70 TKA Beredar di Pasaman Barat


Selasa,14 Februari 2017 - 10:12:33 WIB
70 TKA Beredar di Pasaman Barat ilustrasi

PASBAR, HALUAN - Setelah dibukanya kran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tenaga Kerja Asing (TKA) banyak berkeliaran di perusahaan-perusahaan, terutama perusahaan sawit. Di Kabupaten Pasaman Barat sendiri tenaga kerja asing tercatat sebanyak 70 orang.

Data tersebut sudah ada di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman Barat. Sekretaris Daerah Pasbar Manus Handri, Senin (13/2) menyampaikan, Tenaga Kerja Asing (TKA) tidak bisa dilarang masuk setelah disepakatinya MEA oleh Indonesia.

"Tenaga kerja ini ada dua, tenaga kerja lokal dan tenaga kerja ASEAN. Yang tenaga lokal ini akan mudah kita awasi dan jumlahnya cukup banyak juga. Namun, tenaga kerja lokal tidak menimbulkan paradigma apapun. Tetapi, tenaga kerja ASEAN menimbulkan polemik bagi kita,"ucap Manus Handri.

Pasalnya, lanjut Manus Handri TKA ini masuk tanpa diketahui oleh pemerintah setempat. Dari hasil penelusuran imigrasi beberapa waktu lalu terbukti ditemukan satu orang TKA di salah satu perusahaan sawit di Pasbar.

"Itu salah satu buktinya bahwa TKA ada di daerah kita," kata Manus Handri.

Pihaknya saat ini sudah warning sebanyak 18 perusahaan sawit di Pasbar agar terbuka terhadap Pemda setempat terkait dengan TKA. Karena perusahaan memiliki tanggung jawab untuk melaporkan kepada Pemda bahwa di tempatnya ada TKA.

"Memang izin TKA ini bukan sama Pemda. Hanya saja kita sebagai Pemda perlu tahu dimana saja ada TKA. Untuk itu, kita ingatkan perusahaan sawit yang ada di Pasbar agar open terhadap TKA ini,"tandas Manus Handri.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar Nasrizal TKA memang sulit di lacak jika perusahaan tidak terbuka. Tetapi, bukan tidak mungkin bisa di lacak jika perusahaan masih saja menyembunyikan TKA tersebut.

"Memang data TKA ini kadang membingungkan karena dari paspor mereka tidak untuk bekerja di daerah kita. Ternyata mereka melakukan pekerjaan terutama di daerah yang banyak perusahaan sawitnya seperti Pasbar, Dharmasraya, Pessel," pungkas Nasrizal.

Kemudian izin TKA sendiri itu diberikan oleh kementerian tenaga kerja dan perpanjangannya juga di pusat. Namun, perusahaan wajib melaporkan kepada Pemda jika ada TKA yang dipekerjakan.

"Jika ada TKA yang dipekerjakan perusahaan, perusahaan wajib melaporkan kepada Pemda. Jika tidak Pemda berhak memberikan sanksi. Di Sumbar sendiri, saat ini TKA hanya tercatat 51 orang. Jika kita lacak bisa saja lebih seperti apa yang disampaikan oleh Pasbar," tutup Nasrizal mengakhiri. (h/ows)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM