Harga Sawit Naik, Petani di Pessel Ini Senang


Rabu,15 Februari 2017 - 16:04:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Harga Sawit Naik, Petani di Pessel Ini Senang Hasil produksi buah sawit masyarakat kenagarian Aur Duri kecamatan Sutera Pessel tengah dijual melalui pedagang pengumpul dengan harga yang mulai mengiurkan petani ( M Joni)

Harga Sawit Naik, Petani di Pessel Ini Senang

PAINAN,HALUAN- Para petani sawit di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mulai lega dan senang karena naiknya harga jual Tandan Buah Segar ( TBS). Selama ini harganya  berkisar Rp800 sampai Rp1100 per kilogram, kini meningkat menjadi Rp 1400 per kilogram.

 

Kenaikan harga jual sawit membuat ekonomi masyarakat semakin membaik serta bakal berdampak bagi kebutuhan ekonomi petani.

 

Salah seorang petani di Aur Duri, Kecamatan Sutera, Ujang (55) mengakui, hasil produksi sawit merupakan tulang punggung bagi kehidupan masyarakat di daerah itu. Tidak heran masyarakat lebih memilih membudidayakan tanaman sawit sebagai sumber penghasilan keluarga.

 

“Kami lega harga mulai naik dan mulai terasa bagi kebutuhan ekonomi petani. Kami perkirakan lahan sawit yang ada di kecamatan Sutera mencapai ribuan hektar serta sudah menghasilkan, ini sangat membantu kami,” terangnya, Rabu (15/2).

 

Selama ini, anjloknya harga sawit di pasaran sangat dirasakan oleh petani, apalagi biaya pemeliharaannya cukup tinggi seperti, pengarapan, pembersihan lahan, dan pemberian pupuk.

 

Salah seorang pedagang pengumpul Masri (47) mengakui,harga Tandan Buah Segar ( TBS) sawit mulai merangkak naik. Kenaikan harga  dipicu tingginya permintaan perusahan pengelola minyak sawit, kemudian pasokan sawit dari petani  semakin berkurang.(mjn)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,26 Mei 2017 - 11:05:44 WIB

    Jelang Ramadan, Harga Sembako di Payakumbuh Naik

    Jelang Ramadan, Harga Sembako di Payakumbuh Naik PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM – Harga pangan di H-1 jelang memasuki bulan Ramadhan, harga bahan sembako di pasar tradisional Ibuh, Kota Payakumbuh mulai merangkak naik. .
  • Senin,20 Februari 2017 - 09:52:18 WIB

    Harga Jeruk Nipis Anjlok

    SAWAHLUNTO, HALUAN—Petani di Sawahlunto tak memanen jeruk nipis. Mereka putus asa. Pasalnya harga jeruk yang biasa disebut “asam kapas” itu kini turun ke harga terendah. Biasanya lebih dari Rp10.000/kg sedangkan justru .
  • Rabu,18 Januari 2017 - 11:49:00 WIB

    Harga Cabai Mahal, Tentara Ikut Tanam Cabai

    Harga Cabai Mahal, Tentara Ikut Tanam Cabai PADANG, HALUAN – Saat harga cabai melonjak tinggi dan masyarakat mengeluh, tentara mengambil perannya. Jajaran Kodim 0311/Pessel secara serentak melaksanakan pengolahan tanah dalam polybag dengan pola organik untuk tanaman .
  • Jumat,16 Desember 2016 - 00:59:10 WIB

    Peduli HAM, Pemkab Pasaman Raih Penghargaan Menteri

    PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama menerima penghar­gaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2016 dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan itu diterima Atos di Su.
  • Kamis,15 Desember 2016 - 00:55:04 WIB

    Tanah Datar Raih Penghargaan Menteri PUPR

    Tanah Datar Raih Penghargaan Menteri PUPR TANAH DATAR, HALUAN — Kabupaten Tanah Datar terpilih sebagai yang terbaik di wilayah barat dalam penilaian Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam kategori Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur PUPR..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM