PLN Jamin Ketersediaan Listrik Selama Pilkada


Rabu,15 Februari 2017 - 10:34:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PLN Jamin Ketersediaan Listrik Selama Pilkada Petugas PLN bersama petugas keamanan di TPS 03 Karang Anyar Kepulauan Mentawai. Mereka siap siaga untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada di daerah tersebut. HUMAS PLN

PADANG, HALUAN – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak se-Indonesia digelar hari ini, Rabu (15/2). Untuk Sumbar terdapat dua daerah yakni pemilihan walikota Payakumbuh dan pemilihan Bupati Kepulauan Mentawai.

 

Sebagai dukungan menyukseskan jalannya Pilkada, PLN Wilayah Sumatera Barat menjamin kelistrikan di daerah tersebut. Selain menjaga keandalan di sistem distribusi, PLN berperan aktif dengan menugaskan beberapa petugas piket serta menyiapkan genset standby selama kegiatan Pilkada berlangsung.

 

Manager PLN Rayon Tua Pejat yang menangani daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Aprinaldo, mengatakan, PLN siap mendukung suksesnya Pilkada di kepulauan tersebut.

 

“Kesiapan listrik dalam rangka Pilkada Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini sudah aman, dimana daya mampu pembangkit saat ini berkisar 4.795 KW sedangkan beban puncak 2.442 KW. Selain itu, supply energi listrik terhadap jaringan pendistribusian dan kesiapan pembangkit telah kami awasi sehingga performa mesin pembangkit dapat terjaga,” ujar Aprinaldo.

 

Khusus pada Pilkada ini, lanjut Aprinaldo, PLN Rayon Tua Pejat  meminjamkan satu buah genset dengan daya 4 KW kepada KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai guna antisipasi apabila terjadi gangguan pada sistem yang ada. Selain itu PLN Rayon Tua Pejat juga telah menyiapkan SOP untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan acara tersebut. SOP JTM 20 KV sendiri telah dikirimkan kepada Polres, Kodim, dan KPU setempat.

 

Selain kesiapan listrik di Mentawai, komitmen yang sama juga terjadi di Kota Payakumbuh. Petugas PLN Rayon Payakumbuh jauh-jauh hari telah melakukan pengecekan supply energi listrik ke kantor KPU Payakumbuh serta kantor Camat untuk melihat kesiapan listrik di instansi tersebut.

 

“Kami telah melakukan pengecekan beberapa hari sebelumnya ke beberapa lokasi seperti Kantor KPU, Kantor Camat, hingga semua lokasi TPS di Kota Payakumbuh. Seluruh instasi dan tempat pemungutan suara tersebut telah siap baik dari segi penerangan, computer, serta back up gensetnya,” ujar Manager Rayon Payakumbuh, Bimo Triatmojo.

 

Dia menjelaskan, PLN Payakumbuh juga menyediakan petugas piket yang standby serta genset pada hari Pilkada dan perhitungan suara berlangsung. Beberapa penyulang juga diprioritaskan pada hari tersebut, diantaranya penyulang GH Kota, Aur Kuning, Padang Tiakar, dan penyulang Sicincin guna menjaga keandalan listrik di daerah tersebut.

 

“Beberapa langkah kami lakukan untuk membantu pasokan listrik di lokasi Pilkada, sehingga bila terjadi pemadaman maka proses perhitungan suara tidak terganggu,” jelas Bimo.

 

Dia menambahkan, PLN juga berharap adanya kerjasama yang aktif antara KPU dan PLN, khususnya terkait kebutuhan tambahan daya (multiguna), sehingga nanti tidak terjadi penurunan daya listrik. Semua kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen PLN untuk menjaga kelancaran serta kesuksesan proses demokrasi di Indonesia. (h/vid)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,11 Oktober 2017 - 20:04:39 WIB

    PLN Peduli, Bangun Gapura Taman Wisata Muko Muko

    PLN Peduli, Bangun Gapura Taman Wisata Muko Muko AGAM, HALUAN – Sebagai dukungan kemajuan pariwisata daerah, PLN Wilayah Sumbar melalui program PLN Peduli kembali menyalurkan bantuan untuk pembangunan sarana di objek wisata. .
  • Kamis,06 Juli 2017 - 17:33:10 WIB

    Kabar Gembira! PLN Buka Lowongan 6.800 Lulusan SLTA dan Sarjana

    Kabar Gembira! PLN Buka Lowongan 6.800 Lulusan SLTA dan Sarjana JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Kabar gembira bagi para lulusan SLTA, Diploma III dan Sarjana. PLN kembali membuka lowongan besar-besaran dengan merekrut 6.800 pegawai baru pada tahun 2017..
  • Selasa,07 Maret 2017 - 10:11:15 WIB
    LISTRIK PANGKALAN MULAI NORMAL

    PLN Serahkan Bantuan dan Air Bersih

    PLN Serahkan Bantuan dan Air Bersih LIMAPULUH KOTA, HALUAN.Com – Setelah mengalami padam sejak bencana banjir, Jumat (3/3), pelayanan listrik di sebagian daerah bencana banjir Pangkalan mulai normal..
  • Kamis,22 Desember 2016 - 00:41:51 WIB
    DIGELAR SERENTAK SE-INDONESIA

    PLN Wilayah Sumbar Khitan 200 Anak

    PADANG, HALUAN — PLN Persero melalui Kantor Unit Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah (LAZIS) se-Indonesia menggelar khitanan massal serentak dengan jumlah peserta 12.115 anak. Kithanan digelar di masing-masing kantor unit LAZI.
  • Selasa,13 Desember 2016 - 14:29:07 WIB

    PLN Sumbar Gelar Edukasi dan Press Gathering

    PLN Sumbar Gelar Edukasi dan Press Gathering PADANG, HALUAN.com – PLN Wilayah Sumatera Barat menggelar Edukasi dan Press Gathering yang diikuti jurnalis dari media cetak, elektronik dan online Padang di Hotel Grand Inna Muara Padang, 13-14 Desember 2016. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM