Padang Panjang Siapkan Konsep Destinasi Wisata Halal


Jumat,17 Februari 2017 - 11:14:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG PANJANG, HALUAN - Berbagai usaha dan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Padang Panjang terus digenjot oleh Dinas Pariwisata setempat. Tak hanya menyiapkan berbagai iven kota, Dinas Pariwisata tersebut, juga mencoba meminta penilaian dan masukan dari para pakar wisata yang ada di Sumbar dengan mendatangkan langsung para penggiat wisata ke Kota Serambi Mekah.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif Kota Padang Panjang, Ridwan saat dihubungi Haluan, Kamis (16/2) mengatakan, untuk memperbaiki sejumlah kekurangan yang masih ada, pihaknya mengundang penggiat dan pelaku bisnis dibidang wisata. Ini dilakukan guna bertukar fikiran serta meminta masukan dan saran dari sejumlah pihak tentang pariwisata yang ada di Kota padang Panjang.

“Kami telah mengundang para penggiat dan pelaku bisnis bidang pariwisata untuk dapat melihat dan menilai langsung pariwisata di Kota Padang Panjang. Kedatangan para penggiat dan pelaku bisnis wisata tersebut kami sambut di PDIKM Kota Padang Panjang,” tutur Ridwan.

Ridwan menyebutkan, para pelaku bisnis wisata yang juga disambut langsung oleh Sekda Edwar Juliartha, yakninya Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Sumbar, Asosiasi Travel Agency (ASITA) Sumatera Barat, dan penggiat wisata lainnya.

“Dari hasil tinjauan kebeberapa titik tempat wisata yang ada di Padang Panjang, mereka mengatakan Kota Padang Panjang memiliki berbagai potensi wisata. Jika hal itu dikemas secara profesional, akan banyak wisatawan yang berkunjung. Menurutnya, Pendidikan Islam seperti Diniyah Putri, Thawalib Putra bisa menjadi bagian dari destinasi wisata religi,” papar Ridwan menyampaikan masukan dari Ketua HPI Budiman.

Disamping itu, lanjut Ridwan, mereka juga menyarankan mekanisme tiketing PDIKM untuk lebih efektif, agar tak ada lagi tiket yang berulang kali, seperti untuk sewa pakaian dan hal lain.

Selain itu, tambah Ridwan, pihaknya tengah mengonsep beberapa pertunjukan untuk di tampilkan di PDIKM, seperti pertunjukan tari, silat dan musik tradisional dengan merangkul dan bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Sementara, Sekda Kota Padang Panjang Edwar Juliartha juga menyambut baik saran dan masukan yang diberikan oleh para penggiat wisata itu. “Kita patut bersyukur dan mengapresiasi para penggiat maupun pelaku bisnis wisata yang telah memberikan saran dan masukan. Nanti,hal ini bisa menjadi agenda rutin, sehingga kita bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh para wisatawan terhadap destinasi wisata yang menjadi primadona dan berdampak pada perekonomian masyarakat,” ujar Edwar. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,14 Juni 2017 - 10:52:16 WIB

    Terkendala Lahan, Rehab Jalan Padang Aro Dialihkan

    Terkendala Lahan, Rehab Jalan Padang Aro Dialihkan SOLOK SELATAN, HALUAN – Proses pembebasan lahan untuk jalan Provinsi di Durian Tarung, Lubuk Gadang, Sangir Solok Selatan (Solsel) tak kunjung tuntas. Akibatnya, alokasi dana sebesar Rp6 miliar untuk tahun 2017 untuk kelanj.
  • Kamis,08 Juni 2017 - 17:33:50 WIB

    Padang Panjang Bakal Punya Wifi Gratis, Ini Dia Lokasinya

    Padang Panjang Bakal Punya Wifi Gratis, Ini Dia Lokasinya PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang, bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia, menyediakan Wifi gratis di 16 titik, terutama di pusat keramaian, masjid dan di sekolah-sekolah yang ada kota b.
  • Selasa,06 Juni 2017 - 21:54:04 WIB

    Ingin Beri Saran, Masukan dan Kritikan ke Walikota Padang Panjang? Kirim ke Nomor Ini

    Ingin Beri Saran, Masukan dan Kritikan ke Walikota Padang Panjang? Kirim ke Nomor Ini PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM--Demi percepatan dan peningkatan kualitas pelayanan masyarakat, Pemko Padang membuka akses langsung ke masyarakat melalui media sosial. .
  • Senin,22 Mei 2017 - 07:32:25 WIB

    IKA FHUA Komisariat Padang Panjang Pertama di Indonesia

    IKA FHUA Komisariat Padang Panjang Pertama di Indonesia PADANG PANJANG, HALUAN--Padang Panjang menjadi kota pertama, dibentuknya Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Andalas (IKA FHUA) untuk tingkat Kabupaten / Kota di negara ini. Organisasi itu dikukuhkan berdasarkan.
  • Jumat,12 Mei 2017 - 17:35:03 WIB

    Flippers Padang Panjang Kembali Gelar JFS 5

    Flippers Padang Panjang Kembali Gelar JFS 5 PADANG PANJANG, HARIANHALUAN­.COM--Memeriahkan HUT Flippers yang ke 35, komunitas lintas sektoral masyarakat Padang Panjang itu, akan kembali menggelar kegiatan Jalan Sehat Flippers (JSF) ke 5 yang akan dilaksanakan pada 14 .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM