Wako Pecat Dirut PDAM Padang Panjang


Sabtu,11 Februari 2017 - 08:15:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wako Pecat Dirut PDAM Padang Panjang IST/NET

PADANG PANJANG, HALUAN - Diduga tak becus dan tak mampu mengurusi semua tugas yang telah diamahkan kepadanya, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang, Herryzal AA resmi dipecat dari jabatannya. Pemecatan tersebut resmi terhitung sejak 6 Februari lalu.

Dari informasi yang dihimpun Haluan dilapangan, pemecatan Herryzal ternyata bukan hanya tersangkut kinerjanya yang dinilai bobrok, namun juga tersangkut masalah lain. Salah satu nya Direktur PDAM itu juga diguga tersangkut penyalahgunaan kewenangan dan jabatannya terhadap keuangan di perusahaan tersebut.

Terkait kinerja Direktur PDAM tersebut, banyak mendapat sorotan negatif dari masyarakat. Pasalnya, akir-akir ini, sangat banyak masyarakat mengeluhkan air yang mati di tempat tinggal mereka, bahkan juga ada pengaduan masyarakat terkait pipa PDAM yang bocor hingga airnya terbuang sia-sia, dan pihak PDAM pun juga lamban dalam merespon pengaduan masyarakat tersebut.

Ketua Dewan Pengawas PDAM yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Panjang, Edwar Juliartha saat dihubungi Haluan Kamis (9/2) mengatakan, pemberhentian Herryzal AA selaku Direktur PDAM Padang Panjang sesuai dengan Surat Keputusan Walikota Nomor 18 tahun 2017 dan bersifat sementara.

“Pemberhentian sementara ini berisi selama 30 hari kalender ke depan sejak 6 Februari kemarin. Selama waktu tesebut, yang bersangkutan harus melepaskan seluruh hak dan kewajiban yang melekat pada jabatannya,” ujar Edwar Juliartha

Saat ditanya penyebab dan landasan pemberhentian sementara Direktur PDAM itu, Edwar Juliartha menyebutkan, pemberhentian sementara itu menyangkut kinerja Direktur PDAM selama ini yang dinilai oleh dewan pengawas belum sesuai dengan kondisi yang diharapkan.

“Kita melihat melihat RKP 2016 lalu, apa saja yang menjadi prioritas dan bagaimana pelayanan prioritas dan bagaimana pelayanan PDAM sekarang, serta apa saja yang sudah dan dilakukan oleh dewan pengawas terdahulu terhadap hal-hal yang harus disikapi di tahun 2016. Kalau sekarang ini kita lihat kinerjanya. Kenapa belum maksimal juga seperti yang diharapkan,” papar Edwar.  

Edwar Juliartha menambahkan, nanti kalau dinilai dewan pengawas hasil bedah kinerja dan alasan Direktur PDAM itu masuk akal, dewan pengawas akan bersidang dan akan mengambil keputusan secara kolektif kolegial tentang apa yang harus disikapi terhadap hal tersebut. Dan termasuk bagaimana Herryzal AA mengelola PDAM baik di internal organisasi maupun komunikasi dengan pelanggan dan stakeholder.

Terpisah, Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis, melalui Juru Bicara, Ampera Salim membenarkan pemberhentian sementara Dirut PDAM Kota Padang Panjang berdasarkan surat usulan dari dewan pengawas PDAM yang memberikan alasan banyak target di tahun 2016 yang tidak tercapai.

“Pada hari Senin tanggal 6 febuari kemaren, telah diterbitkan SK Wako tentang pemberhentian sementara saudara Herryzal AA. SE.MSI sebagai Direktur PDAM. SK Wako tersebut merupakan tindak lanjut dari surat yang di ajukan oleh dewan pengawas PDAM kepada Walikota Padang Panjang,” papar Ampera Salim.(h/piz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,04 Juni 2017 - 18:04:00 WIB

    Wako Klaim Program Magrib Mengaji Berhasil di Sawahlunto

    Wako Klaim Program Magrib Mengaji  Berhasil di Sawahlunto SAWAHLUNTO,HALUAN- Ada yang menarik di setiap kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) 1 Kota Sawahlunto. Tim yang dikomamdoi langsung oleh Walikota Ali Yusuf itu, senantiasa mengevaluasi program magrib mengaji yang telah di canang.
  • Rabu,19 April 2017 - 02:05:00 WIB
    HKBN KOTA PADANG

    Wako Imbau Warga Berpartisipasi

    PADANG, HALUAN – Dalam rangka membangun kesadaran, kewaspadaan, dan kesalamatan dalam menghadapi bencana, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengimbau seluruh masyarakat Kota Padang untuk mengikuti simulasi bencana pad.
  • Kamis,24 November 2016 - 00:34:44 WIB

    Wako Kukuhkan Pengurus LKKS

    Wako Kukuhkan  Pengurus LKKS BUKITTINGGI, HALUAN —Pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Bukittinggi masa bhakti 2016-2021, dilantik oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, di Aula DPKAD Bukittinggi, Selasa (22/11)..
  • Kamis,27 Oktober 2016 - 00:58:00 WIB

    Wako Kukuhkan Kepengurusan LPTQ

    Wako Kukuhkan Kepengurusan LPTQ BUKITTINGGI, HALUAN — Sebagai mitra kerja peme­rintah daerah, Lembaga Pe­ngem­bangan Tilawatil Quran (LPTQ) diharapkan dapat be­ker­jasama dengan Pemko me­lak­sanakan berbagai kegiatan strategis keagamaan di Bukittin.
  • Senin,10 Oktober 2016 - 02:03:32 WIB
    KANTOR BALAIKOTA AKAN JADI SMAN 2

    Wako: ISI Tetap di Padang Panjang

    Wako: ISI Tetap di Padang Panjang PADANG PANJANG, HALUAN — Walikota Padang Panjang Hendri Arnis menegaskan, Institut Seni Indonesia (ISI) tetap akan diperta­hankan berada di Kota Serambi Mekah. Hendri menyiapkan lahan SMA Neri 2 sebagai kam­pus ISI. Semen.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM