1 Hektar Kebun Jagung dan Sawit Hangus Terbakar di Pasbar


Kamis,16 Februari 2017 - 14:59:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
1 Hektar Kebun Jagung dan Sawit Hangus Terbakar di Pasbar Petugas berusaha memadamkan api yang membakar kebun jagung dan pisang di dekat kawasan permukiman masyarakat di Jorong Pasamaan Baru, Nagari Lingkung Aur, Kecematan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (15/2), sekitar 10.00 WIB.

PASBAR,HALUAN--Tim gabungan Pemkab Pasbar berhasil memadamkan api yang membakar kebun jagung dan pisang di dekat kawasan permukiman masyarakat di Jorong Pasamaan Baru, Nagari Lingkung Aur, Kecematan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (152), sekitar 10.00 WIB. Kurang lebih 1 hektar lahan hangus akibat kebakaran tersebut.

 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Satuan Pamong Praja Kabupaten Pasbar, Edi Mardani, Selasa (15/2).

 

Dia menye­butkan, terbakarnya kebun itu karena pembakaran yang dilakukan oleh masyarakat pemilik kebun yang hendak membersihkan lahannya dengan cara membakar sehingga api nya menjalar ke pemukiman masyarakat yang tidak jawuh dari lokasi kebakaran tersebut. Serta faktor keke­ringan akibat musim kemarau yang melanda wilayah itu.

 

Dia melanjutkan, terbakar­nya kebun itu di diketahui atas laporan masyarakat setempat. “Pemadaman api dilakukan oleh lebih kurang dari 20 personil pemadam kebakaran yang dibantu oleh warga setempat, katanya

 

Dia menceritakan, setelah men­daptkan laporan kebakarang itu, pihaknya langsung mengerahkan petugas untuk memadamkan api di lapangan. Api pun bisa dipa­damkan.

 

“Dalam keadaan yang sulit, saya menekankan kepada petugas agar tidak pulang sebelum api padam. Alhamdulillah, atas kerja sama yang baik, api bisa di atasi,” ucapnya.

 

Atas kejadian itu, Edi Mardani mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan secara sembarangan karena akan sangat berbahaya, seperti memicu keba­karan.

 

Pihaknya juga me­ngingatkan para masyarakat untuk tidak membuang apapun yang bisa menyulut kobaran api di permukiman seperti puntung rokok, imbaunya.

 

Sementara di Pasaman Baru Permai, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (15/2) sekitar Jam 23.15 WIB malam, kebakaran juga terjadi pada titik kotak Telkom yang berada diwilayah itu. Pantauan haluan api sempat membesar namun dengan kerja keras masyarakat dan pihak pemadam kebakaran api berasil dijinakan.

 

Sedangkan akibat kebakaran itu akses jaringan Telkom untuk wilayah Pasaman Baru Permai dan sekitar terganggu. (h/idn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,11 September 2017 - 11:58:02 WIB

    Badoncek Bantu Muslim Rohingya, Warga Pariaman Ini Kumpulkan Rp91 Juta

    Badoncek Bantu Muslim Rohingya, Warga Pariaman Ini Kumpulkan Rp91 Juta PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Aliansi Mayarakat Pariaman Peduli Rohingya melakukan penggalangan dana untukmuslim rohingya di Masjid Annur Zainul, Kampung Paneh, Kota Pariaman Minggu, (10/9)..
  • Sabtu,09 September 2017 - 01:28:57 WIB

    2018, RSUD Lubuk Basung Siapkan Pelayanan Online

    AGAM, HALUAN -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung melangkah maju, tahun 2018 mendatang segera memasuki pelayanan online untuk meningkatkan pelayananya. Untuk itu, RSUD ini menganggarkan dana Rp400 juta untuk membeli.
  • Sabtu,09 September 2017 - 01:23:46 WIB
    DPRD Setujui APBD-P 2017

    Belanja Daerah Meningkat Jadi Rp710 Milliar

    Belanja Daerah Meningkat Jadi Rp710 Milliar BUKITTINGGI, HALUAN -- DPRD Kota Bukittinggi menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017 menjadi Peraturan Daerah (Perda). Persetujuan itu dilakukan dalam .
  • Senin,04 September 2017 - 02:10:28 WIB
    IDUL ADHA 1438 H

    Pemkab Sebar 17 Ekor Sapi Kurban

    Pemkab Sebar 17 Ekor Sapi Kurban SOLOK SELATAN, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menyebar sebanyak 17 ekor sapi dalam perayaan hari raya Idul Adha 1438 Hijiriyah pada masyarakat Solsel. Jika dibanding tahun lalu, kurban meningkat lima ek.
  • Rabu,23 Agustus 2017 - 16:29:39 WIB

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119 PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kesehatan Padang Pariaman luncurkan program "Papa Tangkas Gada 119". Program ini bertujuan untuk mengurangi  peristiwa kematian dalam kasus gawat-darurat disebabkan oleh keterlambatan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM