Padang Panjang Siapkan Konsep Destinasi Wisata Halal


Jumat,17 Februari 2017 - 11:14:08 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN - Berbagai usaha dan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Padang Panjang terus digenjot oleh Dinas Pariwisata setempat. Tak hanya menyiapkan berbagai iven kota, Dinas Pariwisata tersebut, juga mencoba meminta penilaian dan masukan dari para pakar wisata yang ada di Sumbar dengan mendatangkan langsung para penggiat wisata ke Kota Serambi Mekah.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif Kota Padang Panjang, Ridwan saat dihubungi Haluan, Kamis (16/2) mengatakan, untuk memperbaiki sejumlah kekurangan yang masih ada, pihaknya mengundang penggiat dan pelaku bisnis dibidang wisata. Ini dilakukan guna bertukar fikiran serta meminta masukan dan saran dari sejumlah pihak tentang pariwisata yang ada di Kota padang Panjang.

“Kami telah mengundang para penggiat dan pelaku bisnis bidang pariwisata untuk dapat melihat dan menilai langsung pariwisata di Kota Padang Panjang. Kedatangan para penggiat dan pelaku bisnis wisata tersebut kami sambut di PDIKM Kota Padang Panjang,” tutur Ridwan.

Ridwan menyebutkan, para pelaku bisnis wisata yang juga disambut langsung oleh Sekda Edwar Juliartha, yakninya Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Sumbar, Asosiasi Travel Agency (ASITA) Sumatera Barat, dan penggiat wisata lainnya.

“Dari hasil tinjauan kebeberapa titik tempat wisata yang ada di Padang Panjang, mereka mengatakan Kota Padang Panjang memiliki berbagai potensi wisata. Jika hal itu dikemas secara profesional, akan banyak wisatawan yang berkunjung. Menurutnya, Pendidikan Islam seperti Diniyah Putri, Thawalib Putra bisa menjadi bagian dari destinasi wisata religi,” papar Ridwan menyampaikan masukan dari Ketua HPI Budiman.

Disamping itu, lanjut Ridwan, mereka juga menyarankan mekanisme tiketing PDIKM untuk lebih efektif, agar tak ada lagi tiket yang berulang kali, seperti untuk sewa pakaian dan hal lain.

Selain itu, tambah Ridwan, pihaknya tengah mengonsep beberapa pertunjukan untuk di tampilkan di PDIKM, seperti pertunjukan tari, silat dan musik tradisional dengan merangkul dan bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Sementara, Sekda Kota Padang Panjang Edwar Juliartha juga menyambut baik saran dan masukan yang diberikan oleh para penggiat wisata itu. “Kita patut bersyukur dan mengapresiasi para penggiat maupun pelaku bisnis wisata yang telah memberikan saran dan masukan. Nanti,hal ini bisa menjadi agenda rutin, sehingga kita bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh para wisatawan terhadap destinasi wisata yang menjadi primadona dan berdampak pada perekonomian masyarakat,” ujar Edwar. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM