Luar Biasa! Di Padang Panjang, Sampah Bisa Barter Sembako


Kamis,16 Februari 2017 - 12:15:55 WIB
Luar Biasa! Di Padang Panjang, Sampah Bisa Barter Sembako Dokumentasi Haluan

PADANG PANJANG, HALUAN - Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Padang Panjang membuat terobosan baru untuk untuk langkah antisipasi produksi sampah yang kian hari makin menggunung akibat meningkatnya pertumbuhan penduduk dan produksi kebutuhan masyarakat.

 

Terobosan yang dibuat kali ini berupa mengajak masyarakat Padang Panjang untuk mengumpulkan sampah plastik, kertas, logam, kaleng-kaleng untuk ditukarkan dengan sembako.

 

Plt Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Delfianto, didampingi Kabid Lingkungan Hidup, Erwina Anggraini mengatakan, masyarakat Kota Padang Panjang bisa menukar sampah kertas, plastik dan kaleng tersebut dengan sembako pada Selasa (21/2), mendatang di lapangan Khatib Sulaiman, Bancah Laweh.

 

“Jadi silahkan bagi masyarakat yang memiliki sampah kertas, plastik, logam dan kaleng, bisa ditukaran dengan sembako pada hari tersebut di lapangan Bancah Laweh. Penukaran sampah dengan sembako ini, dilakukan berkaitan dengan Hari Peduli Sampah Nasional 15-28 Februari 2017, yang puncaknya diperingati pada (21/2) mendatang,” jelas Delfianto.

 

Ditambahkannya pada hari puncak peduli sampah nasional tersebut juga dilaksanakan sosialisasi menabung di bank sampah . Dari data Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang, jumlah bank sampah saat ini berkisar 7 bank sampah diantaranya, bank Sampah Serunai di Kelurahan Ekor Lubuk, Karabu di Ganting, Teratai di Komplek Brimob, Kalikih Kuniang di Koto Panjang, Sakinah di Guguk Malintang, Sungai Andok di Tanah Hitam dan Anggrek Bulan di Pasar Usang.

 

Lebih lanjut Delfianto juga mengatakan, dengan program menukarkan sampah dengan sembako, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan sampah akan semakin meningkat. Untuk itu, ia menghimbau masyarakat untuk memilah terlebih dahulu sampah yang akan ditukarkan dengan sembako.

 

Berkaitan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, Pemko Padang Panjang juga akan melaksanakan gotong royong bersama tanggal 18 Februari. Pada puncak peduli sampah nasional (21/2) juga dilaksanakan pembersihan Batang Aia Bakarek Karek oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat diminta untuk membersihkan lingkungan dan fasilitas umum di tempat masing-masing. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM