawai, Jumat (17/2)
 
 
Melalui Pengawasan DPD RI ini, kata Nofi, diharapkan seluruh pihak dapat menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing, baik penyelenggara, peserta, aparat keamanan maupun masyarakat secara umum. Sehingga Pilkada Serentak yang kedua kali ini, dapat berjalan secara damai dan menghasilkan pemimpin yang berintegritas dan berkualitas.
 
 
DPD-RI kata senator muda Sumbar ini, sangat konsen dalam mengawal sistem demokrasi, melalui pemilihan langsung oleh rakyat secara serentak di semua jenjang pemerintahan daerah. Hal ini guna membuka ruang partisipasi masyarakat dan memastikan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak pada tanggal 15 Februari 2017 dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan perencanaan tahapan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan atas  Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. 
 
 
" Pada prinsipnya kehadiran kami disini adalah untuk memastikan bahwa seluruh tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak, dan dukungan-dukungan penyelengaraan Pilkada dapat terlaksana dengan baik dan juga bilamana terdapat hambatan yang bersifat politis dan kebijakan dapat segera kami antisipasi untuk dapat dicari solusi penyelesaiannya sesuai dengan kewenangan yang diberikan konstitusi kepada DPD RI," terang Nofi kepada Haluan, Jum'at (17/2)
 
 
Menurutnya, setidaknya ada 3 (tiga) alasan penting rasionalitas Pilkada Serentak menjadi pilihan yang strategis yakni: pertama, Pilkada Serentak sebagai bagian upaya memperkuat efektivitas sistem presidensial; kedua, pertimbangan kaidah efisiensi dan efektivitas pembiayaan penyelenggaraan Pilkada dan; ketiga, ikhtiar dari penataan siklus penyelenggaraan Pemilu.
Dalam rangka melaksanakan tugas konstitusional DPD RI, maka DPD RI melakukan pengawasan secara langsung pada Pilkada Serentak 2015 yang kemudian disusun dalam sebuah Pengawasan. 
 
 
Temuan dan catatan DPD RI disarikan diantaranya adalah fenomena kemunculan calon tunggal dibeberapa daerah,  perihal keterlambatan anggaran Pilkada, persoalan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan partisipasi pemilih tidak memenuhi target. Disamping itu, masih ditemukan dualisme kepengurusan parpol dalam pencalonan, validitas data pemilih, politik dinasti di daerah, kinerja lembaga pengawas Pilkada yang belum optimal, gugatan proses Pilkada yang melampaui tahapan Pilkada.
 
 
" Kita juga melihat, masih banyaknya gugatan sengketa hasil kepada Mahkamah Konstitusi dan terjadinya konflik dan kekerasan di beberapa daerah," bebernya.
 
 
Kunjungan kerjanya ke dua daerah yang melaksanakan pilkada serentak ini kata Nofi yang didampingi ketua KPU Sumbar Amnasmen, juga dimaksudkan untuk menghimpun masukan tentang berbagai persoalan yang menyangkut teknis dan aturan pelaksanaan pilkada itu sendiri dari KPU sebagai penyelenggara Pilkada.
 
 
Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM