Pulau Panjang di Ujung Sumbar, Sorga Kecil yang Tersembunyi.


Sabtu,11 Februari 2017 - 14:12:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pulau Panjang di Ujung Sumbar, Sorga Kecil yang Tersembunyi. Pulau Panjang

Laporan Idenvi Susanto

 

PASBAR,HALUAN—Mungkin sebagian orang melihat objek wisata bahari di Sumatera Barat hanya ada di kawasan Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan atau Kota Pariaman. Namun, ternyata di ujung wilayah Sumbar yakni di Pasaman Barat tersimpan surga bahari yang tersembunyi.

 

Bagaimana bentuk objek wisata bahari yang bernama Pulau Panjang yuk intip.

 

Warga Pasbar terutama di Air Bangis mengenal pulau ini dengan nama Pulau Panjang. Mungkin belum terlalu populer seperti obejek wisata Pantai Padang dan pantai-pantai dan pulau-pulau yang ada di Sumatera Barat. Tapi tenang, bagi wisatawan yang memang berniat mengunjungi Pulau Panjang recommended, kok.

 

Garis Pantai di Pasaman Barat mencapai 152 KM menjadikannya kawasan ini memiliki pantai nan eksotik serta dapat dijumpai pulau -pulau kecil perairan Air Bangis di kecamatan Sungai Beremas. Secara keseluruhan ada 9 pulau yang menghiasi lautan Air Bangis satu diantaranya ialah Pulau Panjang, dan satu-satunya pulau yang berpenghuni di perairan Pasaman Barat.

 

Untuk menelusi Pulau Panjang pengunjung terlebih dahulu menuju Air Bangis, Pasbar dapat ditempuh menggunakan bus antar kota dalam provinsi dari Kota Padang atau Bukittinggi dengan membayar ongkos sekitar Rp45 ribu dengan jarak tempuh sekitar 5 atau 6 jam perjalanan.

 

Selama perjalanan menuju Air Bangis, pemandangan perkebunan sawit dan pemukiman penduduk di sepanjang perjalanan dapat menyegarkan mata. Setelah sampai di Dermaga Air Bangis, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu nelayan yang dapat anda sewa
atau bergabung dengan masyarakat Pulau Panjang yang menjadikan perahu sebagai transportasi.

 

Memiliki luas 220 hektar, Pulau Panjang cocok dijadikan wisata bahari andalan di Pasaman Barat, karena perairannya yang jernih dan tenang serta ditumbuhi terumbu karang cocok bagi anda pecinta wisata bawah laut.

 

Dari segi infrastruktur, fasilitas umum dan sarana prasarana untuk masyarakat di pulau ini memiliki gedung SD dan SMP yang digunakan anak - anak lokal untuk menimba ilmu dan mendapatkan pendidikan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,30 Januari 2017 - 09:45:04 WIB

    Pulau Sirandah Disiapkan Jadi Destinasi Baru

    Pulau Sirandah Disiapkan Jadi Destinasi Baru PADANG, HALUAN - Sebagai pulau terluar dari batas wilayah Kota Padang, Pulau Sirandah akan menjadi salah satu objek wisata baru di Kota Padang. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu pembangunan infrastruktur dan sanitasi yang .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM