Angka Kemiskinan di Kota Pariaman Turun


Jumat,17 Februari 2017 - 10:35:33 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PARIAMAN, HALUAN - Walikota Pariaman, Mukhlis R meminta penyaluran zakat oleh Baznas Kota Pariaman dapat menekan angka kemiskinan yang ada di kota tersebut

 

"Hampir Rp3 miliar zakat ASN tiap tahun yang diberikan ke Baznas untuk disalurkan ke yang berhak menerimanya," sebut walikota pada pelantikan pengurus Baznas, di Aula Balaikota, Kamis (16/2).

 

Disadari, lanjutnya, penyaluran zakat sebagian besar untuk meningkatkan ekonomi produktif warga kurang mampu dengan bantuan dana zakat yang disalurkan dapat mengembangkan usaha dan tambah maju. Hari ini mereka terima zakat tahun depan menjadi orang yang pemberi zakat.

 

“Kami harapan Baznas dapat mengambil zakat lebih banyak di luar ASN sehingga angka kemiskinan lebih banyak bisa berkurang dengan luasnya pemberi zakat menyalurkanya ke Baznas. Tapi itu tentu tergantung trik Baznas bagaimana mendapatkanya,” lanjut wako.

 

Dengan pengurus yang dilantik jangkauan baznas bisa lebih luas mengumpulkan zakat dari muzaki atau pemberi zakat. Memang dibenarkan oleh Ketua Baznas yang dilantik Umayum Akbar, zakat yang disalurkan Baznas dominan dari ASN Pemko Pariaman.

 

Tiap tahun 500 sampai 600 orang penerima zakat yang disalurkan Baznas Kota Pariaman dan itu tersebar diempat kecamatan di kota ini. Kalau untuk bantuan peningkatan usaha kecil dari dana zakat yang diberikan besarnya Rp1,5 juta/orang. Namun terkadang evaluasi yang dilakukan terhadap penerima.zakat untuk peningkatan usaha sedikit longgar dan ke depan ini menjadi program yang bakal dilakukan sehingga semua bisa terukur kemajuanya.

 

Dan sebagaimana yang menjadi harapan walikota untuk memaksimalkan fungsi Baznas sesuai UU No23 tahun 2011 menjadi PR buat pengurus baru agar lebih eksis dalam mengemban tupoksi kerjanya.

 

Kepala Dinas Soisial Kota Pariaman, Afnil, menjawab Haluan usai acara pelantikan pengurus Baznas menyebut, jumlah orang miskin di Kota Pariaman tiap tahun turun. “Tahun 2015, 4.800 orang, tahun 2016 turun menjadi 4.300 orang. Dan tahun 2017 kita harapkan angka tersebut terus mengecil,” ujarnya.

 

Pengurus Baznas Kota Pariaman yang dilantik oleh Walikota Pariaman, periode 2016-2021 adalah Ketua, Umayum Akbar. Sementara Wakil Ketua I dijabat oleh H Asman Yahya dan Wakil Ketua II Edi Jamohor. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,18 September 2017 - 21:29:38 WIB

    Pelantikan Perangkat Nagari di Pasbar Mendapat Sorotan

    Pelantikan Perangkat Nagari di Pasbar Mendapat Sorotan PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Pelantikan Perangkat Nagari Persiapan Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Sasak mendapat sorotan..
  • Kamis,07 September 2017 - 17:34:12 WIB

    Ratusan PNS di Tanah Datar Naik Pangkat

    Ratusan PNS di Tanah Datar Naik Pangkat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 342 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemda Tanah Datar menerima surat keputusan kenaikan pangkat di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung, Kamis (7/9)..
  • Rabu,23 Agustus 2017 - 16:29:39 WIB

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119 PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kesehatan Padang Pariaman luncurkan program "Papa Tangkas Gada 119". Program ini bertujuan untuk mengurangi  peristiwa kematian dalam kasus gawat-darurat disebabkan oleh keterlambatan.
  • Kamis,29 Juni 2017 - 15:11:57 WIB

    Petinggi Tanah Datar Hadiri Reuni SMA 1 Batusangkar

    Petinggi Tanah Datar Hadiri Reuni SMA 1 Batusangkar BATUSANGKAR, HALUAN - Ribuan alumni SMA Negeri 1 Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, tumpah ruah memadati Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, untuk menghadiri acara Reuni Lintas Angkatan dan Reuni Pe.
  • Minggu,18 Juni 2017 - 22:38:33 WIB

    Penangkaran Penyu di Pariaman Dikelola Provinsi, Pengunjung Tidak Dipungut Biaya

    Penangkaran Penyu di Pariaman Dikelola Provinsi, Pengunjung Tidak Dipungut Biaya PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Penangkaran Penyu di Desa Apar Kota Pariaman, masih menjadi ikon wisata oleh masyarakat meski pengelolannya beralih dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman ke Dinas Kelautan Perikanan Prov.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM