Angka Kemiskinan di Kota Pariaman Turun


Jumat,17 Februari 2017 - 10:35:33 WIB

PARIAMAN, HALUAN - Walikota Pariaman, Mukhlis R meminta penyaluran zakat oleh Baznas Kota Pariaman dapat menekan angka kemiskinan yang ada di kota tersebut

 

"Hampir Rp3 miliar zakat ASN tiap tahun yang diberikan ke Baznas untuk disalurkan ke yang berhak menerimanya," sebut walikota pada pelantikan pengurus Baznas, di Aula Balaikota, Kamis (16/2).

 

Disadari, lanjutnya, penyaluran zakat sebagian besar untuk meningkatkan ekonomi produktif warga kurang mampu dengan bantuan dana zakat yang disalurkan dapat mengembangkan usaha dan tambah maju. Hari ini mereka terima zakat tahun depan menjadi orang yang pemberi zakat.

 

“Kami harapan Baznas dapat mengambil zakat lebih banyak di luar ASN sehingga angka kemiskinan lebih banyak bisa berkurang dengan luasnya pemberi zakat menyalurkanya ke Baznas. Tapi itu tentu tergantung trik Baznas bagaimana mendapatkanya,” lanjut wako.

 

Dengan pengurus yang dilantik jangkauan baznas bisa lebih luas mengumpulkan zakat dari muzaki atau pemberi zakat. Memang dibenarkan oleh Ketua Baznas yang dilantik Umayum Akbar, zakat yang disalurkan Baznas dominan dari ASN Pemko Pariaman.

 

Tiap tahun 500 sampai 600 orang penerima zakat yang disalurkan Baznas Kota Pariaman dan itu tersebar diempat kecamatan di kota ini. Kalau untuk bantuan peningkatan usaha kecil dari dana zakat yang diberikan besarnya Rp1,5 juta/orang. Namun terkadang evaluasi yang dilakukan terhadap penerima.zakat untuk peningkatan usaha sedikit longgar dan ke depan ini menjadi program yang bakal dilakukan sehingga semua bisa terukur kemajuanya.

 

Dan sebagaimana yang menjadi harapan walikota untuk memaksimalkan fungsi Baznas sesuai UU No23 tahun 2011 menjadi PR buat pengurus baru agar lebih eksis dalam mengemban tupoksi kerjanya.

 

Kepala Dinas Soisial Kota Pariaman, Afnil, menjawab Haluan usai acara pelantikan pengurus Baznas menyebut, jumlah orang miskin di Kota Pariaman tiap tahun turun. “Tahun 2015, 4.800 orang, tahun 2016 turun menjadi 4.300 orang. Dan tahun 2017 kita harapkan angka tersebut terus mengecil,” ujarnya.

 

Pengurus Baznas Kota Pariaman yang dilantik oleh Walikota Pariaman, periode 2016-2021 adalah Ketua, Umayum Akbar. Sementara Wakil Ketua I dijabat oleh H Asman Yahya dan Wakil Ketua II Edi Jamohor. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM