Hati-Hati Melewati Lokasi di Agam Ini, Sering Longsor!


Jumat,10 Februari 2017 - 14:40:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hati-Hati Melewati Lokasi di Agam Ini, Sering Longsor! Kondisi jalan yang terputus dan saat ini sedang dibangun jembatan darurat di Palembayan, Kabupaten Agam.

AGAM, HALUAN—Jalur dari kecamatan Palembayan menuju kecamatan Matur mengalami longsor sering disebabkan oleh kondisi tanah yang labil dan sebagian besar jalan tersebut melintas pada areal perbukitan.
 

Diketahui kondisi rawan tersebut berada pada beberapa titik seperti di jorong Lubuak Gadang, Nagari Ampek Koto, Jorong Kampuang Tabu, Nagari Sipininang, Jorong Sungai Taleh dan Marambuang, Nagari Baringin, serta Sari Bulan dan Parik Panjang di Kecamatan Matur.
 

Tanah pada lokasi tersebut mengandung pasir dan lembek, sehingga mudah longsor di musim,apalagi kalau hujan disertai angin kencang.
 

Kondisi itu ditambah dengan saluran air pinggir jalann yang masih banyak tidak terawat, musim hujan air mengalir ke badan jalan, hal ini menambah kerawanan terhadap bencana longsor.
 

Sementara itu Bupati Agam Indra Catri mengatakan,kondisi rawan itu telah berlangsung sejak dulu, sehingga orang tua-tua di sini menamakan suatu tempat rawan runtuh dengan Tanah Taban dan Marambuang.
 

"Rasanya ini bukan jalan yang salah, tapi permukaan bumi ini yang bergerak. Minggu sudah kami coba menyisir jalur Padang Koto Gadang - Palembayan - Matua, ternyata banyak kondisi titik rawan, diperkirakan bisa runtuh dalam waktu dekat kalau hujan terus menerus," kata Indra Catri Pekan lalu setelah melihat kondisi jalan dari dekat.
 

Untuk memperbaiki seluruh jembatan dan beberapa titik longsor di daerah Palembayan sesuai keinginan masyarakat, pemerintah tengah mengupayakan pasokan dana sampai ke pemerintah pusat, sebab akan menelan biaya sangat besar ,bisa mencapai miliaran rupiah.
 

Sementara sebagai upaya tanggap darurat untuk menanggulangi jembatan di Lubuak Gadang yang jebol Selasa(31/1) lalu, Dinas PU Provinsi Sumatra Barat sedang memasang jembatan fanel, namun sampai Jumat(10/2) kemarin belum selesai(h/ks)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,28 Januari 2016 - 03:46:03 WIB

    Pemkab Ingatkan Agar Hati-hati Terbitkan Surat Tanah

    Pemkab Ingatkan Agar Hati-hati Terbitkan Surat Tanah PADANG PARIAMAN, HALUAN — Pe­merintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman mengi­ngatkan kepada Wali Nagari dan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN), agar mempertimbangkan unsur kehati-hatian menerbitkan atau legalisasi surat a.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM