Berlobang dan Terban, Dam Bronjong di Sawahlunto Ini Rawan Ambruk


Jumat,10 Februari 2017 - 15:01:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Berlobang dan Terban, Dam Bronjong di Sawahlunto Ini Rawan Ambruk Camat Barangin dan Tim Kesbang Pol PBD Sawahlunto saat meninjau Dam Beronjong Saringan yang Berlobang dan Terban.( RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO,  HALUAN—Dam Bronjong darurat bencana di kawasan Batingan Gunung Timbago Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, terlihat terban dan berlubang.

 

Hal tersebut harus diwaspadai karena akan berpotensi ambruk, longsor dan membahayakan warga yang bermukim di sekitaran bawah dam tersebut.

 

"Sesuai surat yang dilayangkan oleh Lurah Saringan,  tim kecamatan bersama Badan Kseatuan Bangsa dan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Sawahlunto telah turun meninjau kelokasi,  dan tengah dikaji untuk penanganan lebih lanjut, " sebur Camat Barangin,  Zainil Anwar kepada Harianhaluan.com, Jumat (10/2).

 

Dam tersebut lanjutnya,  dibangun untuk memperbaiki drainase RT.01/RW.02 daerah Bantingan Kelurahan Saringan dan dikerjakan CV Olimpic. Kondisinya akan lebih buruk bila terjadi hujan lebat, sehingga perlu tindak lanjut dari instansi terkait.

 

Kepada warga disekitar lokasi,  Zainul berpesan agar tetap meningkatkan kewaspadaan terutama saat turun hujan. Karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan warga bisa segera menghindar atau menyelamatkan diri.

 

"Butuh penanganan lanjutan terhadap kondisi dam penahan ini. hal ini harus ditelusuri tetlebih dahulu,  sehingga bisa melakukan pencegahannya agar tidak longsor lagi.

Dan kita berharap dalam waktu kedepan cuaca tetap bagus ,” katanya.

 

Sementara itu Sekretaris Badan Kesbangpol PBD Sawahlunto, Meldi Hidayah Marta menyebutkan,  pihaknya telah meninjau lokasi dan tengah melakukan kajian teknis untuk langkah penanganan selanjutnya. Kajian ini lanjutnya,  sangat penting sehingga apa yang dikerjakan nanti tepat sasaran dan bisa mencegah dam itu longsor kembali.

 

Sebelumnya, Dam penahan Saringan dibangun pascalongsor yang menghantam lima rumah warga RT 2 RW 2 Blok Ombilin Gunung Timbago. diawali bencana longsor hebat pada Minggu, 13 Desember 2015 lalu.

 

Bencana itu diduga dipicu oleh tersumbatnya drainase polongan utama air yang mengalir di bawah gudang utama Ombilin sehingga menghantam  beberala rumah milik warga.

 

Pantau Harianhaluan.com dilapangan,  tim PBD Sawahlunto baru melakukan tundalan berupa pemasangan terpal terhadap lubang diantara dam beronjong tersebut.(h/rki).

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,25 Mei 2016 - 04:40:31 WIB

    Ruas Jalan Banyak Berlobang

    Ruas Jalan Banyak Berlobang Pariaman, Haluan — Mu­sim hujan tiba, rambu darurat dan lobang pada ba­dan jalan di Kota Pariaman mulai ber­munculan. Salah satunya di ujung jalan by pass dekat Sim­pang Apa, dan be­berapa titik di sepanjang jalan ters.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM