Luar Biasa! Di Padang Panjang, Sampah Bisa Barter Sembako


Kamis,16 Februari 2017 - 12:15:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Luar Biasa! Di Padang Panjang, Sampah Bisa Barter Sembako Dokumentasi Haluan

PADANG PANJANG, HALUAN - Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Padang Panjang membuat terobosan baru untuk untuk langkah antisipasi produksi sampah yang kian hari makin menggunung akibat meningkatnya pertumbuhan penduduk dan produksi kebutuhan masyarakat.

 

Terobosan yang dibuat kali ini berupa mengajak masyarakat Padang Panjang untuk mengumpulkan sampah plastik, kertas, logam, kaleng-kaleng untuk ditukarkan dengan sembako.

 

Plt Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Delfianto, didampingi Kabid Lingkungan Hidup, Erwina Anggraini mengatakan, masyarakat Kota Padang Panjang bisa menukar sampah kertas, plastik dan kaleng tersebut dengan sembako pada Selasa (21/2), mendatang di lapangan Khatib Sulaiman, Bancah Laweh.

 

“Jadi silahkan bagi masyarakat yang memiliki sampah kertas, plastik, logam dan kaleng, bisa ditukaran dengan sembako pada hari tersebut di lapangan Bancah Laweh. Penukaran sampah dengan sembako ini, dilakukan berkaitan dengan Hari Peduli Sampah Nasional 15-28 Februari 2017, yang puncaknya diperingati pada (21/2) mendatang,” jelas Delfianto.

 

Ditambahkannya pada hari puncak peduli sampah nasional tersebut juga dilaksanakan sosialisasi menabung di bank sampah . Dari data Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang, jumlah bank sampah saat ini berkisar 7 bank sampah diantaranya, bank Sampah Serunai di Kelurahan Ekor Lubuk, Karabu di Ganting, Teratai di Komplek Brimob, Kalikih Kuniang di Koto Panjang, Sakinah di Guguk Malintang, Sungai Andok di Tanah Hitam dan Anggrek Bulan di Pasar Usang.

 

Lebih lanjut Delfianto juga mengatakan, dengan program menukarkan sampah dengan sembako, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan sampah akan semakin meningkat. Untuk itu, ia menghimbau masyarakat untuk memilah terlebih dahulu sampah yang akan ditukarkan dengan sembako.

 

Berkaitan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, Pemko Padang Panjang juga akan melaksanakan gotong royong bersama tanggal 18 Februari. Pada puncak peduli sampah nasional (21/2) juga dilaksanakan pembersihan Batang Aia Bakarek Karek oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat diminta untuk membersihkan lingkungan dan fasilitas umum di tempat masing-masing. (h/mg-pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,04 Mei 2017 - 10:00:44 WIB

    Napi Sijunjung Dibekali Program Kerja ke Luar Negeri

    Napi Sijunjung Dibekali Program Kerja ke Luar Negeri SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Puluhan narapida di lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muaro Sijunjung bersama pemuka masyarakat, organisasi pemuda dan calon pencari kerja dibekali sosialisasi program penempatan Tenaga K.
  • Selasa,02 Mei 2017 - 21:54:30 WIB
    Potret Kemiskinan

    Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah

    Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Potret pendidikan di Indonesia masih menjadi sorotan, terutama terkait dengan kemiskinan. Hal ini masih dapat ditemui, salah satunya di Padang Gubalo, Korong Ladang Laweh, Kenagarian Sicinci.
  • Senin,23 Januari 2017 - 09:43:54 WIB

    Jangan 'Nguntit' Truk di Tanjakan Agar tak Seperti Keluarga Ini

    Jangan 'Nguntit' Truk di Tanjakan Agar tak Seperti Keluarga Ini PADANG PANJANG, HALUAN — Peristiwa kecelakaan yang menewaskan Ibu dan Bayinya yang diboncengi ayahnya, Asri di Tanjakan Silaiang Kariang, Minggu (22/1) malam hendaknya jadi pelajaran bagi pengendara sepeda motor. Ibu dan an.
  • Rabu,16 November 2016 - 23:38:14 WIB

    PKK Padang Pariaman Berhasil Berdayakan Keluarga

    PKK Padang Pariaman Berhasil Berdayakan Keluarga PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni mengapresiasi kinerja pengurus dan kader PKK yang telah ikut mendorong dan mensukseskan berbagai program pembangunan di kabupaten itu. Ia menyampaikan apresiasi i.
  • Senin,31 Oktober 2016 - 15:45:50 WIB

    Ribuan Kepala Keluarga di Kenagarian Kajai Pasbar Terancam Terisolasi

    Ribuan Kepala Keluarga di Kenagarian Kajai Pasbar Terancam Terisolasi PASBAR,HALUAN- Masyarakat Jorong Mudiak Simpang dan Jorong Timbo Abu, Kenagarian Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sangat membutuhkan perbaikan jalan yang memghubungkan dua kejorong..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM