Pilkada Payakumbuh, Pemilih Ditarget 77.5 Persen


Sabtu,11 Februari 2017 - 08:19:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pilkada Payakumbuh, Pemilih Ditarget 77.5 Persen

PAYAKUMBUH, HALUAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menargetkan partisipasi pemilih untuk Pilkada serentak tanggal 15 Februari 2017 mendatang sebesar 77,5 Persen. Prediksi angka ini didapat setelah melihat minat dan kesadaran politik masyarakat Payakumbuh cukup tinggi. Namun, realisasi pemilih belum bisa dipastikan seperti dalam target karena bisa lebih atau kurang.

"Kita berharap tidak ada golput pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh ini. Semoga, kehadiran pemilih di TPS mencapai 100 persen, jadi tidak ada kita harapkan istilah golput," sebut Ketua KPU Payakumbuh M Khadafi, Jumat (10/2) kepada Haluan.

Dia menyebut, untuk Pilkada serentak jilid II ini, KPU menetapkan tingkat partisipasi mencapai 77,5 persen dari jumlah pemilih dalam DPT. Untuk mewujudkan target ini, KPU tetap melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada DPT sampai hari pencoblosan. Mengingat, pada Pilgub lalu, partisipasi pemilih di Payakumbuh hanya berkisar diangka 52,1 persen. Namun, Khadafi merasa optimis untuk Pemilihan kepala daerah ini bisa diangka 77,5 persen. "Kalau Pilkada ini tingkat lokal, jadi berbagai kegiatan sosialisasi menyentuh masyarakat hingga ke pinggir kota. Seluruh elemen masyarakat, seperti pemuka, kelompok-kelompok masyarakat, lansia, dan kelompok tani, sudah kita sosialisasikan, hingga tingkat kelurahan dan kecamatan," sebut Khadafi.

Sementara, untuk pemilih pemula, KPU sudah sangat intens melakukan sosialisasi di sekolah. Dan sosialisasi terhadap pemilih di tempat khusus seperti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan rumah sakit juga dilakukan.

"Semua tempat kami sosialisasikan. Untuk pemilih di Lapas akan disosialisasikan pada hari ini (Jumat-red), serta di rumah sakit besok (hari ini-red). Tidak terkecuali pemilih pemula di sekolah-sekolah. karena itulah kami optimis, angka 77,5 persen bisa tercapai,” tambahnya.

Dalam sosialisasi Pilkada, KPU juga menggelar berbagai macam hiburan rakyat. Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat untuk meluangkan sedikit waktu guna datang ke TPS pada Rabu 15 Februari 2017. "Luangkanlah waktu kita untuk datang menuju TPS pada hari pencoblosan, apalagi pada hari itu ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah. Jadi kita harapkan pemilih datang 100 persen menggunakan hak suara kita," pintanya. (h/ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,04 Maret 2016 - 02:25:29 WIB

    KPU Beri Penghargaan Penyelenggaraan Pilkada

    SOLOK, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok memberikan penghargaan dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat serta pemilihan walikota dan wakil walikota solok tahun 2015 Senin ma.
  • Jumat,12 Februari 2016 - 03:26:02 WIB

    KPU Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pilkada

    PASAMAN, HALUAN— Ko­misi Pemilihan Umum Kabu­paten Pasaman menggelar rapat evaluasi pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Ke­pala Daerah (Pilkada) seren­tak tahun 2015 la.
  • Jumat,29 Januari 2016 - 03:34:56 WIB

    KPU Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak

    PADANG PARIAMAN, HALU­AN — Komisi Pe­milihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melakukan evaluasi proses penye­leng­garaan pemilu pada pilkada serentak serta membubarkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupate.
  • Rabu,27 Januari 2016 - 03:51:59 WIB

    KPUD Gelar Rapat Evaluasi Pilkada

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Un­tuk mengetahui kelemahan-kelemahan selama tahapan Pilkada serentak 9 De­sember 2015 lalu, Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD ) Padang Pariaman, menggelar rapat evaluasi..
  • Jumat,22 Januari 2016 - 03:03:16 WIB

    Pasca Putusan Pilkada, Pasaman Aman

    PASAMAN, HALUAN — Sekretaris Daerah Kabupaten A Syafei Siregar melaporkan stabilitas politik Pasaman sejak penye­lenggaraan sampai pasca putusan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2015 aman dan terkendali. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM