Pilkada Payakumbuh, Pemilih Ditarget 77.5 Persen


Sabtu,11 Februari 2017 - 08:19:11 WIB
Pilkada Payakumbuh, Pemilih Ditarget 77.5 Persen

PAYAKUMBUH, HALUAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menargetkan partisipasi pemilih untuk Pilkada serentak tanggal 15 Februari 2017 mendatang sebesar 77,5 Persen. Prediksi angka ini didapat setelah melihat minat dan kesadaran politik masyarakat Payakumbuh cukup tinggi. Namun, realisasi pemilih belum bisa dipastikan seperti dalam target karena bisa lebih atau kurang.

"Kita berharap tidak ada golput pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh ini. Semoga, kehadiran pemilih di TPS mencapai 100 persen, jadi tidak ada kita harapkan istilah golput," sebut Ketua KPU Payakumbuh M Khadafi, Jumat (10/2) kepada Haluan.

Dia menyebut, untuk Pilkada serentak jilid II ini, KPU menetapkan tingkat partisipasi mencapai 77,5 persen dari jumlah pemilih dalam DPT. Untuk mewujudkan target ini, KPU tetap melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada DPT sampai hari pencoblosan. Mengingat, pada Pilgub lalu, partisipasi pemilih di Payakumbuh hanya berkisar diangka 52,1 persen. Namun, Khadafi merasa optimis untuk Pemilihan kepala daerah ini bisa diangka 77,5 persen. "Kalau Pilkada ini tingkat lokal, jadi berbagai kegiatan sosialisasi menyentuh masyarakat hingga ke pinggir kota. Seluruh elemen masyarakat, seperti pemuka, kelompok-kelompok masyarakat, lansia, dan kelompok tani, sudah kita sosialisasikan, hingga tingkat kelurahan dan kecamatan," sebut Khadafi.

Sementara, untuk pemilih pemula, KPU sudah sangat intens melakukan sosialisasi di sekolah. Dan sosialisasi terhadap pemilih di tempat khusus seperti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan rumah sakit juga dilakukan.

"Semua tempat kami sosialisasikan. Untuk pemilih di Lapas akan disosialisasikan pada hari ini (Jumat-red), serta di rumah sakit besok (hari ini-red). Tidak terkecuali pemilih pemula di sekolah-sekolah. karena itulah kami optimis, angka 77,5 persen bisa tercapai,” tambahnya.

Dalam sosialisasi Pilkada, KPU juga menggelar berbagai macam hiburan rakyat. Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat untuk meluangkan sedikit waktu guna datang ke TPS pada Rabu 15 Februari 2017. "Luangkanlah waktu kita untuk datang menuju TPS pada hari pencoblosan, apalagi pada hari itu ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah. Jadi kita harapkan pemilih datang 100 persen menggunakan hak suara kita," pintanya. (h/ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM