Padang Panjang Siapkan Konsep Destinasi Wisata Halal


Jumat,17 Februari 2017 - 11:14:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG PANJANG, HALUAN - Berbagai usaha dan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Padang Panjang terus digenjot oleh Dinas Pariwisata setempat. Tak hanya menyiapkan berbagai iven kota, Dinas Pariwisata tersebut, juga mencoba meminta penilaian dan masukan dari para pakar wisata yang ada di Sumbar dengan mendatangkan langsung para penggiat wisata ke Kota Serambi Mekah.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif Kota Padang Panjang, Ridwan saat dihubungi Haluan, Kamis (16/2) mengatakan, untuk memperbaiki sejumlah kekurangan yang masih ada, pihaknya mengundang penggiat dan pelaku bisnis dibidang wisata. Ini dilakukan guna bertukar fikiran serta meminta masukan dan saran dari sejumlah pihak tentang pariwisata yang ada di Kota padang Panjang.

“Kami telah mengundang para penggiat dan pelaku bisnis bidang pariwisata untuk dapat melihat dan menilai langsung pariwisata di Kota Padang Panjang. Kedatangan para penggiat dan pelaku bisnis wisata tersebut kami sambut di PDIKM Kota Padang Panjang,” tutur Ridwan.

Ridwan menyebutkan, para pelaku bisnis wisata yang juga disambut langsung oleh Sekda Edwar Juliartha, yakninya Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Sumbar, Asosiasi Travel Agency (ASITA) Sumatera Barat, dan penggiat wisata lainnya.

“Dari hasil tinjauan kebeberapa titik tempat wisata yang ada di Padang Panjang, mereka mengatakan Kota Padang Panjang memiliki berbagai potensi wisata. Jika hal itu dikemas secara profesional, akan banyak wisatawan yang berkunjung. Menurutnya, Pendidikan Islam seperti Diniyah Putri, Thawalib Putra bisa menjadi bagian dari destinasi wisata religi,” papar Ridwan menyampaikan masukan dari Ketua HPI Budiman.

Disamping itu, lanjut Ridwan, mereka juga menyarankan mekanisme tiketing PDIKM untuk lebih efektif, agar tak ada lagi tiket yang berulang kali, seperti untuk sewa pakaian dan hal lain.

Selain itu, tambah Ridwan, pihaknya tengah mengonsep beberapa pertunjukan untuk di tampilkan di PDIKM, seperti pertunjukan tari, silat dan musik tradisional dengan merangkul dan bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Sementara, Sekda Kota Padang Panjang Edwar Juliartha juga menyambut baik saran dan masukan yang diberikan oleh para penggiat wisata itu. “Kita patut bersyukur dan mengapresiasi para penggiat maupun pelaku bisnis wisata yang telah memberikan saran dan masukan. Nanti,hal ini bisa menjadi agenda rutin, sehingga kita bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh para wisatawan terhadap destinasi wisata yang menjadi primadona dan berdampak pada perekonomian masyarakat,” ujar Edwar. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM