Satlantas Polres Bukittinggi Berlakukan e-Tilang


Senin,13 Februari 2017 - 08:21:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BUKITTINGGI, HALUAN – Untuk mengantisipasi aksi pungli di jalan raya Satlantas Polres Bukittinggi memberlakukan E-Tilang dengan system online. proses dan mekanisme penilangan dilakukan petugas ketika pengandara melakukan pelanggaran. Petugas akan menilang dengan memasukan data-data pelanggar ke aplikasi tilang online dan saat itu juga si pelanggar akan mendapat sms notifikasi dari bank BRI ke nomor telephone pelanggar.

Hal tersebut dikatakan, Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana melalui Kasat Lantas AKP Sukur Hendri Saputra ketika ditemui Haluan di ruang kerjanya, Jum’at (10/2). Menurutnya E-Tilang dengan system online tersebut, sudah diberlakukan untuk wilayah Sumatera Barat sejak tanggal 9 Februari lalu, termasuk wilayah hukum Polres Bukittinggi.

“Kita memberlakukan E-Tilang ini adalah untuk mengatansipasi adanya pungli sekaligus untuk memudahkan masyarakat ketika melakukan pelanggaran. Pelanggar tidak perlu mengikuti sidang di pengadilan cukup dengan mentransper sejumlah denda ke rekening BRI,” jelas Sukur Hendri Saputra yang didampinggi Kaur Tilang Satlantas Polres Bukittinggi Bripka Heri Satria Prasetio.

Ia menjelaskan, SMS notifikasi dari bank BRI, berisi nomor rekening transfer pembayar untuk denda tilang, nomor register tilang dan tanggal sidang untuk tilangnya. Si pelanggar itu bisa langsung membayar melalui bank BRI terdekat atau SMS banking atau bisa juga dengan ATM, jika si pelanggar sudah membayar denda tilangnya, maka slip tanda pembayaran dari bank BRI atau SMS banking atau ATM dibawa ke petugas, si pelanggar dapat mengambil kembali barang bukti yang ditahan petugas kepolisian.

“Untuk lebih memudahkan pelanggar dalam pembayaran denda tilangnya melalui ATM. Bank BRI akan menyediakan alat gesek untuk memudahkan dan mempercepat proses pengambilan barang bukti yang kita tahan,” tambah Heri Satria Prasetio.

Seandainya si pelanggar tidak mempunyai nomor rekening BRI lanjutnya, bisa juga si pelanggar membayar langsung di bank BRI terdekat, yang kemudian bukti pembayaran itu dibawa ke petugas polisi yang menilang.

Pemberlakuan sistim online itu melibatkan beberapa instansi seperti Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan BRI.

Terpisah, salah seorang penguna jalan raya, Firdaus menyambut baik pemberlakukan E-Tilang tersebut. Karena dengan adanya system itu, pelanggar tidak harus bolak balik mengurus kendaraannya ketika melakukan pelanggaran.  

“Kita sebagai pengguna jalan raya harus tertib berlalu lintas, guna keselamatan kita bersama oleh karena itu marilah kita patuhi rambu rambu lalu lintas,” ungkapnya.(h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM